Suka Ati Ampela, Sehat atau Harus Dihindari?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
jeroan, dampak makan jeroan, kolesterol

Halodoc, Jakarta – Ati ampela merupakan bagian jeroan alias organ pencernaan ayam yang sering diolah menjadi makanan. Di Indonesia, jenis makanan yang satu ini cukup populer dan memiliki banyak penikmat. Jeroan sering disajikan dalam menu sop, soto, atau kudapan yang digoreng.

Meski jeroan memiliki rasa yang lezat, tapi saat yang bersamaan makanan ini juga ditakuti. Pasalnya, jenis makanan ini memiliki kadar kolesterol yang tinggi yang dapat memengaruhi kesehatan. Lantas, apakah jeroan ati ampela hanya memiliki kandungan yang berbahaya saja? Adakah nutrisi lainnya? Agar lebih jelas, yuk cari tahu fakta kandungan nutrisi yang ada pada ati ampela!

Bahaya Mengonsumsi Ati Ampela

Seperti sudah dijelaskan, jeroan ayam memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Kebiasaan mengonsumsi jenis makanan yang satu ini bisa menyebabkan tubuh mendapat kelebihan asupan kolesterol hingga 17 persen. Meski tidak semua jenis kolesterol berbahaya, tapi sayangnya kolesterol yang didapat dari jeroan bisa berbahaya bagi kesehatan salah satunya memicu penyakit kardiovaskular (jantung).

Selain kolesterol, jeroan juga disebut mengandung racun. Bagian hati ayam ternyata penuh racun yang disaring dari darah. Sebab, pada dasarnya fungsi liver atau hati hewan hampir sama dengan manusia, yaitu untuk menyaring racun, lalu hasil saringan tersebut sering mengendap di sana. Artinya, mengonsumsi hati ayam sama saja dengan memasukkan racun ke dalam tubuh.

Kandungan Nutrisi Ati Ampela

Meski terdengar menakutkan, tapi ternyata mengonsumsi jeroan ayam juga memiliki sisi baik jika dikonsumsi secukupnya, dan sesuai dengan aturan. Sebenarnya, jenis makanan yang satu ini memiliki sederet kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, di antaranya sebagai berikut:

1. Kaya Protein

Siapa sangka, dalam satu porsi jeroan ayam ternyata terkandung protein yang cukup besar. Asupan protein dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi, dan membentuk otot. Harvard School of Public Health menyebut dalam setiap porsi jeroan ayam ada sekitar 30,39 gram protein yang terkandung.

2. Zat Besi dan Mineral Seng

Tak hanya kaya akan protein, ati ampela dan bagian jeroan lain ternyata juga mengandung zat besi dan mineral seng. Kedua zat gizi ini cukup dibutuhkan oleh tubuh manusia. Keduanya dibutuhkan tubuh untuk membentuk sistem kekebalan serta mempercepat proses penyembuhan luka. Setidaknya, ada 3,19 miligram zat besi dan 4,42 miligram mineral seng yang bisa didapat dari konsumsi jeroan ayam.

3. Vitamin A dan Vitamin B12

Mengonsumsi jeroan ayam ternyata bisa membantu memenuhi asupan vitamin bagi tubuh. Jeroan ayam termasuk ati ampela memiliki kandungan vitamin A dan vitamin B12. Dalam 3 ons jeroan, kamu bisa mendapatkan 1,04 mikrogram vitamin A dan 2,4 mikrogram vitamin B12.

Tubuh membutuhkan asupan vitamin A untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, vitamin B12 dibutuhkan untuk pengembangan sel darah merah yang baru yang berguna untuk mendukung kesehatan sistem saraf.

Meski sangat bermanfaat, tapi pastikan kamu tidak berlebihan dalam mengonsumsi jenis makanan yang satu ini. Terlalu sering mengonsumsi jeroan dikhawatirkan akan memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan penyakit kardiovaskular menyerang.

Jika kamu ragu dan butuh saran dokter, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc. Tanyakan seputar masalah gizi dalam makanan pada dokter lewat Video/voice Call dan Chat. Dapatkan juga tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya di Halodoc. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: