11 July 2018

Waspada Munculnya Varises Vagina pada Ibu Hamil

munculnya varises vagina, apa itu varises vagina, varises vagina pada ibu hamil

 

Halodoc, Jakarta – Ibu hamil memang perlu menjaga kondisi kesehatan fisik dengan lebih cermat. Pasalnya, akan ada banyak gangguan kesehatan yang rentan menyerang ibu hamil, seperti misalnya varises. Kondisi ini memang sering sekali terjadi pada wanita, tetapi risikonya akan meningkat saat masa kehamilan. Tidak hanya pada kaki, varises ternyata juga bisa muncul pada organ kewanitaan selama kehamilan. Mengapa demikian?

Varises vagina umumnya akan dialami oleh ibu hamil saat usia kehamilannya menginjak trimester ketiga. Pada kondisi ini, ibu akan mengalami tekanan pada Miss V yang menimbulkan rasa tidak nyaman mulai dari bagian panggul hingga menuju organ kewanitaan.

Gangguan kesehatan ini terjadi tanpa adanya gejala khusus, sehingga ibu tidak bisa mendeteksi kehadirannya sendiri. Biasanya, vagina varises baru diketahui keberadaannya saat ibu memeriksakan kehamilan. Namun, apabila ibu merasakan munculnya tekanan dan rasa tidak nyaman pada bagian Miss V yang disertai dengan pembengkakan, berarti ibu telah mengalami varises vagina.

Membengkaknya Miss V dipicu oleh terjadinya pelebaran pembuluh darah pada bagian paha hingga bibir Miss V. Kondisi ini akan semakin terasa apabila ibu sedang berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama.

Penyebab Munculnya Varises Vagina

Munculnya varises vagina pada ibu hamil bisa disebabkan karena berbagai faktor, seperti berikut ini:

Janin yang Semakin Berkembang

Memasuki trimester ketiga kehamilan, janin di dalam rahim akan semakin berkembang dan membesar. Kondisi ini membuat pembuluh darah pada tubuh bagian bawah mengalami pelebaran. Risiko terjadinya varises vagina akan semakin meningkat dengan meningkatnya volume darah pada tubuh bagian bawah, tetapi aliran darahnya mengalami penurunan kecepatan.

Baca juga: Demi Kaki Mulus, Ikuti 6 Cara Cegah Varises

Terlalu Banyak Duduk

Ketika hamil, ibu harus sering berolahraga agar otot tubuh tidak kaku. Berjalan-jalan setiap pagi atau sore hari sangat dianjurkan, tetapi ibu juga bisa mengikuti kelas senam hamil atau olahraga yang menunjang kesehatan kehamilan lainnya. Hindari terlalu banyak duduk, karena kurang bergerak akan membuat otot yang berada di area pembuluh vena pada vagina tidak mampu memompa darah dengan maksimal.

Tingginya Paritas

Munculnya varises vagina juga bisa disebabkan karena tingginya paritas atau sering melahirkan. Mengapa demikian? Ibu yang sering melahirkan akan membuat otot panggulnya melemah. Kondisi ini mengakibatkan pembuluh darah vena pada bagian tersebut mengalami pelebaran.

Memakai Sepatu Hak Tinggi

Kenaikan berat badan saat hamil akan membuat penurunan keseimbangan. Oleh karena itu, ibu hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu hak tinggi saat beraktivitas, karena ibu bisa terjatuh dan akan membahayakan kondisi janin di dalam kandungan. Tidak hanya itu, sering memakai sepatu hak tinggi juga bisa mengakibatkan ibu mengalami varises pada kaki hingga Miss V.

Bagaimana Mencegah dan Mengatasi Varises Vagina?

Dari sisi medis, mendeteksi adanya varises vagina dilakukan dengan serangkaian tes fisik yang dilanjutkan dengan pemeriksaan dengan USG, MRI, hingga CT scan. Meski begitu, ibu bisa mencegah dan mengatasi munculnya varises vagina sejak dini, dengan cara berikut:

Sering Bergerak

Jangan terlalu lama duduk atau berdiri, karena kondisi ini menyebabkan aliran darah pada tubuh bagian bawah menjadi tidak lancar. Berdirilah selama lima menit jika ibu sudah terlalu lama duduk, dan duduklah sebentar apabila ibu sudah berdiri cukup lama. Jangan lupa rutin berolahraga supaya aliran darah tetap lancar.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Varises Saat Hamil

Menyangga Kaki atau Panggul dengan Bantal Saat Beristirahat

Menjaga aliran darah tetap lancar selama kehamilan adalah penting untuk ibu hamil demi mencegah munculnya varises vagina. Caranya tidak sulit, kok. Ibu cukup mengangkat atau menyangga kaki atau panggul dengan bantal saat berbaring, sehingga posisinya lebih tinggi dari tubuh bagian atas. Cara ini bisa membuat aliran darah pada kaki lebih lancar.

Hindari Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Menggunakan sepatu yang nyaman—tidak terlalu pas di telapak kaki—juga membantu memperlancar peredaran darah. Sepatu tanpa hak atau flat shoes juga akan membuat ibu terhindar dari risiko terjatuh. Ibu pun akan lebih nyaman saat beraktivitas.

 

Demikian tadi informasi singkat mengenai varises vagina pada ibu hamil yang perlu diwaspadai. Selalu waspada saat ibu mengalami berbagai perubahan pada tubuh. Ada baiknya jika ibu bertanya pada dokter untuk mendapatkan penjelasan yang lebih tepercaya. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc yang telah ibu download terlebih dahulu di ponsel ibu. selain bertanya pada dokter, aplikasi Halodoc juga bisa ibu gunakan untuk membeli berbagai obat tanpa perlu keluar rumah.