• Home
  • /
  • Waspada, Ini Jenis-Jenis Penyakit Jantung di Usia Muda

Waspada, Ini Jenis-Jenis Penyakit Jantung di Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Waspada, Ini Jenis-Jenis Penyakit Jantung di Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Penyakit jantung memang lebih familiar sebagai penyakit yang dialami orang yang sudah berusia tua. Sejauh ini, sebagian besar kasus penyakit jantung lebih banyak dialami oleh orang yang telah menginjak usia lanjut. Namun, semakin berkembangnya zaman, penyakit jantung semakin banyak dialami oleh mereka yang berusia muda.

Menurut Hackensack Meridian Health, gaya hidup menjadi penyebab paling umum dari penyakit jantung di usia muda. Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, penyalahgunaan zat, konsumsi makanan tidak sehat yang dibarengi dengan kurangnya aktivitas fisik adalah sejumlah faktor yang mengembangkan penyakit jantung di usia muda.

Baca Juga: Kebiasaan yang Sebabkan Serangan Jantung di Usia Muda

Penyakit Jantung yang Rentan Menyerang di Usia Muda

Berikut ini jenis penyakit jantung yang rentan menyerang di usia muda, seperti:

  1. Tekanan Darah Tinggi

Kamu mungkin tidak asing dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang normal tergantung pada jenis kelamin, umur dan tinggi badan. Kalau dikutip dari Medscape, tekanan darah sistolik pada bayi dan balita normalnya sekitar 80-110, usia anak-anak sekitar 85-120, sedangkan pada usia remaja sekitar 95-140.

Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika tekanan darah mendekati batas atas atau lebih tinggi dari batas normal tersebut setelah tiga kali pengukuran dalam waktu yang berbeda. Perlu diketahui bahwa hipertensi di usia muda cenderung sulit dideteksi karena sering tidak menimbulkan gejala. Namun, kondisi ini menyebabkan mimisan, sakit kepala, serta penurunan kemampuan akademis.

  1. Penyakit Jantung Koroner

Pernah mendengar tentang hiperkolesterolemia? Kamu mungkin masih awam dengan istilah ini. Nah, bagaimana dengan kondisi kolesterol tinggi? Pasti kamu lebih paham, ya. Hiperkolesterolemia ditandai dengan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah merupakan awal dari perkembangan penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Milenial Rentan Alami Kanker Usus Besar, Ini Alasannya

Melansir dari Harvard Health Publishing, merokok dan memiliki kadar kolesterol HDL yang rendah berisiko alami penyakit jantung. Artinya, penyakit jantung mungkin terjadi apabila remaja mengalami obesitas, terdapat riwayat penyakit jantung pada orangtuanya, tekanan darah di atas normal dari anak seusianya, merokok maupun terpapar asap rokok, dan memiliki penyakit diabetes.

  1. Aterosklerosis

Tekanan darah tinggi dan tingginya jumlah kolesterol jahat dalam tubuh ternyata dapat memicu aterosklerosis. Aterosklerosis adalah penyempitan dan penebalan arteri akibat penumpukan plak pada dinding arteri. Penumpukan plak tersebut terjadi saat lapisan sel pada dinding dalam arteri (endothelium) yang bertugas menjaga kelancaran aliran darah mengalami kerusakan.

Dilansir dari Mayo Clinic, gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, konsumsi makanan tidak sehat dan tidak berolahraga meningkatkan risiko terjadinya aterosklerosis.

Baca juga: Anak Muda Rentan Alami Gangguan Kesehatan Mental

Jadi, meskipun penyakit jantung lebih sering diidap oleh orang lanjut usia, bukan berarti orang yang lebih muda tidak mungkin mengalaminya.

Semuanya mungkin terjadi apabila tidak menerapkan gaya hidup yang sehat. Kalau kamu ingin tahu kiat seputar pencegahan penyakit jantung, kamu dapat berbicara langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc kapan saja dan di mana saja.

Referensi :

Hackensack Meridian Health. Diakses pada 2020. What Causes a Heart Attack at a Young Age?
Medscape. Diakses pada 2020. Normal Vital Signs
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. High Cholesterol (Hypercholesterolemia)
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Arteriosclerosis / atherosclerosis.