Wajib Tahu, Ini Rekomendasi Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Wajib Tahu, Ini Rekomendasi Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Halodoc, Jakarta - Flu bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Penyebabnya biasanya tidak jauh-jauh dari kelelahan dan cuaca yang seringnya tidak menentu. Penyakit yang terbilang musiman ini memang tidak termasuk penyakit yang membahayakan. Namun, tetap saja membutuhkan pengobatan. Sayangnya, tidak semua obat bisa dikonsumsi. 

Terlebih untuk ibu hamil dan menyusui. Pasalnya, obat yang dikonsumsi juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang sang buah hati. Ibu menyusui boleh minum obat flu kalau sedang terserang penyakit akibat infeksi virus satu ini. Meski begitu, konsumsinya harus hati-hati, terutama jika ibu memilih obat yang dijual bebas di apotek dan membelinya tanpa menggunakan resep dokter. 

Pilihan Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Salah memilih obat flu dapat membuat gejala flu yang ibu alami semakin buruk, bukannya membaik dan sembuh. Oleh karena itu, ibu disarankan untuk memilih obat flu yang hanya memiliki satu bahan aktif untuk mengobati satu gejala. Pasalnya, sebagian besar obat flu dibuat dengan kombinasi beberapa zat aktif, dan ini yang perlu diperhatikan. Ada beberapa kandungan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika ibu sedang menyusui. 

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Nah, berikut ini rekomendasi obat flu untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi:

  • Dextromethorphan

Flu biasanya identik dengan batuk. Untuk meredakan batuk yang membuat tenggorokan selalu terasa gatal, ibu bisa mengonsumsi obat dengan kandungan dextromethorphan. Kandungan ini bekerja secara aktif dengan mengurangi keinginan ibu untuk terbatuk. Obat flu ini dinyatakan aman untuk ibu menyusui. Namun, tidak dianjurkan dikonsumsi kalau ibu memiliki riwayat asma, bronkitis, dan mengidap atau memiliki riwayat diabetes. Pasalnya, mengonsumsinya akan membuat penyakit tersebut semakin buruk. 

  • Dekongestan

Selain batuk, flu biasanya membuat ibu pilek dan hidung menjadi tersumbat. Nah, untuk mengatasinya, obat dekongestan adalah pilihan yang tepat. Para ahli telah mengatakan bahwa obat dekongestan termasuk aman dikonsumsi untuk ibu hamil, meski terdapat kandungan pseudoephedrin atau phenylephrine. Namun, pastikan ibu tidak mengonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan dalam dosis yang berlebihan. 

Baca juga: Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Awal Flu

  • Ibuprofen

Obat flu untuk ibu menyusui yang aman selanjutnya adalah ibuprofen. Obat ini efektif untuk meredakan sakit kepala dan demam. Obat ini juga efektif untuk meredakan pilek yang terjadi karena infeksi pada sinus. Namun, kalau ibu punya riwayat penyakit maag, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter sebelum mengonsumsinya, ya. Ibu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter yang ada di aplikasi Halodoc

  • Paracetamol

Kalau tidak ada ibuprofen, ibu bisa menggunakan paracetamol sebagai obat flu alternatif. Fungsinya tidak jauh berbeda, yaitu untuk menurunkan demam sekaligus meredakan nyeri yang mungkin terasa di sekujur tubuh. Namun, kalau ibu mengonsumsi obat lainnya, pastikan tidak ada kandungan paracetamolnya karena bisa menggandakan dosisnya dan ini tidak dianjurkan. 

  • Antihistamin

Gejala flu mungkin bisa terjadi karena reaksi alergi pada tubuh. Kalau memang demikian, ibu memerlukan obat flu yang memiliki kandungan antihistamin. Sayangnya, tidak sedikit obat alergi yang memiliki efek samping mengantuk dan beberapa disinyalir berpengaruh terhadap produksi ASI. Namun, ibu bisa memilih obat antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk kok. Supaya lebih jelas, langsung tanyakan saja pada dokter, ya!

Baca juga: Ketahui 6 Bahan Alami untuk Meredakan Flu

Referensi: 
BabyCenter. Diakses pada 2019. Is It Safe for A Breastfeeding Mom to Take Cold Medicine? 
NHS. Diakses pada 2019. Can I Take Cough and Cold Remedies while I’m Breastfeeding?
Healthline. Diakses pada 2019. Is It Safe to Take Cold Medicine while Breast-Feeding?