Waspada Hepatitis, Ketahui Cara Penularannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Waspada Hepatitis, Ketahui Cara Penularannya

Halodoc, Jakarta - Hepatitis adalah salah satu penyakit yang pengidapnya meningkat setiap tahun. Dari total orang yang terserang penyakit ini, angka kematiannya semakin meningkat. Gangguan ini menyebabkan organ hati kamu meradang, sehingga menyebabkan jaringan parut hingga kanker hati.

Hepatitis yang terjadi terbagi menjadi 5 tipe, yaitu tipe A, B, C, D, dan E. Gangguan ini terbilang menjadi salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Hal tersebut karena penularan dari penyakit ini yang dapat disebabkan oleh kebiasaan yang buruk. Berikut beberapa cara penularan dari hepatitis!

Baca juga: Fakta Tentang Penyakit Hepatitis

Cara Hepatitis Menular ke Tubuh Kamu

Hepatitis adalah terjadinya peradangan pada organ hati. Gangguan ini dapat sembuh dengan sendirinya dan mungkin saja berkembang menjadi fibrosis, sirosis, hingga kanker hati. Banyak hal yang menyebabkan gangguan ini. Salah satu yang paling umum adalah masuknya virus hepatitis ke tubuh.

Walau begitu, banyak kebiasaan lainnya yang dapat menyebabkan seseorang mengalami hepatitis. Karena hal tersebut dapat menyebabkan seseorang kehilangan nyawa, kamu harus tahu cara penularan gangguan ini agar dapat menghindarinya. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami hepatitis, yaitu:

  1. Mengidap HIV

Seseorang yang mengidap penyakit tersebut berisiko terhadap hepatitis. Pasalnya, pengidap HIV akan mengalami penurunan sistem imun tubuh. Akibatnya, jika menerima transfusi darah yang terkontaminasi dan melakukan seksual tanpa kondom, dapat meningkatkan kemungkinan mengalami penyakit tersebut. Penyebab utama dari hal ini adalah terpapar cairan tubuh dari pengidap penyakit tersebut.

  1. Berbagi Jarum

Seseorang yang berbagi jarum, baik itu untuk menyuntik narkoba atau tato berisiko mengalami hepatitis. Jarum yang tidak steril mempunyai kemungkinan telah terpapar oleh virus yang menyebabkan peradangan hati tersebut.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait penyakit hepatitis, dokter dari Halodoc dapat membantu kamu untuk mengidentifikasinya. Kamu juga dapat memesan pemeriksaan di rumah sakit secara online di rumah sakit. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu untuk kemudahan akses kesehatan.

Baca juga: 10 Tanda Hepatitis yang Tidak Boleh Diabaikan

  1. Hubungan Seks Tanpa Kondom

Seseorang yang gemar berganti-ganti pasangan seksual tanpa menggunakan kondom memiliki risiko tersendiri terhadap hepatitis. Hubungan seks yang dimaksud termasuk vaginal, anal, dan oral. Oleh karena itu, selalu gunakan pengaman ketika berhubungan intim sebagai langkah pencegahan.

  1. Konsumsi Alkohol

Seseorang yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat terserang hepatitis. Hal tersebut disebabkan oleh hati yang membengkak, karena cairan alkohol yang berlebih masuk ke tubuh sehingga menyebabkan radang. Lama-kelamaan, hati kamu akan mengalami jaringan parut yang mengalami gangguan untuk berfungsi secara normal.

  1. Gangguan Autoimun

Kamu juga mungkin mengalami hepatitis yang disebabkan oleh terganggunya sistem imun, sehingga dapat menyerang organ tubuh sendiri. Hal tersebut menyebabkan fungsi hati kamu terhambat. Pada akhirnya, hati kamu akan mengalami peradangan yang kronis dan menyebabkan hal yang serius, hingga kematian.

Baca juga: A, B, C, D, atau E, Jenis Hepatitis yang Paling Parah?

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami hepatitis. Setelah mengetahui poin-poin tersebut, kamu dapat mencegah gangguan tersebut agar menyerang tubuh kamu. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mencegah hepatitis terjadi, dibandingkan mengobatinya ketika kamu telah mengalaminya.

Referensi:
WHO.Diakses pada 2019.What is hepatitis?
Hepatitis.va.gov .Diakses pada 2019.Viral Hepatitis and Liver Disease