13 November 2017

Trimester Kedua Saatnya Penuhi Nutrisi Ini

Trimester Kedua Saatnya Penuhi Nutrisi Ini

Halodoc, Jakarta - Semakin bertambah usia kehamilan, semakin ibu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan lebih baik lagi. Di trimester kedua, ibu masih membutuhkan banyak nutrisi penting agar dapat menunjuang pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Pada masa ini, pertumbuhan bayi akan lebih banyak memerlukan asupan gizi agar bisa tumbuh dengan sempurna.

Perkembangan apa yang terjadi di trimester kedua kehamilan?

Di minggu ke-15 kehamilan ini tulang bayi sudah mulai terbentuk dan memadat. Kemudian pola kepala dan rambut bayi juga sudah mulai terlihat saat ibu melakukan USG. Pada usia ini juga organ, saraf, dan ototnya si kecil sudah mulai berfungsi. Pada akhir trimester kedua (yaitu pada usia kehamilan 27 minggu), sistem saraf dan paru-parunya sudah semakin berkembang sehingga bisa bekerja dengan baik.

Nutrisi yang harus dipenuhi ibu hamil

Sebenarnya tidak berbeda dengan trimester pertama kehamilan, pada trimester kedua pun kebutuhan jenis nutrisinya masih sama. Bahkan beberapa nutrisi penting selama trimester pertama tetap harus terpenuhi selama trimester kedua. Nah, inilah nutrisi trimester kedua yang penting dipenuhi oleh ibu hamil:

1. Folat

Ibu tetap harus memenuhi kebutuhan folat selama trimester kedua ini. Jumlah folat yang dibutuhkan pada usia kehamilan ini adalah adalah sebesar 600 mikrogram per hari. Dengan terpenuhinya kebutuhan folat maka bisa mengurangi risiko bayi cacat lahir, seperti spina bifida. ibu dapat mengambil manfaat folat dari berbagai makanan, seperti sayuran hijau, ayam, jeruk, kerang, serta kacang-kacangan.

2. Omega-3

Otak bayi dalam kandungan membutuhkan asam lemak omega-3 untuk meningkatkan perkembangan sarafnya. Jika asam lemak omega 3 terpenuhi dengan baik, maka bisa meningkatkan perkembangan penglihatan, memori, dan pemahaman bahasa ketika ia lahir. Ibu butuh asam lemak omega-3 sebanyak 1,4 g selama kehamilan. Ibu bisa memenuhi kebutuhan omega 3 dari jenis makanan laut seperti salmon, tuna, dan sarden, minyak walnut,dan telur yang diperkaya dengan omega-3.

3. Kalsium

Di trimester kedua ini, ibu butuh kalsium sebesar 1200 mg. Ibu bisa mendapatkan sumber kalsium dari susu, keju, yogurt, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan daun kale, lalu ikan seperti sarden dan ikan teri, dan produk olahan kacang kedelai serta telur. Kalsium berguna untuk pembentukan tulang si kecil dalam kandungan.

4. Zat Besi

Mendekati waktu persalinan, kebutuhan zat besi ibu makin tinggi. Ini karena zat besi dibutuhkan untuk mendukung pembentukan sel darah merah yang makin meningkat. Kebutuhan zat besi yang yang harus dipenuhi di trimester kedua adalah 35 mg. Ibu bisa memenuhi kebutuhan zat besi ini dari daging merah, sayuran hijau, kuning telur, dan kacang-kacangan. Suplemen tambahan mungkin dibutuhkan namun harus sesuai petunjuk dokter.

5. Seng

Seperti zat besi, kebutuhan seng ibu hamil juga meningkat di trimester kedua dan ketiga kehamilan. Ibu butuh zat gizi seng pada trimester kedua sebesar 14 mg. Jika seng tidak terpenuhi maka bisa meningkatkan  risiko bayi cacat lahir, keterbatasan pertumbuhan bayi, dan kelahiran prematur. Jadi ibu perlu memenuhi kebutuhan seng ini dari asupan berbagai makanan, seperti daging merah, makanan laut, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

 

Selalu bicarakan masalah kesehatan kandungan pada dokter yang tepat. Jika belum sempat ke rumah sakit, gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter secara langsung. Dengan Halodoc, dokter bisa dihubungi melalui Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, ibu juga membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc, pesanan ibu akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.