• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Obat Alami Kolesterol yang Bisa Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Obat Alami Kolesterol yang Bisa Dicoba

Wajib Tahu, Ini Obat Alami Kolesterol yang Bisa Dicoba

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Juni 2022

“Beberapa produk alami telah diteliti untuk membuktikkan khasiatnya untuk mengurangi kolesterol secara klinis. Misalnya saja biji rami, bawang putih, hingga kacang kedelai.”

Wajib Tahu, Ini Obat Alami Kolesterol yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta – Seseorang bisa berisiko mengalami kolesterol tinggi jika memiliki berat badan berlebih atau kurang berolahraga. Jika sudah terlanjur mengalami kolesterol tinggi, maka langkah pengendalian perlu segera dilakukan. Nah, kabar baiknya terdapat obat alami untuk mengatasi kolesterol yang bisa kamu coba. 

Lantas, apa saja obat alami atasi kolesterol yang dapat dikonsumsi?

Konsumsi Obat Alami Atasi Kolesterol

Beberapa produk alami telah diteliti untuk membuktikkan bahwa mereka dapat dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol secara klinis. Berikut ini obat alami yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi kolesterol:

  1. Biji Rami

Biji rami berasal dari tanaman rami. Baik biji rami dan minyak biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) yang tinggi. Ini adalah asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol. Terutama pada orang dengan kadar kolesterol tinggi dan wanita pascamenopause. 

  1. Suplemen Minyak Ikan dengan Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 juga ditemukan dalam ikan dan minyak ikan. Misalnya ikan salmon, tuna, sarden, dan ikan berlemak lainnya merupakan sumber asam lemak omega-3. 

Para ahli telah lama menemukan bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, nutrisi lain dalam ikan, atau kombinasi nutrisi lainnya dan asam lemak omega-2 juga dapat membantu melindungi jantung. Mengonsumsi satu atau dua porsi ikan berlemak setiap minggu dapat menurunkan peluang terkena serangan jantung.

  1. Beras Ragi Merah

Beras ragi merah merupakan obat tradisional Tiongkok dan juga sering dijadikan bahan masakan. Beberapa produk beras ragi merah mengandung banyak monacolin K. Zat tersebut secara kimiawi memiliki bahan aktif yang ada pada obat penurun kolesterol lovastatin. Produk beras ragi merah yang mengandung zat tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. 

Namun, perlu waspada juga, produk beras ragi merah lainnya mengandung sedikit atau tidak ada monacolin K. Beberapa produk juga mengandung kontaminan yang disebut citrinin. Kontaminan ini dapat menyebabkan gagal ginjal.

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah umbi yang dapat dikonsumsi dan telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan selama ribuan tahun. Bawang putih bisa dimakan mentah atau dimasak. Bahkan kini bawang putih juga tersedia dalam bentuk suplemen (kapsul atau tablet) karena manfaat kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

  1. Jahe

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Kamu bisa menambahkan jahe ke dalam makanan atau meminumnya sebagai suplemen atau bubuk. 

  1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai dan produk olahan dari kacang kedelai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL. Misalnya tahu, susu kedelai, tempe, dan kacang kedelai kukus, merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik. Dengan mengonsumsinya, maka bisa jadi pengganti makanan berlemak seperti daging sapi. Dengan begitu kolesterol secara keseluruhan dalam makanan dapat berkurang. 

Itulah obat alami untuk mengatasi kolesterol yang bisa dicoba. Namun, kamu perlu mengetahui seberapa banyak yang perlu dikonsumsi agar dapat mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa bertanya pada dokter di Halodoc sebelum mengonsumsi obat alami di atas atau pertanyaan lainnya seputar kolesterol. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Natural Remedies Cholesterol
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Natural Cholesterol Reducers