Tips Pilih Sunblock Sesuai Jenis Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tips Pilih Sunblock Sesuai Jenis Kulit

Halodoc, Jakarta - Sekarang, pemakaian sunblock atau tabir surya sudah lebih umum dan tidak lagi sebatas pada saat bermain ke pantai saja. Bahkan, penggunaan sunblock lebih penting dibandingkan dengan penggunaan alas bedak sebelum kamu memakai make-up. Penggunaan tabir surya setiap hari dinilai mampu membantu melindungi kulit dari bahaya kanker kulit dan mengurangi risiko penuaan dini. 

Tentu saja, kamu bisa dengan mudah menemukan produk tabir surya di gerai minimarket atau supermarket mana saja. Tetapi, ada banyak jenis sunblock yang beredar di pasaran, dengan fungsi yang kurang lebih sama, tentunya untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV. Lalu, bagaimana menentukan pilihan tabir surya yang tepat? 

Tips Memilih Sunblock Sesuai dengan Jenis Kulit

Salah memilih sunblock untuk kulit bisa membuat kulit menjadi mudah iritasi. Nah, supaya tidak lagi salah, ketahui tips memilih sunblock yang tepat berikut ini:

  • Perhatikan Tingkat Perlindungannya

Ketika mencari sunblock, pastikan tertera tulisan broad spectrum pada botolnya. Memang, sunblock yang memiliki kandungan UV B terbilang cukup populer, tapi itu saja tidak cukup untuk melindungi kulit kamu. Kandungan broad spectrum artinya sunblock yang dipilih bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV A sekaligus UV B. 

Baca juga: Cegah Kanker Kulit, Begini Cara Pilih Sunblock dengan SPF yang Tepat

  • Perhatikan Jenis Sunblocknya

Sunblock jenis krim bisa diaplikasikan ke seluruh bagian tubuh, termasuk muka. Sementara sunblock jenis gel lebih tepat digunakan pada area tubuh yang memiliki rambut, termasuk dada pada pria. Namun, kalau kamu ingin memberikan perlindungan ekstra untuk area bawah mata, kamu bisa memilih sunblock jenis stik. 

Terdapat pula jenis sunblock cair yang digunakan dengan cara disemprot kemudian diratakan ke seluruh permukaan kulit. Namun, sunblock cair sebaiknya tidak langsung diusapkan ke wajah. Semprotkan dulu pada telapak tanganmu, kemudian usapkan secara merata dan perlahan ke seluruh area wajah. 

Baca juga: Faktanya, Sunblock Tidak Selalu Melindungi Kulit

  • Ketahui Jenis Kulitmu

Apakah kamu sudah tahu jenis kulitmu? Hal ini berpengaruh pada jenis sunblock yang dipilih, lho! Apabila kamu memiliki kulit yang berjerawat, pilih sunblock yang sifatnya lebih ringan, seperti sunblock yang berbentuk gel. Jika kamu memiliki kulit kering, jenis sunblock apa saja bisa diaplikasikan, tetapi ingat untuk mengoleskan pelembap terlebih dahulu. Nah, kalau kulitmu termasuk sensitif dan rentan mengalami alergi, tabir surya yang mengandung mineral aktif bisa menjadi pilihan yang aman. 

  • Perhatikan Kadar SPF-nya

SPF atau Sun Protection Factor menjadi indikasi yang memberimu informasi sebaik apa sunblock pilihanmu mampu membantu melindungi kulitmu dari terpaan sinar matahari. Kadar SPF yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan dan kecantikan adalah 30, tetapi semakin tinggi kadar SPF-nya, tentu lebih baik. Kandungan SPF 30 mampu menghalangi paparan sinar UV B hingga 97 persen. 

  • Perhatikan Teksturnya

Jika dibutuhkan, tidak ada salahnya mencoba sunblock sedikit sebelum memutuskan untuk membelinya. Oleskan sedikit sunblock pada tangan, dan rasakan apakah produk tersebut cepat meresap di kulit atau tidak. Kamu disarankan untuk memilih produk yang tidak lengket dan berminyak di kulit serta tidak meninggalkan bekas putih di area wajah. 

Baca juga: Milia Mengganggu Penampilan, Mampukah Dicegah dengan Skincare?

Jika ternyata kamu mengalami masalah kulit setelah menggunakan sunblock, tidak perlu khawatir. Kamu bisa langsung bertanya pada dokter obat apa yang bisa digunakan untuk menyembuhkannya. Supaya lebih mudah dan tidak perlu repot ke rumah sakit, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk chat langsung dengan dokter ahli kulit. 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2019. What’s the Best Sunscreen?
Kids Health. Diakses pada 2019. How to Choose and Use Sunscreen.
WebMD. Diakses pada 2019. Sunscreen Safety: What to Know.