• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Obat Penurun Berat Badan yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Memilih Obat Penurun Berat Badan yang Perlu Diketahui

Tips Memilih Obat Penurun Berat Badan yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Juli 2022

“Setiap orang perlu berhati-hati dalam memilih obat penurun berat badan. Sebab, jika sembarangan bisa jadi efek samping yang timbul parah dan bahkan membahayakan kesehatan.”

Tips Memilih Obat Penurun Berat Badan yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Beberapa orang ingin mendapatkan hasil yang cepat untuk menurunan berat badan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat penurun berat badan. Hal yang perlu diperhatikan adalah dengan tidak sembarangan memilih obat ini. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam pemilihannya!

Cara Memilih Obat Penurun Berat Badan yang Tepat

Obat penurun berat badan terkadang dikonsumsi oleh beberapa orang yang ingin menurunkan berat badannya yang berlebih. Obat ini dapat berfungsi dengan baik jika dikombinasikan dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan kalori, serta berolahraga secara teratur.

Meski begitu, ada saja orang yang memilih obat penurun berat badan tanpa meminta resep dari dokter terlebih dahulu. Pemilihan obat yang sembarangan bisa jadi membahayakan tubuh karena kandungan yang ada di dalamnya belum terbukti secara klinis.

Beberapa obat diet ini dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti diare dan gangguan usus, setelah mengonsumsinya. Hal ini karena obat tersebut justru bertindak hanya sebagai obat pencahar yang berguna melancarkan pencernaan. Tentunya hal ini dapat menimbulkan efek sakit pada perut dan buang-buang air.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui berbagai jenis obat pelangsing disertai dengan fungsinya, yaitu:

1. Menekan Nafsu Makan

Salah satu fungsi obat penurun berat badan adalah mampu menekan nafsu makan. Fungsi ini terbilang penting untuk seseorang yang sedang diet agar keinginan untuk makan terlalu banyak bisa ditekan. Namun, obat ini tergolong keras sehingga hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Kandungan dari obat yang berguna untuk menekan nafsu makan ini adalah phentermine dan gysmia (gabungan phentermine dan topiramate). Namun, seseorang yang mengonsumsi obat ini dapat merasakan efek samping berupa dada yang berdebar-debar, pusing, sulit untuk tidur, dan tensi darah yang naik.

2. Meningkatkan Metabolisme

Obat penurun berat badan juga harus mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Dengan begitu, makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat langsung dibakar menjadi energi. Obat ini umumnya memiliki kandungan kafein yang berasal dari ekstrak teh hijau atau guarana.

Namun, perlu berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini karena dapat menimbulkan efek samping, seperti jantung berdebar, pusing, dan tensi darah naik. Maka dari itu, konsumsinya harus sesuai dengan dosis yang ditentukan. Meskipun bisa jadi efek samping minim dirasakan, seperti mulut kering dan susah buang air besar.

3. Mencegah Penyerapan Lemak dan Karbohidrat

Obat penurun berat badan sebaiknya memiliki fungsi untuk mencegah penyerapan lemak dan juga karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, penurunan berat badan dapat terjadi secara efektif. Kandungan yang biasanya memberikan fungsi ini adalah orlistat.

Namun perlu berhati-hati dengan efek sampingnya, seperti diare, sering buang angin, dan bahkan buang air besar yang sedikit berbau. Jika masalah ini terus terjadi, ada baiknya untuk menemui dokter guna mendapatkan obat jenis lainnya yang minim efek samping.

Lalu, bagaimana, sih, tips dalam memilih obat penurun berat badan yang efektif?

Untuk menghindari berbagai efek samping dan risiko yang dapat membahayakan, berikut beberapa tips yang perlu dilakukan dalam pemilihan obat yang tepat:

  • Menemui dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat diet yang paling efektif dan aman untuk dikonsumsi. Dengan begitu, berbagai efek samping berat yang bisa timbul dapat diminimalisir.
  • Pastikan untuk mengonsumsi sesuai dengan aturan pakai dan dosis yang ditentukan. Pilih obat dengan efek samping yang paling ringan pada seseorang dengan penyakit tertentu agar tidak membahayakan.
  • Selalu pastikan obat yang dikonsumsi sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan. Dengan begitu, keamanan saat dikonsumsi sudah terjamin dengan benar.

Pastikan untuk menerapkan semua tips yang disebutkan untuk meminimalisir efek samping dan obat yang dikonsumsi benar-benar sudah terjamin secara mutu serta keamanan. Dengan begitu, penurunan berat badan bisa terjadi tanpa takut mengalami masalah yang lebih besar di masa depan.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk pemilihan obat yang paling sesuai dalam menurunkan berat badan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Maka dari itu, segera unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2022. Weight Loss and Diet Pills: Options to Know.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Prescription weight-loss drugs.