19 June 2018

Ternyata Duduk Dekat Jendela Pesawat Bikin Tubuh lebih Sehat, Lho!

manfaat duduk dekat jendela pesawat, perjalanan pesawat sehat, tips sehat dalam pesawat

Halodoc, Jakarta – Banyaknya maskapai yang menawarkan harga tiket murah saat ini cukup membuat masyarakat akhirnya memilih menggunakan pesawat terbang untuk bepergian. Tentu transportasi udara ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan transportasi yang lain, yaitu waktu tempuh yang menjadi sangat singkat.

(Baca juga: 4 Tips Menaklukan Rasa Takut Naik Pesawat)

Untuk sebagian orang, naik pesawat merupakan pengalaman yang menyenangkan, apalagi jika mendapatkan posisi kursi yang berada dekat dengan jendela. Selain bisa melihat pemandangan langit dari atas pesawat, kamu juga bisa lebih nyaman saat beristirahat.

 

  • Duduk Dekat Jendela Lebih Memiliki Banyak Waktu untuk Istirahat

 

Posisi duduk di dekat jendela memang sangat cocok bagi kamu yang ingin beristirahat dengan nyaman selama perjalanan. Selain itu, jika kamu mendapatkan posisi kursi berada di samping jendela, kemungkinan kamu bisa bersandar lebih besar, sehingga posisi istirahat kamu akan lebih nyaman. Selain itu, saat kamu mendapatkan posisi duduk dekat jendela pesawat, kamu juga akan terhindar dari lalu lalang penumpang lain atau pramugari di lorong pesawat. Jadi, jika kamu memiliki waktu istirahat yang cukup selama perjalanan, tentu kesehatan tubuh kamu juga akan lebih terjaga.

 

  • Sedikit Kemungkinan Terhindar Penyakit dari Penumpang Lain

 

Jika kamu mendapatkan posisi duduk paling dekat dengan jendela saat di pesawat, sebaiknya jangan khawatir. Ini adalah posisi yang paling baik agar kesehatan kamu tetap terjaga. Selama berada di dalam pesawat, kamu terhubung dengan seluruh penumpang, termasuk penumpang yang memiliki penyakit flu atau batuk.

Sebuah penelitian dari Proceedings of the National Academy of Science menemukan bahwa penumpang yang duduk di lorong biasanya lebih mungkin tertular penyakit daripada orang yang duduk dekat jendela pesawat. Ini karena, 80 persen orang yang berada di lorong akan lebih sering bergerak, sehingga akan lebih besar kesempatan mereka untuk tertular penyakit.

 

  • Duduk Dekat Jendela Termasuk Posisi yang Aman

 

Duduk di dekat jendela adalah posisi yang cukup aman saat kamu brpergian dengan pesawat terbang. Duduk jauh dari lorong membuat kamu tidak akan terganggu dari orang-orang yang lalu lalang di lorong pesawat. Selain itu, duduk dekat lorong membuat kamu berisiko tertimpa barang-barang yang jatuh dari kabin, jika pesawat mengalami guncangan atau turbulensi.

 

  • Duduk Dekat Jendela Membuat Tubuh dan Pikiran Menjadi Rileks

 

Buat kamu yang memiliki fobia naik pesawat, duduk dekat jendela mungkin bisa menjadi pilihan untuk mengurangi rasa takut saat naik pesawat. Jika kamu duduk dekat jendela pesawat, tentu kamu bisa melihat pemandangan langit dari atas pesawat, sehingga akan membuat tubuh dan pikiran kamu menjadi rileks dan tenang. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan pada pagi atau sore hari, kamu akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan sunrise atau sunset. Jika melakukan perjalanan pada malam hari, kamu bisa menyaksikan pemandangan lampu kota dari atas pesawat.

 

  • Mengurangi Mabuk Perjalanan

 

Jika kamu sering mengalami mabuk perjalanan, memilih duduk di dekat jendela pesawat bisa mengurangi risiko mabuk perjalanan.

(Baca juga: Takut Susah Tidur di Pesawat? Atasi dengan Ini)

Nah, jika ada yang mau kamu tanyakan mengenai perjalananmu menggunakan pesawat, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa bertanya melalui Voice/Video Call atau Chat dengan dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang!