15 October 2018

Turunkan Kolesterol, Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan Seafood

turunkan kolesterol, lakukan 5 hal ini setelah makan seafood

Halodoc, Jakarta – Memiliki kolesterol tinggi dalam tubuh tentunya membuat kamu harus pintar-pintar dalam memilih menu makanan. Jangan sampai salah makan, malah membuat kolesterol kamu semakin tinggi. Salah satu makanan yang tampaknya perlu dihindari pengidap kolesterol adalah seafood. Padahal, makanan yang bersumber dari hewan laut ini memiliki kandungan protein dan juga omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Namun jangan khawatir, kamu bisa lakukan beberapa cara ini agar bisa menikmati makanan laut meskipun memiliki kolesterol.

1. Masak Makanan Laut dengan Benar

Menggoreng makanan laut nyatanya dapat menambah asupan kadar lemak dalam tubuh. Tentu hal ini akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh kamu meningkat. Cara yang paling baik untuk memasak makanan laut adalah dengan dipanggang, direbus, dikukus, atau ditumis. Hindari memasak makanan laut dengan menggunakan minyak sayur atau minyak jelantah. Namun sebaiknya, gunakan minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak canola agar kadar kolesterol kamu tetap terjaga.

2. Lakukan Olahraga

Tidak ada salahnya setelah mengonsumsi makanan seafood dalam jumlah yang banyak, kamu bisa lakukan olahraga. Olahraga adalah salah satu kegiatan yang paling ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kamu. Ada beberapa olahraga yang cocok untuk pengidap kolesterol, seperti olahraga aerobik, berlari, berenang, atau bersepeda. Lakukanlah olahraga secara rutin dengan waktu 30 menit perhari. Dengan begitu, kadar kolesterol yang ada pada tubuh akan menurun sehingga kamu bisa menikmati makanan laut.

3. Minum Air Hangat

Saat mengonsumsi seafood, tentu terbayang jika kita menikmati dinginnya es kelapa atau es jeruk, tapi nyatanya saat kamu makan makanan laut, sebaiknya hindari minum air dingin. Minum air hangat saat kamu mengonsumsi makanan laut dapat membantu untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Air hangat yang kamu konsumsi nyatanya dapat membantu membantu tubuh kamu untuk memudahkan mengeluarkan kolesterol dari makanan laut yang kamu konsumsi. Dengan begitu, hal ini dapat membuat organ tubuh kamu, seperti hati, perut, dan usus tetap sehat serta terjaga dari kerusakan.

4. Konsumsi Buah dan Sayur Setelah Mengonsumsi Seafood

Setelah mengonsumsi makanan laut sebagai menu utama, jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan serat dalam tubuh tetap terpenuhi. Buah-buahan mengandung serat yang larut dalam air. Hal ini dapat mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Selain mengandung serat, buah-buahan juga mengandung senyawa kimia yang dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Beberapa buah yang bisa kamu nikmati setelah mengonsumsi seafood adalah apel, pir, stroberi, blueberry, anggur, papaya, jeruk, bahkan jambu biji.

5. Jangan Langsung Berbaring

Setelah mengonsumsi makanan laut, sebaiknya berikan waktu jeda 3 jam jika kamu ingin beristirahat atau tidur. Jika kamu langsung tertidur atau beristirahat setelah mengonsumsi makanan laut, maka energi dari makanan yang kamu konsumsi akan berubah menjadi lemak dalam tubuh. Hal ini bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh kembali meningkat. Tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan santai sesudah mengonsumsi makanan laut.

Selain itu, perhatikan porsi makan makanan laut kamu. Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik, sebaiknya bijaklah saat akan mengonsumsi sesuatu. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan kamu, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: