4 Tips Menaklukan Rasa Takut Naik Pesawat

4 Tips Menaklukan Rasa Takut Naik Pesawat
KECANTIKAN 28 May 2018

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai fobia yang bisa dirasakan oleh seseorang. Ada yang memiliki fobia terhadap binatang, cuaca, ketinggian, bahkan saat naik pesawat. Ketakutan yang berasal dari pikiran kita sendiri sebenarnya bisa menghambat kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, sebaiknya ketakutan-ketakutan seperti ini segera diatasi.

Ketakutan saat naik pesawat terbang adalah hal yang sebenarnya umum terjadi. Ada yang mengalami ketakutan karena pertama kali naik pesawat terbang atau memang karena memiliki fobia terhadap ketinggian dan juga pernah memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan saat naik pesawat terbang.

Setiap orang memiliki tingkat ketakutan yang berbeda, tentu cara menaklukannya pun berbeda-beda. Ada yang minum obat penenang, obat tidur, hingga mengonsumsi alkohol. Lalu, bagaimana mengusir ketakutan saat menaiki pesawat?

 

  • Penuhi Diri Kamu dengan Pengetahuan Tentang Pesawat

 

Mengetahui stastistik kecelakaan trasnportasi memang tidak akan membuat kamu terhindar dari kecelakaan pesawat. Namun, informasi bahwa kemungkinan kecelakaan pesawat kecil terjadi, akan membuat kamu memiliki perasaan lebih baik saat menggunakan pesawat ketika berpergian. Terbang dengan pesawat terbang sangat aman, kemungkinan kecelakaan pesawat terjadi hanya 1:11 juta.

Selain itu, membekali pengatahuan tentang cara kerja pesawat juga dinilai bisa membantu kamu untuk mengurangi rasa takut dan membuat kamu sedikit lebih nyaman saat berpergian menggunakan pesawat. Kamu bisa pelajari mengenai bagian-bagian pesawat dan cara kerja pesawat. Semakin banyak tahu, maka kekhawatiran dan ketakutan kamu akan semakin berkurang.

 

  • Tenangkan Diri Ketika Terdapat Goncangan

 

Saat sudah berada di dalam pesawat yang sedang terbang, sebaiknya kamu perlu mengatur kekhawatiran kamu mengenai hal-hal buruk yang akan menimpa kamu. Terlebih lagi, jika pesawat yang kamu gunakan mengalami goncangan atau turbulensi. Jika tidak ada tanda bahaya yang dikeluarkan oleh pihak maskapai, sebaiknya kamu selalu berpikiran positif mengenai perjalanan yang sedang kamu lakukan.

 

  • Melakukan Kegiatan di dalam Pesawat

 

Jika kamu memiliki fobia penerbangan, sebaiknya pilih pesawat yang memiliki beberapa fasilitas menunjang, seperti menyediakan film-film yang bisa disaksikan selama kamu berada di dalam pesawat. Melakukan berbagai kegiatan di dalam pesawat juga bisa mengurangi kekhawatiran kamu terhadap perjalanan yang kamu lakukan.

Jika memilih pesawat yang tidak memiliki fasilitas yang menunjang, kamu bisa mempersiapkan sendiri sebelum berangkat dengan pesawat. Kamu bisa membawa beberapa buku untuk kamu baca saat kamu berada di pesawat. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan lagu yang sudah kamu siapkan.

 

  • Siapkan Penerbangan Kamu dengan Baik

 

Pilihlah penerbangan yang langsung dari tempat asal menuju tempat tujuan, hindari penerbangan transit. Semakin sedikit waktu kamu di dalam pesawat akan semakin baik untuk mengatasi rasa ketakutan yang kamu rasakan. Selain itu, kamu juga perlu memilih waktu penerbangan yang membuat kamu nyaman.

Jika kamu nyaman naik pesawat dengan melihat keluar pada saat siang hari, sebaiknya pilih berangkat sebelum matahari terbenam. Namun, jika kamu merasa nyaman saat malam hari karena bisa mengurangi ketakutan dengan tidur, sebaiknya pilih waktu penerbangan pada malam hari. Sesuaikan dengan kenyamanan diri kamu sendiri. Jangan lupa datang lebih awal ke bandara agar kamu memiliki waktu lebih banyak untuk menyiapkan mental kamu.

(Baca juga: Mengganggu Temanmu yang Phobia Sama Sekali Tidak Lucu. Ini Alasannya)

Jika kamu atau orang di sekitar kamu memiliki masalah seputar fobia atau ketakutan terhadap suatu hal, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter melalui Voice Call, Video Call, atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 July 2018

Bila kamu mencari olahraga yang efektif untuk membentuk tubuh, olahraga angkat beban adalah jawabannya. Namun,...

Selengkapnya