4 Tips Menjaga Kesehatan Gigi saat Puasa

4 Tips Menjaga Kesehatan Gigi saat Puasa
KECANTIKAN 15 May 2018

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan saat puasa. Sebab, selain mencegah infeksi gigi, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga bisa menghindari efek bau mulut saat puasa.

(Baca juga: 6 Jenis Infeksi Gigi dan Akibatnya yang Perlu Diketahui)

Orang yang berpuasa, rongga mulutnya cenderung kering karena tidak ada makanan/minuman yang dikonsumsi seharian penuh. Aktivitas air liur juga cenderung berkurang dan membuat bakteri anaerob penghasil belerang (sulfur) berkembang biak di dalam mulut. Dampaknya, netralisasi senyawa sulfur di dalam mulut menjadi tidak maksimal dan menyebabkan bau mulut.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi saat Puasa

Cara terbaik untuk mencegah bau mulut dan infeksi gigi saat puasa adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa:

1. Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Baik saat puasa atau tidak, kamu tetap dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari. Ini merupakan aturan standar dan wajib untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Saat puasa, kamu bisa menyikat gigi saat setelah menyantap hidangan sahur dan sebelum tidur. Pastikan kamu menyikat semua bagian gigi, terutama pada permukaan bagian dalam, permukaan luar, dan permukaan gigi yang mengunyah.

2. Beri Jeda Waktu Sebelum Berkumur

Pada dasarnya, berkumur dapat dilakukan untuk membersihkan dan mengurangi efek zat fluoride pada sisa pasta gigi. Sehingga saat kamu berkumur langsung setelah menyikat gigi, penggunaan pasta gigi menjadi tidak maksimal. Sebaiknya kamu memberi jeda waktu setidaknya 5-10 menit sebelum berkumur. Kamu bisa berkumur dengan air atau menggunakan obat kumur khusus.

(Baca juga: Bukan Karena Puasa, Ini Alasan Bau Mulut Makin Menjadi)

3. Gunakan Benang Gigi

Usai menyikat gigi, tak jarang sisa makanan masih terselip di sela-sela gigi. Maka dari itu, kamu bisa melengkapi upaya membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss). Selain membersihkan sisa makanan, benang gigi juga bisa mengurangi risiko bau mulut, sakit gigi, dan penyakit periodontal (infeksi bakteri kronis pada gusi dan tulang pendukung gigi). Cara penggunaannya adalah:

  • Ambil benang atau pita gigi berukuran 20-30 sentimeter dan pegang dua ujungnya hingga ada sisa benang yang berguna untuk membersihkan gigi.
  • Letakkan benang di antara sela-sela gigi dan ke daerah antara gigi dan gusi.
  • Gesekkan benang gigi membentuk pola huruf C pada sela-sela gigi dan gusi.
  • Gerakkan naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi.
  • Terapkan hal yang sama pada sela-sela gigi yang lain.

4. Perbanyak  Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah pembersih gigi alami yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan. Buah dan sayur juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, selama berpuasa, kamu dianjurkan untuk menambahkan buah dan sayuran ke dalam menu sahur dan berbuka puasa.

Jika kamu punya keluhan gigi dan mulut saat puasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Lalu, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter tepercaya.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

14 August 2018

Agar konsumsi jeroan tak menimbulkan masalah kesehatan, sebaiknya kamu perlu memperhatikan porsi mengonsumsiny...

Selengkapnya

SEKS

14 August 2018

Penyakit sifilis atau raja singa, sebenarnya sudah menjadi problem kesehatan global sejak berabad-abad lamanya...

Selengkapnya

OLAHRAGA

14 August 2018

Selain menyenangkan, bersepeda juga dapat melatih kekuatan otot dan stamina. oleh karena itu bersepeda memberi...

Selengkapnya