• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Trichiasis Sebabkan Gesekan Mata pada Anak, Ini Cara Mengatasinya

Trichiasis Sebabkan Gesekan Mata pada Anak, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Trichiasis adalah kondisi ketika bulu mata tumbuh ke dalam. Bulu mata yang bergesekan dengan kornea dan konjungtiva dapat mengiritasi mata. Terkadang orang bisa mengalami trichiasis dan tidak diketahui penyebabnya. 

Siapa pun dapat mengembangkan trichiasis, termasuk anak-anak. Beberapa penyebab trichiasis meliputi infeksi mata, radang (pembengkakan) pada kelopak mata, kondisi autoimun, dan trauma. Informasi selengkapnya bisa dibaca di bawah ini!

Penanganan Trichiasis pada Anak

Perawatan trichiasis mulai dari menghilangkan bulu mata, folikel atau keduanya, atau bisa juga dengan mengarahkan pertumbuhan bulu mata. Terkadang trichiasis hanya memengaruhi beberapa bulu mata. 

Bila itu yang terjadi, dokter mata mungkin hanya akan menghilangkan bagian yang bermasalah dengan pinset. Namun, jika anak memiliki banyak bulu mata tumbuh mengarah ke mata, operasi dapat dilakukan untuk menghilangkannya secara permanen. 

Baca juga: 7 Langkah Atasi Belekan pada Mata Anak

Operasi ablasi menggunakan frekuensi radio atau laser dilakukan untuk menghilangkan bulu mata dan folikel rambut. Dokter mata akan membius mata sebelum prosedur rawat jalan. Jenis perawatan bedah lainnya termasuk:

  1. Elektrolisis

Proses ini menggunakan listrik untuk menghilangkan rambut secara permanen. Walaupun efektif, elektrolisis memakan waktu dan dapat menyakitkan.

  1. Cryosurgery

Ini dilakukan menghilangkan bulu mata dan folikel dengan membekukannya. Cryosurgery efektif tetapi berpotensi komplikasi.

Dokter mata da mungkin merekomendasikan operasi untuk memposisikan ulang bulu mata. Ini dapat terjadi jika trichiasis anak disebabkan oleh epiblepharon. Adapun epiblepharon adalah suatu kondisi di mana otot pretarsal dan kulit kelopak mata naik di atas margin kelopak mata sehingga membentuk lipatan horizontal jaringan yang menyebabkan bulu mata tumbuh vertikal. 

Informasi lebih jelas mengenai trichiasis pada anak, bisa ditanyakan ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar ruamh.

Menjaga Kesehatan Mata Anak

Menjaga kesehatan mata anak bisa dimulai sejak anak berada dalam kandungan. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan. Kemudian, sejak dini berikan makanan bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan. 

Makanan ini mengandung antioksidan dan nutrisi, seperti vitamin C, E, seng, asam lemak omega-3, dan lutein, yang terkait dengan kesehatan mata. Kemudian, berikan anak mainan yang sesuai dengan usianya dan dapat mendorong perkembangan visualnya.

Baca juga: Anak Suka Olahraga Ekstrim, Orangtua Harus Apa?

Tempatkan mainan dalam fokus mata bayi  dengan jarak 20–30 sentimeter. Kemudian, dorong bayi untuk merangkak untuk membantu mengembangkan koordinasi kerja tangan dan mata. Bicaralah dengan bayi saat orangtua bergerak di sekitar ruangan untuk mendorong matanya mengikuti orangtua.

Seiring pertambahan usia, mainan seperti  lego, puzzle, merangkai manik-manik baik untuk anak. Jadilah contoh yang baik bagi anak dengan mengenakan perlengkapan pelindung saat sedang berolahraga. 

Pastikan anak mendapatkan pemeriksaan secara teratur terutama selama masa bayi dan anak-anak. Jika orangtua merasa perkembangan anak tampak sedikit tertunda, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat rekomendasi dan saran medis yang tepat. 

Para ahli memiliki pendapat berbeda tentang skrining penglihatan dan tes untuk anak-anak. Bicaralah dengan dokter tentang pilihan yang terbaik untuk anak seperti apa. 

Referensi:
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2020. Trichiasis Symptoms and Treatment.
WebMD. Diakses pada 2020. Protecting Your Child's Eyes and Vision.