14 September 2018

Suka Mengonsumsi Telur? Berikut 5 Kesalahan dalam Memasak Telur

masak telur, manfaat telur, kesalahan dalam memasak telur, memasak telur yang sehat

Halodoc, Jakarta – Telur merupakan salah satu makanan yang mudah ditemui dan mudah didapat. Selain itu, telur mudah diolah menjadi beraneka jenis makanan yang menarik. Jika kamu mengonsumsi telur dalam porsi yang tepat, tentu kamu akan merasakan manfaat yang baik dari telur.

Telur memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Telur sebagai sumber protein nyatanya dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan fungsi otak. Tidak hanya itu, Telur juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam telur dapat mencegah penyakit mata, salah satunya adalah katarak.

Kandungan vitamin D dalam telur juga dapat menjaga kesehatan tulang kamu. Namun, semua manfaat itu dapat kamu rasakan jika bisa menghindari beberapa kesalahan dalam memasak telur untuk menu makanan kamu sehari-hari.

1. Goreng Telur dengan Minyak Panas

Telur goreng adalah salah satu menu praktis yang bisa kamu nikmati untuk menu. Saat menggoreng telur, sebaiknya persiapkan minyak hingga panas. Menggoreng telur dengan menggunakan minyak yang kurang panas nyatanya dapat merusak kandungan gizi yang terdapat dalam telur. Saat menggoreng telur, pastikan juga menggunakan minyak yang sehat. Beberapa minyak goreng sehat yang bisa kamu gunakan adalah minyak zaitun atau minyak kanola.

2. Memasak Telur dengan Api yang Besar

Saat memasak telur pastikan api yang kamu gunakan tidak terlalu besar. Menggunakan api yang besar nyatanya dapat membuat telur kamu cepat matang, parahnya lagi akan kering atau gosong. Makanan gosong dapat memicu beberapa penyakit untuk kesehatan. Makanan gosong ternyata menghasilkan senyawa kimia pemicu kanker yang disebut akrilamida. Selain itu, memasak telur hingga gosong dapat membuat protein dalam telur susah diserap oleh tubuh.

3. Jangan Mencuci Telur sebelum di Masak

Sebaiknya jangan mencuci telur saat kamu akan memasak telur. Mencuci telur akan membuat bakteri dalam kulit telur mudah menyebar. Hal ini disebabkan saat kamu mencuci telur, maka pori-pori kulit telur akan terbuka. Ini yang membuat bakteri lebih mudah masuk pada isi telur. Kamu tidak perlu khawatir akan kebersihan dari telur yang akan kamu konsumsi. Setiap telur mentah nyatanya memiliki alat proteksi sendiri yang dikenal dengan istilah protective bloom. Protective bloom ini nyatanya melindungi telur dari bakteri salmonella.

4. Merebus Telur dalam Waktu Singkat

Sebaiknya gunakan waktu yang cukup panjang saat merebus telur. Telur yang direbus dengan tingkat kematangan baik nyatanya memiliki manfaat lebih banyak untuk kesehatan tubuh kamu dibandingkan dengan telur rebus setengah matang. Bahaya paling umum yang terdapat pada telur setengah matang adalah adanya bakteri salmonella dalam kandungan telur. Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan langsung dengan pencernaan. Sebaiknya rebus telur dalam waktu 10 hingga 15 menit.

5. Pecahkan Telur pada Permukaan yang Rata

Sebaiknya saat memecahkan telur, gunakan permukaan yang rata. Memecahkan telur di sisi wajan nyatanya akan berisiko memasukan serpihan cangkang telur dalam masakan. Kamu bisa menggunakan piring dengan permukaan datar agar bisa melihat dan menyisihkan serpihan cangkang yang masuk.

Agar tidak bosan, kamu bisa mencoba beberapa kreasi pada menu telur kamu. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat dari telur. Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai kandungan gizi pada telur, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung kepada dokter Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: