25 May 2018

Tahap Pertumbuhan Anak Sesuai Usia 4- 5 tahun

Tahap Pertumbuhan Anak Sesuai Usia 4- 5 tahun

Halodoc, Jakarta – Di rentang usia 4-5 tahun, kemampuan Si Kecil sudah mulai berkembang pesat. Mulai dari tinggi badan, berat badan, perubahan fisik, kemampuan berkomunikasi, hingga kemampuan sosial. Sehingga tidak mengherankan jika di usia ini beberapa orangtua akan memasukkan anaknya ke PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan anak dengan dunia sekolah dan mengajarinya cara bersosialisasi. Cari tahu yuk pertumbuhan anak sesuai usia 4-5 tahun di sini. (Baca juga: Perhatikan Waktu Tidur Bayi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil)

Anak Usia 4 Tahun

  • Tinggi dan berat badan

Menurut Kementerian Kesehatan RI, tinggi badan ideal anak berusia empat tahun adalah 94,1-111,3 sentimeter (perempuan) dan 94,9-111,7 sentimeter (laki-laki). Sedangkan berat badan idealnya adalah 12,3-21,5 kilogram (perempuan) dan 12,7-21,2 kilogram (laki-laki).

  • Perubahan fisik

Di usia ini, Si Kecil mungkin sudah bisa berjalan, berdiri, dan berlari dengan baik. Bahkan mungkin saja, ia sudah bisa naik turun tangga tanpa dibantu, memindahkan kursi, naik sepeda roda tiga, dan aktivitas lainnya. Namun, jangan lupa untuk selalu ada di sampingnya untuk mengawasi segala aktivitasnya, ya.

  • Kemampuan berkomunikasi

Kebanyakan anak sudah bisa berbicara dengan jelas dan memahami percakapan orang dewasa. Namun, beberapa anak mungkin masih kesulitan untuk mengeja huruf tertentu seperti “th”, “r”, “ch”, “j”, dan “l”. Seiring perkembangan bahasa yang meningkat, di usia ini ibu sudah bisa mengajari Si Kecil menulis dan mendongengkan cerita untuk menambah kosakatanya.

  • Kemampuan Sosial

Anak-anak sudah bisa belajar tentang cara bersosialisasi dan konsep berteman yang baik di usia ini. Jadi, ibu tidak perlu ragu untuk mengajarinya konsep berbagi, bersikap baik terhadap teman, dan hal-hal lain yang diperlukannya dalam bersosialisasi. (Baca juga: Agar Tak Pelit, 4 Cara Ajarkan Si Kecil untuk Berbagi)

Anak Usia 5 Tahun

  • Tinggi dan berat badan

Menurut Kementerian Kesehatan RI, tinggi badan ideal anak berusia lima tahun adalah 99,9-118,9 sentimeter (perempuan) dan 100,7-119,2 sentimeter (laki-laki). Sedangkan berat badan idealnya adalah 13,7-24,9 kilogram (perempuan) dan 14,1-24,2 kilogram (laki-laki).

  • Perubahan fisik

Kemampuan fisik Si Kecil sudah berkembang sangat baik. Mulai dari kekuatan otot, keseimbangan, dan koordinasi otot-otot tubuhnya. Perkembangan ini memungkinkan Si Kecil untuk berlari dengan cepat, berdiri dengan satu kaki, dan aktivitas fisik lainnya. Di usia ini, beberapa anak juga sudah mulai kehilangan gigi susunya dan digantikan dengan gigi tetap. (Baca juga: Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia)

  • Kemampuan berkomunikasi

Kebanyakan anak sudah bisa membangun sebuah percakapan dengan teman sebaya atau orang dewasa di sekitarnya. Bahkan, Si Kecil mungkin sudah bisa menyampaikan pendapat, mendeskripsikan objek yang dilihat, hingga menceritakan aktivitas yang dilakukannya. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi Si Kecil, ibu bisa menanyakan pendapat, perasaan, atau kegiatan hariannya.

  • Kemampuan Sosial

Kebanyakan anak sudah bisa bersosialisasi dengan baik di usia ini. Jadi, jangan heran jika Si Kecil akan senang menghabiskan waktu bersama teman-temannya, meskipun tak jarang ia akan menangis karena bertengkar atau berebut mainan. Ini adalah hal yang wajar. Namun, ibu tetap perlu melerai dan memberitahukannya bahwa bertengkar bukanlah hal yang baik sehingga ia perlu meminta maaf dan memaafkan temannya.

(Baca juga: Kenali 7 Tanda Anak Tumbuh Gigi)

Jika Si Kecil sakit selama fase tumbuh kembangnya, ibu perlu segera bicara dengan dokter. Saat ini, ibu sudah bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana melalui Chat, dan Video/Voice Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.