18 May 2018

Tips Cegah Bau Mulut saat Puasa

Tips Cegah Bau Mulut saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Bibir pecah-pecah dan bau mulut adalah keluhan umum saat puasa. Ini terjadi karena selama berpuasa, kamu tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun dalam periode waktu tertentu. Inilah yang menyebabkan mulut menjadi kering sehingga menyebabkan aroma tidak sedap. Kondisi tersebut diperparah dengan menurunnya produksi air liur (saliva) yang berperan membilas kuman penyebab plak di dalam mulut. Alhasil, kuman akan terus berkembang biak dan menghasilkan gas berbau tak sedap dari dalam mulut. (Baca juga: Bukan Karena Puasa, Ini Alasan Bau Mulut Makin Menjadi)

Tips Cegah Bau Mulut saat Puasa

Cara terbaik untuk mencegah bau mulut saat puasa adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bau mulut saat puasa:

1. Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut saat puasa. Apa saja caranya?

 

  • Menyikat gigi saat sahur dan berbuka, saat melakukannya, pastikan kamu menyikat semua bagian gigi, terutama pada permukaan bagian dalam, permukaan luar, dan permukaan gigi yang mengunyah.
  • Membersihkan gigi dengan benang (dental floss), menyikat gigi hanya membersihkan 25 persen rongga mulut dan tidak dapat menjangkau sela-sela gigi tersempit. Jadi, kamu perlu melakukan dental floss agar kebersihan gigi lebih maksimal. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengambil benang dan letakkan di antara sela-sela gigi. Kemudian kamu bisa menggesekkan benang gigi pada sela-sela gigi secara lembut dan perlaharn untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang masih menempel.
  • Berkumur dengan air atau obat kumur khusus, ini dilakukan untuk membersihkan dan mengurangi efek zat fluoride pada sisa pasa gigi. Agar hasilnya optimal, kamu perlu memberikan jeda waktu 5-10 menit sebelum berkumur.
  • Membersihkan lidah, lidah yang kotor bisa menjadi sarang kuman dan membuat napas bau. Jadi, kamu perlu membersihkan lidah untuk mencegah bau mulut saat puasa. Caranya cukup dengan menggosokkan bagian belakang sikat gigi yang bergerigi/bergelombang pada lidah. Untuk menghindari kerusakan lidah dan berkembangnya kuman pada mulut, sebaiknya jangan gunakan bagian depan sikat gigi (sikatnya) untuk membersihkan lidah.

 

2. Menjaga Pola Makan yang Baik

Pola makan juga bisa memengaruhi kondisi gigi dan mulut. Oleh karena itu, berikut adalah pola makan yang bisa kamu terapkan untuk mencegah bau mulut saat puasa:

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh, yaitu dengan minum 8 gelas air per hari.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan berbuka.
  • Hindari makanan yang beraroma menyengat saat sahur, misalnya jengkol atau bawang bombai.

Kesehatan gigi dan kesegaran napas penting banget untuk dijaga selama puasa agar kamu bisa tetap percaya diri dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jika kamu punya keluhan gigi dan mulut saat puasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter.

(Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Gigi saat Puasa)

Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play, lalu kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter terpercaya.