• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tetap Aktif di Kantor, Ini 6 Jenis Olahraga yang Bisa Dicoba

Tetap Aktif di Kantor, Ini 6 Jenis Olahraga yang Bisa Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tetap Aktif di Kantor, Ini 6 Jenis Olahraga yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta - Akibat pekerjaan yang menumpuk atau deadline yang tak kunjung usai, banyak pekerja kantoran yang sulit meluangkan waktu untuk rutin berolahraga. Padahal, olahraga adalah salah satu cara agar tubuh tetap fit dan konsentrasi tetap terjaga. 

Nah, bagi kamu yang super sibuk, sebenarnya bisa kok melakukan olahraga ringan di kantor. Jenis-jenis olahraganya cukup sederhana. Penasaran? Berikut ini gerakan-gerakan olahraga ringan di kantor yang bisa dicoba. 


Baca juga: Benarkah Olahraga Bisa Cegah Kematian Dini?


1. Beban Tubuh

Beban tubuh adalah olahraga ringan di kantor yang bisa dicoba. Gerakan yang satu ini cukup sederhana, bisa dilakukan di mana pun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu. Misalnya, kamu bisa mencoba desk push up. Caranya sederhana kok, seperti melakukan push up tapi menggunakan tumpuan meja kerja.

 Tempatkan tangan di tepi meja, lebarkan bahu, dan posisikan kaki di belakang. Lalu, dorong dengan kekuatan dan lakukan sebanyak yang kamu bisa. Selain desk push up, ada pula olahraga beban tubuh lainnya yang bisa dicoba seperti push up, sit up, dan jumping jack agar tubuh tetap aktif bergerak. 


2.Squat

Jenis olahraga di kantor lainnya yang bisa dicoba adalah squat. Kamu bisa melakukannya di atas kursi kantor dengan gerakan duduk-berdiri yang dilakukan secara berulang. Pastikan kursi kerjamu berada dalam posisi yang solid, tidak bergerak ke sana-sini. 

Selain squat, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan squat-lunge. Gerakannya jelas, squat dan lunge. Lunge adalah gerakan menekuk lutut ke depan, sementara kaki lainnya di posisikan di belakang. Cara melakukan gerakan ini dengan duduk-berdiri-lunge. Gerakan sederhana ini sudah cukup melatih otot kaki. 


3.Chair Dips


Olahraga ringan di kantor ini menitikberatkan pada otot-otot bahu, trisep, dan paha. Posisi kaki di depan, lalu letakkan tangan pada tepi kursi atau meja (badan mengarah arah berlawan). Kemudian, angkat tubuh ke bawah dan ke atas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali repetisi.


Baca juga: Cara Mengatur Porsi Olahraga Agar Aman


4.Peregangan Punggung


Selain tiga hal di atas, peregangan punggung merupakan jenis olahraga di kantor yang bisa dicoba. Sebelum punggung terasa sakit, berdirilah dan sentuhlah jari-jari kaki. Lakukan gerakan ini sampai dua atau tiga kali. Gerakan ini adalah cara yang baik untuk mengendurkan otot-otot punggung.


5.Angkat beban

Enggak perlu menggunakan beban yang berat. Kamu bisa memilih dumbbell kecil sebagai alternatifnya. Selain itu, dumbbell ini juga cukup praktis untuk digunakan dan disimpan. Selain membuat badan tetap aktif, angkat beban juga menjadi cara jitu untuk menjaga kesehatan otot dan meningkatkan kepadatan tulang. 


Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga


6.Jalan Kaki

Kalau kelima jenis olahraga di atas terbilang sulit, bagaimana dengan jalan kaki? Jalan kaki adalah olahraga ringan di kantor yang tak kalah baik manfaatnya. Ingat, jangan terus berada di depan meja selama berjam-jam. Ketika badan sudah terasa kaku atau cukup lelah, cobalah ambil sejenak waktu untuk mengistirahatkannya. 

Kamu bisa mencoba jalan santai di halaman kantor atau ke tempat lainnya sembari menjernihkan pikiran. Agar hasilnya maksimal, kamu dapat meningkatkan kecepatan saat berjalan kaki. Misalnya, dengan kecepatan 100 langkah per menit. 

Bagaimana, tertarik mencoba tetap aktif di kantor dengan beberapa jenis olahraga di atas? 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 






Referensi:
The Washington Post. Diakses pada 2020. A workout at work?
Web MD. Diakses pada 2020. Exercise at Your Desk