Suka Berjemur di Pantai? Ini Alasan Butuh Antioksidan untuk Kulit

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Suka Berjemur di Pantai? Ini Alasan Butuh Antioksidan untuk Kulit

Halodoc, Jakarta - Sebagai negara yang dilintasi garis khatulistiwa, Indonesia beruntung karena selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Apalagi dengan garis pantai yang cukup luas dan menawarkan pemandangan yang indah, membuat kamu bisa berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia untuk menikmati kehangatan sinar matahari.

Sudah tidak perlu diragukan manfaat dari sinar matahari, pancarannya mengandung vitamin D sehingga baik untuk tulang. Sinar matahari juga mampu membunuh mikrobakteri dan penyebab penyakit lainnya. Waktu yang baik untuk berjemur adalah pagi atau sore hari karena cahayanya aman untuk kulit. Sementara saat siang hari sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan menyebabkan efek negatif.

Baca Juga: Ini Alasan Harus Pilih Antioksidan dengan Kandungan Astaxanthin

Meski diyakini memiliki banyak manfaat, sebaiknya kamu melindungi diri saat berjemur di pantai. Menurut ahli dermatologi, paparan sinar UV (Ultra Violet) adalah penyebab nomor satu timbulnya tanda penuaan dini pada wajah.

Oleh sebab itu, biasakan menggunakan tabir surya untuk menjaga kulit dari paparan sinar tersebut. Tabir surya yang digunakan tidak bisa sembarang, pastikan produk yang kamu gunakan mengandung SPF minimal 30 untuk melindungi kulitmu secara optimal.

Ini Bahaya Radiasi Sinar UV

Sinar UV adalah salah satu dari berbagai jenis sumber radikal bebas, yakni senyawa yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan sehingga sangat reaktif. Pada kondisi tertentu, senyawa radikal diperlukan untuk membunuh mikroorganisme penyebab infeksi.

Namun, paparan radikal bebas yang berlebihan seperti saat berjemur di pantai tanpa menggunakan pelindung dapat menyebabkan kerusakan sel. Paparan tersebut mengurangi kemampuan sel untuk beradaptasi terhadap lingkungannya, dan akhirnya menyebabkan kematian sel. Pada akhirnya, paparan sinar UV berlebihan menyebabkan beberapa hal, mulai dari rusaknya melanin yang berujung kanker kulit, kulit terbakar dan menghitam, hingga keriput.

Baca Juga: Yang Perlu Diketahui Sebelum Berjemur di Pantai

Cara Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar UV

Selain akibat berjemur di pantai, radiasi sinar UV bisa didapatkan saat beraktivitas di luar ruangan. Meski tabir surya dapat diandalkan untuk melindungi kulitmu, namun kamu tetap membutuhkan nutrisi yang membantu menangkal paparan radiasi sinar UV dari dalam tubuh.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan antioksidan yang bisa kamu dapatkan dari makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, polifenol, glutathion, dan asam ellagic. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas sebelum memulai proses oksidasi.

Rajin konsumsi makanan yang mengandung antioksidan juga tidak hanya melindungimu dari radikal bebas. Senyawa ini mampu meningkatkan produksi kolagen yang kemudian akan membuat elastisitas dan kekuatan kulit terjaga sehingga kulit tampak kenyal dan muda.

Berkat meningkatnya produksi kolagen, beberapa masalah pada kulit seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik hitam juga menghilang. Hebatnya lagi, antioksidan mampu menghilangkan sumbatan pada keratin, yakni penyebab utama dari komedo dan jerawat. Hasilnya, kulit kamu akan bersih dan bebas dari jerawat.

Baca Juga: Lebih Kuat dari Vitamin C dan E, Ini Antioksidan Pilihan

Salah satu suplemen antioksidan yang berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari antioksidan adalah suplemen Astria. Suplemen ini memiliki Astaxanthin sebagai kekuatan antioksidan alami 110 kali lipat lebih besar dari vitamin E, dan 6.000 kali lipat lebih besar dari vitamin C.

Kandungan yang terdapat dalam suplemen Astria berasal dari bahan-bahan alami yang tidak menyebabkan efek samping. Sehingga kamu yang gemar berjemur di pantai atau sering beraktivitas di luar ruangan terlindungi dari paparan sinar UV dari dalam tubuh.

Keunggulan lainnya dari suplemen Astria adalah antioksidan tersebut tidak menghasilkan pro-oksidan atau radikal bebas yang baru. Suplemen Astria adalah satu-satunya suplemen antioksidan dengan kemurnian 10 persen lebih merah dalam bentuk oil. Semakin merah sebuah suplemen antioksidan, berarti semakin murni. Hasilnya, dapat dikatakan suplemen Astria ampuh melawan berbagai jenis radikal bebas yang dapat menyerang tubuh.

Tunggu apa lagi? Kini saatnya kamu mengandalkan suplemen Astria untuk melindungi tubuh dari paparan sinar UV dan radikal bebas lainnya. Kamu bisa dengan mudah membeli suplemen Astria di aplikasi Halodoc. Pilih fitur Pharmacy Delivery, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!