• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah

Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Maret 2022
Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan MentahTips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah

“Makanan mentah, seperti sayuran atau makanan laut memang punya lebih banyak nutrisi daripada yang sudah dimasak. Namun untuk daging mentah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Sebab jika tidak ditangani dengan benar, maka mereka bisa menjadi penyebab kamu mengalami gejala keracunan makanan.”


Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang akan memasak makanan mereka sebelum dikonsumsi. Bisa dengan direbus, dikukus, digoreng, dibakar, atau cara memasak lainnya. Namun, tak sedikit juga orang yang gemar atau memprioritaskan makanan mentah karena menurut mereka makanan mentah masih memiliki nilai gizi yang lengkap dan tidak berkurang karena proses memasak.

Namun, karena tidak melalui proses dimasak, maka berbagai macam bakteri pada makanan tersebut pun masih tetap ada dan bisa membahayakan kesehatan tubuh. Makanan mentah bisa mengandung bakteri berbahaya, termasuk Salmonella, Listeria, Campylobacter, dan E. coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Semua bakteri ini seharusnya mati ketika makanan telah dimasak dengan benar.

Namun jika kamu tetap ingin mengonsumsi makanan mentah, ada beberapa tips aman yang perlu kamu ikuti berikut ini!

Tips Aman Makan Makanan Mentah

Berikut ini beberapa tips aman jika kamu ingin makan makanan mentah:

Minimalkan Risiko

Makan-makanan mentah seperti daging umumnya tidak dianjurkan, tetapi beberapa makanan laut, seperti salmon, tuna, atau kerang diperbolehkan asal kebersihannya terjaga. Sementara untuk beberapa sayuran, biasanya hanya perlu dicuci bersih saja jika ingin dimakan mentah.

Namun, makanan mentah sebaiknya dihindari untuk mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah atau terganggu. Misalnya, anak-anak di bawah 5 tahun, orang-orang di atas 70 tahun, mereka yang mengidap penyakit yang membuat sistem kekebalan tubuhnya rendah, dan wanita hamil.

Pastikan Makanan Mentah yang Dibeli Masih Segar

Jika kamu memutuskan untuk makan makanan mentah, maka pastikan daging atau sayur yang digunakan adalah yang masih segar. Kamu juga disarankan hanya membeli makanan mentah dari pedagang yang punya reputasi baik. Bahkan untuk makanan seperti oyster, biasanya pedangannya memiliki izin sendiri, sehingga harganya juga cenderung mahal. Jika kamu sudah mendapatkan makanan mentah dari pedagang terpercaya, maka segera konsumsi.

Kontrol Suhu

Bakteri yang biasanya menyebabkan keracunan makanan tumbuh dengan cepat ketika daging tidak didinginkan. Jadi, penting untuk menyimpan daging atau makanan mentah lain dalam lemari es (di bawah 5 derajat Celsius sampai kamu siap untuk menyiapkan dan menyajikannya.

Untuk menjaga daging mentah tetap aman, lakukan hal ini:

  • Setelah membeli daging mentah dari tukang daging, penting untuk mendinginkannya segera.
  • Jangan tinggalkan belanjaan di dalam mobil yang panas. Sebaiknya tempatkan daging mentah ke dalam wadah khusus yang dilengkapi kantong es untuk perjalanan pulang.
  • Sesampainya di rumah, langsung masukkan daging mentah ke dalam lemari es. Jangan biarkan mereka diletakkan di tempat dengan suhu ruangan.

Jauhkan Makanan Mentah dari Makanan Siap Saji

Sangat penting juga untuk menjauhkan daging mentah dari makanan siap saji lainnya yang tidak akan dimasak. Ini akan mengurangi kontaminasi silang yang dapat terjadi saat menangani semua jenis daging mentah.

Berikut ini beberapa tips lainnya:

  • Kamu perlu cuci tangan dengan air sabun panas dan keringkan secara menyeluruh sebelum menyiapkan makanan dan setelah menyentuh daging mentah dan ayam.
  • Pastikan jus atau air dari daging atau makanan mentah tidak bersentuhan dengan makanan lain.
  • Bersihkan juga semua peralatan, peralatan, dan permukaan secara menyeluruh setelah menyiapkan daging mentah dan unggas sebelum kontak dengan makanan lain.
  • Gunakan talenan dan pisau terpisah khusus untuk daging mentah.
  • Simpan daging mentah di bagian bawah lemari es agar tidak menetes ke makanan lain.

Itulah yang kamu perlu tahu mengenai makanan mentah yang hendak kamu makan. Namun, jika kamu merasakan gejala seperti diare setelah makan makanan mentah, sebaiknya kamu segera periksakan ke dokter. Atau kamu juga bisa cek kebutuhan medis untuk menangani gejala diare di Halodoc. Pesanan obat kamu pun bisa segera tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Is It Safe to Eat Raw Meat? 
Medical News Today. Diakses pada 2022. The Raw Food Diet: Types, Benefits, and Risks. 
New South Wales, Australia Food Authority. Diakses pada 2022. Raw Meat Safe Eating.