• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Susu Almond Alternatif Pengganti Susu Sapi, Apa Manfaatnya?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Susu Almond Alternatif Pengganti Susu Sapi, Apa Manfaatnya?

Susu Almond Alternatif Pengganti Susu Sapi, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 November 2021
Susu Almond Alternatif Pengganti Susu Sapi, Apa Manfaatnya?

Susu almond yang tidak mengandung produk hewani bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi yang baik bagi orang yang alergi susu sapi. Berkat kandungan nutrisinya yang kaya, almond juga bisa memberikan manfaat kesehatan yang tidak kalah banyak dari susu sapi. Mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga jantung.

Halodoc, Jakarta – Susu almond adalah minuman sehat yang bernutrisi dan rendah kalori. Susu ini dibuat dengan cara menggiling kacang almond, mencampurnya dengan air, dan kemudian menyaring campuran tersebut untuk menghasilkan minuman yang mirip seperti susu dengan rasa kacang yang enak. 

Susu yang tidak mengandung produk hewani sama sekali ini menjadi populer, karena bisa menjadi alternatif susu yang baik bagi orang-orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi atau orang yang sedang menjalani diet vegan. Lantas, apa saja manfaat susu almond? Simak di sini.

Manfaat Susu Almond

Susu almond merupakan salah satu susu non-dairy yang memiliki kalori paling rendah. Dalam satu cangkir susu ini tanpa pemanis, terkandung 30–35 kalori, 2,5 gram lemak, 1 gram protein, dan 1–2 gram karbohidrat. Bila dibandingkan dengan susu sapi, kandungan kalori susu almond seperempat lebih rendah dan kandungan lemaknya setengah lebih rendah. Oleh karena itu, minuman sehat ini juga bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk kamu yang ingin atau perlu mengurangi asupan kalori.

Bukan hanya itu saja, almond juga merupakan sumber alami vitamin E, sekelompok antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari zat penyebab penyakit yang dikenal sebagai radikal bebas.

Berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya, susu almond bisa memberikan manfaat kesehatan berikut:

  • Sumber Magnesium yang Baik

Susu almond kaya akan magnesium, yaitu salah satu dari empat mineral yang paling umum di tubuh kamu. Magnesium berperan penting untuk mengontrol kadar gula darah dan juga menggunakan energi dalam tubuh.

  • Baik untuk Intoleransi Laktosa

Susu yang terbuat dari produk nabati ini juga tidak mengandung laktosa. Karena itu, susu almond bisa menjadi pengganti yang sempurna untuk orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa. Selain itu, bisa juga digunakan dalam olahan masakan apa pun yang membutuhkan susu hewani.

  • Tidak Menyebabkan Lonjakan Gula Darah

Selain kalorinya lebih rendah, susu almond tanpa pemanis juga rendah gula dan karbohidrat bila dibandingkan dengan susu hewani. Hal ini membuat susu almond dianggap sebagai minuman dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga cenderung tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Karena itu, minuman sehat ini juga cocok untuk pengidap diabetes atau kamu yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

  • Memperkuat Tulang

Produk susu adalah sumber kalsium yang baik, sebaliknya kacang almond kekurangan akan nutrisi tersebut. Namun, untuk membuat susu almond lebih mirip dengan susu asli, banyak produsen memperkaya produknya dengan kalsium. Dengan begitu, susu yang sudah diperkaya bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk orang yang tidak mengonsumsi produk susu.

Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang. Sebagai pengganti susu sapi, susu almond yang diperkaya juga bermanfaat untuk memenuhi asupan kalsium agar tulang kamu tetap kuat dan membantu mencegah osteoporosis. 

  • Bisa Memperlambat Perkembangan Penyakit Kognitif

Susu almond juga kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan yang dikenal bermanfaat untuk otak. Beberapa penelitian sudah menunjukkan adanya kaitan antara kebutuhan vitamin E yang terpenuhi dengan risiko penyakit kognitif yang lebih rendah, seperti penyakit Alzheimer. Mengonsumsi cukup asupan vitamin E juga sudah terbukti bisa memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dalam kasus-kasus serius.

  • Kaya akan Antioksidan

Antioksidan berperan penting untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Molekul-molekul ini bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel di dekatnya yang mengakibatkan berbagai macam masalah mulai dari gejala penuaan hingga kanker. Nah, nutrisi dan antioksidan susu almond dapat membantu tubuh kamu mengelola radikal bebas dengan lebih efektif.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dan juga lemak sehat, membuatnya bermanfaat bagi kesehatan jantung bila diminum secara teratur.

Itulah manfaat susu almond yang juga tidak kalah banyak dibandingkan susu sapi. Bila kamu ingin bertanya-tanya lebih lanjut mengenai nutrisi makanan sehat lainnya, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya apa saja seputar kesehatan. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Almond Milk.
Medical News Today. Diakses pada 2021. 7 benefits of almond milk
Healthline. Diakses pada 2021. The 9 Best Nondairy Substitutes for Milk