• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Perlu Operasi, Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasi Mata Ikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Perlu Operasi, Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasi Mata Ikan

Tanpa Perlu Operasi, Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasi Mata Ikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 April 2022

“Terdapat beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata ikan. Mulai dari merendam kaki pada air hangat, penggunaan obat-obatan, hingga membersihkan kuku kaki secara rutin.”

Tanpa Perlu Operasi, Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasi Mata Ikan

Halodoc, Jakarta – Mata ikan merupakan salah satu gangguan pada kulit yang tidak dapat disepelekan. Sebab, benjolan yang muncul sebagai gejala utama kondisi tersebut dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan dan nyeri ketika kaki bergesekan atau digunakan untuk berjalan. 

Perlu diketahui bahwa mata ikan muncul sebagai bentuk perlindungan kulit terhadap gesekan atau tekanan. Gesekan atau tekanan yang berulang dapat menyebabkan penebalan kulit.

Pada kondisi yang sudah parah dan gejala tidak kunjung membaik, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi. Kendati demikian, mata ikan sebenarnya dapat diatasi sedari dini dengan beberapa cara alami tanpa operasi. Penasaran apa saja cara alami tersebut? Yuk, simak pembahasannya di sini! 

Cara Sederhana Mengatasi Mata Ikan 

Selain operasi, berikut ini beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata ikan: 

1. Merendam Kaki Pada Air Hangat 

Salah satu cara mengatasi mata ikan adalah dengan merendam kaki di dalam wadah berisi air hangat. Kamu hanya perlu mencampurkan air hangat dengan sabun yang bersifat lembut dan aman. Cara ini bertujuan untuk melunakkan kulit yang terserang mata ikan. 

2. Menggunakan Batu Apung 

Selain merendam kaki, kamu juga bisa mengatasi mata ikan dengan memanfaatkan batu apung. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah, bahkan sambil mandi. Setelah merendam kaki dengan air hangat, secara perlahan gosok kulit yang terdapat mata ikan. Tujuannya untuk mengikis bagian kulit, tetapi pastikan untuk tidak terlalu kasar saat melakukannya. Setelah itu, biasakan selalu menggunakan pelembap di area kulit yang harus digosok. 

3. Obat-Obatan 

Menghilangkan mata ikan juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat berupa plester dan ditempelkan langsung di area kulit yang terserang. Pastikan untuk memperhatikan dengan biak saran penggunaan dengan benar, sehingga mata ikan bisa ditangani tanpa menyebabkan efek samping berbahaya.

Selain menggunakan plester, mata ikan juga biasanya akan ditangani dengan konsumsi jenis obat-obatan tertentu. Sementara pada mata ikan berulang atau memiliki gejala yang tak kunjung membaik, dokter mungkin akan merekomendasikan konsumsi obat. 

Salah satu jenis obat yang mungkin disarankan adalah antibiotik. Tujuan dari penggunaan antibiotik adalah mencegah sekaligus mengatasi infeksi saat melakukan penanganan mata ikan sendiri di rumah. 

4. Menggunakan Pelembap Kaki

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap kaki agar kondisi kaki tetap lembut dan tidak menjadi kasar. 

5. Bersihkan Kuku Kaki Secara Rutin

Mata ikan juga dapat diatasi dengan cara membersihkan dan memotong kuku kaki secara rutin. Sebab, kuku kaki yang panjang dapat menekan bagian dari sepatu sehingga dapat menyebabkan gesekan dan peningkatan tekanan. 

Bisakah Mata Ikan Dicegah? 

Umumnya mata ikan disebabkan oleh kebiasaan penggunaan sepatu yang tidak nyaman, misalnya terlalu sempit atau jarang mengenakan kaus kaki. Alhasil, permukaan kulit pun berpotensi mengalami penebalan dan pengerasan, kemudian muncul benjolan mata ikan. 

Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mata ikan, antara lain: 

  • Kenakan sepatu yang memberi banyak ruang pada jari kaki. Jika kamu tidak bisa menggoyangkan jari-jari kaki, maka tandanya sepatu kamu terlalu ketat. 
  • Gunakan pelindung seperti bantalan kaki atau perban di atas area mata ikan yang bergesekan dengan alas kaki kamu. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pemisah jari kaki. 

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi mata ikan tanpa operasi. Namun, jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar cara menghilangkan mata ikan atau masalah kulit lainnya, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa gunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera download Halodoc sekarang juga! 

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Corns and Calluses.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Corns and Calluses.
NHS. Diakses pada 2022. Corns and calluses.