22 March 2018

Trik Manfaatkan Weekend untuk Me Time Bersama Si Kecil

Trik Manfaatkan Weekend untuk Me Time Bersama Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Hasil penelitian yang dilakukan oleh BMJ Open menunjukkan anak-anak yang tidak memiliki aktivitas rutin bersama orangtuanya kerap memiliki masalah perilaku di sekolahnya. Saat-saat menyenangkan bersama keluarga akan membentuk anak menjadi pribadi yang lebih simpatik dan tradisi me time ini akan terbawa sampai anak beranjak dewasa, berkeluarga dan akan diturunkan ke keluarga masa depannya.

Sayangnya sebagian besar orangtua sering terperangkap dalam kesibukannya sendiri sehingga ketika weekend tiba juga tidak memberikan me time yang maksimal ke Si Kecil. Padahal me time bersama Si Kecil menjadi isu yang penting menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS. Usia 2 -12 tahun adalah usia yang penting untuk anak menyadari manfaat kumpul dengan keluarga. Ikatan yang signifikan dari me time bisa mencegah anak untuk melakukan kegiatan berisiko termasuk mencoba obat-obatan terlarang. (Baca juga Agar Anak Berani, Coba Didik dengan Cara Ini)

Setelah mengetahui manfaat serius dari kumpul dengan keluarga, yuk segera rencanakan me time berkualitas di weekend ini lewat ide-ide berikut ini!

  1. Berkunjung ke Tempat yang Membuat Anak Bisa Belajar Banyak

Misalnya ke museum, ke pusat-pusat kebudayaan, kebun binatang ataupun aktivitas alam yang membuat Si Kecil menjadi lebih mengenal alam sekaligus mendapatkan pengetahuan tentangnya. Me time dengan melakukan aktivitas pembelajaran seperti ini tidak hanya membangun bonding antara anak dan orangtua tetapi juga membuat anak mengenal lingkungan sekitar lebih luas, bukan hanya rumah dan sekolah saja.

  1. Bersih-Bersih Rumah

Mungkin di awal anak akan menggerutu tapi kalau orangtua memberikan pemahaman dan bisa melakukannya dengan menyenangkan, anak pasti bisa melakukan aktivitas tersebut dengan senang. Membersihkan rumah tidak hanya me time yang unik di weekend tetapi juga sarana anak untuk belajar apa arti tanggung-jawab.

  1. Toko Buku

Walaupun judulnya mal tapi kalau tujuannya lebih mengedukasi seperti ke toko buku bisa jadi me time yang menyenangkan. Kalau orangtua melakukannya rutin bisa jadi kebiasaan dan hobi yang bikin pintar untuk anak. Tahukah orangtua kalau kebiasaan membaca sejak kecil dapat merangsang perkembangan otak anak, tata-bahasa lisan dan tulisan.

  1. Cerita Pengalaman Masa Kecil Dulu

Menceritakan pengalaman masa kecil orangtua kepada anak bisa jadi momen yang menyenangkan berbagi tradisi keluarga turun-temurun. Anak bisa tahu bagaimana lingkungan orangtuanya dibesarkan dulu lalu membandingkannya dengan kondisi sekarang. Si Kecil bisa jadi menanyakan kenapa tidak melakukan hal-hal yang dulu orangtua lakukan dengan kakek-nenek. Nah, dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul, orangtua bisa menjelaskan perbedaan masa lalu dengan masa sekarang. Nilai-nilai yang ditinggalkan oleh kakek-nenek yang bisa menginspirasi Si Kecil.

  1. Memasak Bersama

Memasak juga bisa jadi ide seru untuk weekend bersama anak. Tidak harus memasak makanan berat. Bisa menu sarapan ataupun makan siang. Esensi dari kegiatan ini adalah mengerjakan sesuatu bersama-sama dan menikmatinya dengan hati riang. Lewat kegiatan ini anak jadi belajar apa itu proses, menikmati dan menghargai apa yang sudah dikerjakan bersama.

Ini adalah contoh beberapa kegiatan weekend untuk me time bersama anak. Kalau orangtua punya pertanyaan mengenai tumbuh-kembang anak dan bagaimana menerapkan pola asuh yang baik kepada Si Kecil bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat dan langsung terhubung dengan dokter-dokter spesialis di bidangnya.