04 May 2018

Tetap Harmonis Meskipun Sedang Long Distance Marriage

Tetap Harmonis Meskipun Sedang Long Distance Marriage

Halodoc, Jakarta - Ketika seseorang menikah, tentunya mereka berharap untuk bisa bersama pasangannya setiap saat. Namun kenyataannya, tidak semua pasangan bisa melalui hari-harinya bersama. Dengan berbagai alasan seperti pekerjaan dan pendidikan, sebagian pasangan harus menjalani pernikahannya terpisahkan oleh jarak.

Menjalani pernikahan jarak jauh (long distance marriage) memiliki tantangannya sendiri. Tidak hanya merumitkan hubungan antar pasangan, tetapi pernikahan jarak jauh juga menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga hubungan suami istri. Meskipun begitu, bukan berarti pernikahan ini tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Dengan usaha dari kedua belah pihak, menjaga hubungan suami istri dalam pernikahan jarak jauh bisa dilewati dengan mudah. Berikut adalah tips yang dapat membantu menjaga hubungan suami istri dalam pernikahan jarak jauh.

(Baca juga: Jurus Menjalin Ikatan Keluarga yang Harmonis)

  1. Komitmen dari Kedua Belah Pihak

Dalam menjaga hubungan suami istri, komitmen dari kedua belah pihak merupakan hal yang paling dibutuhkan. Sebab, ketika menjalani sebuah hubungan, kedua belah pihak harus siap untuk menjalani segalanya bersama, baik dalam keadaan baik dan buruk. Termasuk dalam menjalani pernikahan jarak jauh. Jika salah satu pihak merasa keberatan dengan keputusan ini, hubungan akan terasa semakin berat. Oleh karena itu, sebelum menjalani pernikahan jarak jauh, pastikan bahwa kedua belah pihak siap untuk menjalani keadaan ini bersama-sama.

  1. Saling Percaya

Selain komitmen, dalam menjaga hubungan suami istri juga diperlukan kepercayaan. Terlebih lagi ketika pernikahan dipisahkan oleh jarak dan waktu. Rasa saling percaya dari kedua belah pihak dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan hubungan. Sebab, ketika pasangan berada di tempat yang berbeda dan komunikasi terbatas, dorongan untuk berasumsi buruk semakin besar. Maka dari itu, sebaiknya bangun kepercayaan serta hilangkan rasa cemas dan curiga dengan membangun komunikasi yang baik bersama pasangan.

  1. Gunakan Teknologi

Ketika jarak dan waktu memisahkan, komunikasi yang baik bisa dibangun dengan cara yang lain tanpa harus bertemu setiap saat. Saat ini, teknologi telah menyediakan berbagai macam cara untuk berkomunikasi, mulai dari chat, voice call, atau video call. Selain itu, saat ini juga telah tersedia berbagai media sosial yang bisa digunakan untuk menjaga komunikasi tetap baik. Oleh sebab itu, jadikanlah teknologi sebagai sahabat terbaik supaya kamu dan pasanganmu tetap terhubung meskipun jarak memisahkan.

(Baca juga: Hanya Butuh Ini Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat & Langgeng)

  1. Anggaplah Si Dia Selalu Bersama Kamu

Dengan adanya teknologi terkini, menjaga hubungan suami istri yang terpisahkan jarak menjadi lebih mudah. Dengan kemudahan tersebut, kamu bisa merasa bahwa pasangan selalu ada bersamamu. Kamu bisa mencoba untuk melakukan kegiatan bersama-sama meskipun kamu dan pasangan berada di tempat yang berbeda. Sebagai contoh, cobalah untuk menonton film bersama sambil melakukan video call atau voice call. Dengan begitu, rasa rindu akan sedikit terobati dan hubungan akan lebih berwarna.

  1. Berikan Kepastian

Jika kamu dan pasangan terpisahkan oleh jarak karena pekerjaan atau pendidikan, ada baiknya kamu tentukan kepastian kapan kalian akan bersama lagi. Meskipun, setiap rintangan dalam pernikahan harus dihadapi, tetapi menjalani suatu hubungan tanpa kepastian adalah hal yang paling menyiksa. Bicarakanlah dengan pasangan rencana untuk mengakhiri hubungan jarak jauh dan sesuaikan dengan tuntutan pekerjaan atau pendidikan. Mengetahui kepastian hubungan akan membantu pasangan menjalin pernikahan jarak jauh dengan lebih baik.

Menjaga hubungan suami istri memang bukanlah perkara yang mudah. Kalau kamu butuh bantuan, kamu bisa hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan kamu akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

(Baca juga: 5 Tips Agar Pernikahan Langgeng)