22 May 2018

Terlalu Banyak Berolahraga Dapat Menyebabkan Kecanduan

Terlalu Banyak Berolahraga Dapat Menyebabkan Kecanduan

Halodoc, Jakarta — Tahukah kamu bahwa terlalu banyak berolahraga dapat menyebabkan kecanduan? Kalau kamu bersikeras bangun subuh untuk lari pagi meskipun punggung dan kakimu masih pegal-pegal, dan kamu hanya merasa bahagia saat mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi olahraga, kemungkinan besar kamu telah kecanduan akibat olahraga berlebihan.

Beberapa atlet yang berjiwa perfeksionis adalah pelaku olahraga yang kompulsif. Mereka ini juga sering disebut sebagai pecandu olahraga, lho. Sebanyak 10 persen dari pelari andal ditemukan terobsesi terhadap olahraga.

Batas Olahraga yang Wajar vs Olahraga Berlebihan

Olahraga selama tiga puluh menit dalam satu hari sebenarnya sudah cukup untuk mencegah diabetes, kolesterol, dan juga darah tinggi. Meski begitu, para pecandu olahraga seringkali menganggap bahwa dua jam berlari membuat mereka empat kali lebih sehat. Tapi kan kenyataannya tidak demikian.

Sebaliknya, akibat olahraga berlebihan cenderung negatif. Termasuk diantaranya adalah cedera, kelelahan, depresi bahkan bunuh diri. Olahraga berlebihan juga dapat merusak fisik dalam jangka panjang karena kelenjar adrenalin yang memproduksi hormon saat kamu berlari hanya bisa memproduksi cortisol dalam jumlah terbatas.

(Baca juga: Ingin Ikut Lari Marathon? Persiapkan Diri dengan Cara Ini)

Menurut Ian Cockerill, seorang psikolog olahraga dari Universitas Birmingham, Inggris, salah satu perbedaan orang yang memiliki antusiasme sehat terhadap olahraga dengan pecandu olahraga adalah, olahragawan sehat akan mengatur jadwal olahraga sesuai dengan kegiatan sehari-hari mereka, sementara pecandu olahraga mengatur jadwal kehidupan mereka dengan kegiatan olahraga.

Olahraga berlebihan, sama seperti diet yang ekstrem, memicu keinginan seseorang untuk mengontrol seluruh hidup mereka. Meski begitu, bukan berarti semua orang yang gemar berolahraga adalah pecandu, lho! Kalau mereka menyisihkan jumlah waktu yang sehat untuk berolahraga, maka mereka bukanlah pecandu olahraga.

Salah satu jenis penanggulangan kecanduan ini biasanya adalah dengan mengikuti olahraga yang memberikan banyak ruang untuk bersosialisasi seperti yoga atau bersepeda, dan mengurangi olahraga yang lebih banyak dilakukan sendirian seperti berlari atau latihan di gym karena dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya sifat perfeksionis.

(Baca juga: 9 Dampak Negatif dari Olahraga Berlebihan)

Kalau kamu mau tahu lebih banyak soal akibat olahraga berlebihan, tanyakan saja langsung ke berbagai dokter di aplikasi Halodoc melalui Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, di Halodoc, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin yang akan diantarkan langsung ke tempat tujuan dalam satu jam. Kamu juga bisa melakukan cek lab tanpa harus keluar rumah, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!