• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menjaga Kesehatan Miss V Saat Berlibur ke Pantai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menjaga Kesehatan Miss V Saat Berlibur ke Pantai

Tips Menjaga Kesehatan Miss V Saat Berlibur ke Pantai

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 Juni 2022

“Udara yang panas, keringat, dan berenang saat berlibur ke pantai bisa membuat vagina menjadi lembap, sehingga berpotensi membuat bakteri dan jamur berkembang. Diperlukan strategi yang tepat untuk mencegah kondisi tersebut.”

Tips Menjaga Kesehatan Miss V Saat Berlibur ke Pantai

Halodoc, Jakarta – Saat berlibur ke pantai, salah satu produk yang mungkin tidak akan lupa kamu bawa adalah sunblock atau sunscreen. Produk tersebut memang penting untuk melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari yang biasanya sangat terik di pantai.

Namun, selain kesehatan kulit, nyatanya ada lagi lo yang perlu mendapat perhatian khusus dari wanita pada saat berlibur ke pantai, yaitu kesehatan vagina. Pasalnya, udara yang panas di pantai bisa membuat kondisi area intim kamu menjadi lembap. 

Nah, kondisi tersebut merupakan kondisi yang nyaman bagi bakteri dan jamur untuk bertumbuh. Oleh karena itu, beri perhatian ekstra pada vaginamu dengan tips-tips di sini.

Tips Menjaga Kesehatan Vagina Saat Berlibur di Pantai

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan vagina saat berlibur di pantai:

1. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Vagina

Meskipun sedang liburan, mengonsumsi makanan sehat tetap penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan vagina. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula dan garam secara berlebihan. Batasi juga asupan alkohol dan kafein kamu. Hal itu karena jenis makanan tersebut dapat meningkatkan produksi hormon dalam tubuh sehingga menjadi tidak stabil. Akibatnya, kamu bisa mudah mengalami keputihan.

Nah, sebaiknya, konsumsilah makanan yang bisa menyehatkan vagina, seperti alpukat, bawang putih, kedelai, yogurt, ubi, dan dark chocolate. Kalau kamu sulit menemukan makanan ini selama liburan, kamu bisa rutin mengonsumsi jus buah atau sayur dan minum air putih yang cukup, ya.

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Selain itu, tips menjaga kesehatan vagina lainnya saat di pantai adalah dengan mengenakan jenis pakaian yang agak longgar. Hindari mengenakan pakaian yang ketat, terutama  celana dalam, karena bisa membuat organ intim tidak mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Apabila aliran udara tidak lancar, vagina dan area di sekitarnya bisa menjadi lembap dan rentan terhadap jamur serta bakteri.

3. Bersihkan Vagina Setelah Berenang

Setelah berenang dan bermain di pantai, jangan lupa untuk membersihkan vagina dengan air bersih. Pasalnya, ada banyak kuman di laut yang bisa masuk dan mengancam kesehatan vagina kamu. Jadi, sangat penting untuk menjaga kebersihan vagina setelah selesai bermain di pantai. Bersihkan vagina harus dengan cara yang benar, yaitu dengan membasuhnya dengan air mengalir dari arah depan ke belakang.

4. Jangan Berlama-lama Mengenakan Pakaian Renang yang Basah

Selain membersihkan vagina setelah berenang, penting juga untuk segera mengganti pakaian renang kamu yang basah dengan pakaian kering. Baju renang yang basah juga bisa membuat area vagina menjadi lembap. Nah, kondisi ini menjadi tempat yang nyaman untuk berkembang biaknya jamur penyebab infeksi. Jadi, bila sudah selesai berenang, sebaiknya segera bilas dan ganti semua pakaian dengan yang kering.

5. Cegah Vagina Menjadi Lembap

Perlu diketahui kalau tubuh kamu memproduksi cairan vagina, sehingga organ intim tersebut memang akan selalu lembap. Namun, saat berlibur ke pantai dan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, keringat yang keluar bisa membuat kondisi vagina semakin lembap. Jika hal itu tidak diatasi dengan baik, bakteri bisa berkembang dan menyebabkan rasa gatal, iritasi, serta bau tak sedap. Puncaknya, kamu bisa mengalami keputihan yang tidak sehat, lo.

Jadi, agar bisa terhindar dari risiko tersebut, gunakanlah pantyliners yang mampu menyerap cairan. Kamu jadi tidak perlu mengganti celana dalam, tapi cukup menggunakan pantyliners saja. Lagipula cara ini lebih efisien karena kamu tidak perlu bawa banyak stok celana dalam.

Bila kamu punya masalah dengan kesehatan organ intim kamu, jangan malu untuk memeriksakan diri ke dokter. Kamu bisa buat janji medis untuk memeriksakan kesehatanmu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Pop Sugar. Diakses pada 2022. 5 Ways You Can Protect Your Vagina From Infection This Summer, According to an Ob-Gyn.
Good Clean Love. Diakses pada 2022. Summer Vaginal Health: 5 Tips for Avoiding Common Infections