16 August 2018

Sudah Tahu? Ini Cara Pakai Sunscreen yang Benar

sunscreen

Halodoc, Jakarta – Menggunakan sunscreen adalah ritual kecantikan yang wajib para wanita lakukan sebelum dan saat beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk melindungi wajah dari sinar UV, penggunaan sunscreen juga sangat penting agar kamu terhindar dari gangguan kulit, salah satunya kanker kulit. Dikutip dari CNN, Dr. Ronald Moy, seorang dermatologist dan juru bicara Skin Cancer Foundation mengungkapkan bahwa belakangan ini kasus kanker kulit, termasuk melanoma semakin meningkat. Dan salah satu cara pencegahan terbaik adalah dengan menggunakan sunscreen.

Nah, tapi apakah kamu sudah tahu cara pakai sunscreen yang benar? Pasalnya, memakai sunscreen dengan cara yang kurang tepat atau hanya sekadar oles saja bisa mengurangi efektivitas dari manfaat sunscreen. Karena itu, yuk perhatikan cara pakai sunscreen yang benar di bawah ini.

  • Pilih Teksur yang Sesuai

Sekarang ini kamu sudah bisa menemukan berbagai macam jenis produk sunscreen yang dijual di pasaran. Ada yang teksturnya berupa krim, losion, semprot dan gel. Kamu disarankan untuk memilih tekstur sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit. Buat kamu yang memiliki kulit kering, sunscreen bertekstur krim, losion, gel, dan semprot adalah yang paling cocok untuk kamu. Namun, bila jenis kulitmu berminyak, sebaiknya pilihlah tekstur gel atau semprot.

  • Pilih Sunscreen dengan Minimal SPF 30

Saat memilih produk sunscreen, penting untuk memerhatikan kandungan SPF yang terdapat di dalamnya. Biasanya keterangan mengenai kandungan SPF ini tertulis pada kemasan produk. Nah, Yayasan Kanker Kulit merekomendasikan minimal menggunakan SPF 30 yang mampu menghalangi sekitar 97 persen sinar UVB, dan maksimum SPF 50 yang mampu menghalangi 98 persen sinar UVB. Hal ini karena sinar UVA dapat menimbulkan dampak buruk pada kulit berupa kerutan, penuaan dini dan kanker kulit. Sedangkan sinar UVB juga berbahaya karena dapat menyebabkan kulit terbakar. Sunscreen yang memiliki perlindungan terhadap UVA biasanya ditandai dengan PA+, PA++, PA+++.

Baca juga: Cek Fakta di Balik Sunblock dengan SPF Tingkat Tinggi

Selain, kandungan SPF-nya, kamu juga bisa memeriksa dua kandungan lainnya, yaitu zink dan avabenzone yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya kanker.

  • Oleskan Dua Kali

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang hanya mengoleskan sunscreen sebanyak 1/4 dari jumlah yang dibutuhkan agar SPF bisa benar-benar melindungi kulit. Bahkan ada banyak orang yang hanya asal mengoleskannya saja karena ingin cepat-cepat. Padahal untuk memberikan perlindungan yang maksimal pada kulit, kamu perlu mengoleskannya hingga dua lapisan. Jadi, setelah mengoleskan sunscreen pada seluruh tubuh, diamkan sebentar, lalu lakukan hal yang sama sekali lagi. Sedangkan pada wajah, aplikasikan sunscreen hanya sebesar biji kacang kedelai saja masing-masing di pipi, dahi, dan dagu, lalu usap sampai merata.

Selain itu, walaupun sudah mengoleskan sunscreen ber-SPF tinggi pun, ada kemungkinan sunscreen hilang saat kamu berkeringat atau luntur saat terkena air. Jadi, oleskan sunscreen kembali setiap dua jam sekali.

  • Beri Waktu Bagi Kulit untuk Menyerap Sunscreen

Tahukah kamu bahwa kulit butuh waktu setidaknya 30-60 menit untuk menyerap sunscreen. Jadi bila kamu baru menggunakan sunscreen beberapa saat sebelum beraktivitas di luar rumah, kulit kamu enggak akan mendapatkan perlindungan yang optimal dan masih berisiko terbakar matahari. Jadi, gunakanlah sunscreen minimal setengah jam sebelum kamu keluar rumah.

  • Oleskan Juga Sunscreen Pada Bagian Tubuh Ini

Kebanyakan orang hanya mengoleskan sunscreen pada tangan, kaki dan wajah. Namun, kamu sebaiknya juga mengoleskan sunscreen di leher, belakang leher dan di belakang telinga. Walaupun letaknya agak tersembunyi, namun area-area tersebut juga rentan terkena sinar matahari langsung. Nah, tapi sunscreen untuk badan sebaiknya tidak digunakan pada wajah. Jadi, untuk daerah di sekitar wajah (termasuk leher), gunakanlah sunscreen khusus wajah.

Baca juga: Jangan Takut Matahari Ini Manfaatnya Berjemur

Itulah beberapa cara memakai sunscreen yang benar. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar kesehatan atau kecantikan kulit, tanyakan saja langsung pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.