Demi Kaki Mulus, Ikuti 6 Cara Cegah Varises

Demi Kaki Mulus, Ikuti 6 Cara Cegah Varises
KECANTIKAN 14 March 2018

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan wanita mendambakan kaki yang halus dan mulus. Tapi kenyataannya, para wanita justru lebih sering mengalami masalah pada kaki, salah satunya adalah varises. Munculnya tonjolan pembuluh darah berwarna kebiruan di bagian betis ini enggak hanya akan mengurangi keindahan penampilan, tapi juga membuat kamu jadi enggak nyaman saat berjalan.

Penyebab Terjadinya Varises

Varises adalah kondisi dimana pembuluh darah vena membengkak atau melebar akibat  penumpukan darah. Jadi, pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena, terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah untuk menjaga agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Jika katup vena ini melemah atau rusak, maka darah yang sudah keluar akan balik lagi dan menyebabkan penumpukan darah, sehingga terjadi varises.

Cara Mencegah Varises

Varises bisa terjadi di semua pembuluh vena pada tubuh, tapi kondisi ini paling sering terjadi di kaki, terutama bagian betis. Ini karena kaki sering mendapat tekanan yang besar saat berdiri atau berjalan. Ada beberapa faktor yang memengaruhi pembentukan varises, yaitu jenis kelamin, usia tua, obesitas kehamilan dan keturunan. Gaya hidup yang tidak sehat pun juga disebut-sebut bisa memicu terbentuknya varises.  Jadi, dibutuhkan perubahan gaya hidup untuk bisa mencegah varises terjadi. Berikut 6 cara mencegah varises:

  1. Bergerak Aktif

Agar varises tidak muncul, kamu perlu banyak bergerak. Dengan bergerak secara aktif, kamu bisa mencegah darah mengumpul di pembuluh yang bisa menyebabkan varises. Kamu juga dianjurkan untuk berolahraga secara teratur agar sirkluasi darah dapat mengalir dengan lancar. Saat berolahraga, ototmu akan aktif berkontraksi dan membantu mendorong darah melewati pembuluh sehingga kembali ke jantung.

  1. Cukupi Kebutuhan Vitamin C dan Protein

Pastikan kamu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C dan protein dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Kedua nutrisi tersebut merupakan komponen penting dari kolagen, yang dapat mencegah varises muncul.

  1. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan varises adalah obesitas. Berat badan yang berlebihan membuat kaki harus bekerja keras untuk menahan tekanan yang sangat besar. Akibatnya, kaki tidak mampu lagi memompa darah kembali ke jantung, sehingga akhirnya muncullah varises. Jadi, kamu disarankan untuk menjaga berat bada tetap idela dengan membatasi konsumsi makanan berlemak, perbanyak mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga.

  1. Jangan Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Terlalu lama duduk atau berdiri akan menyulitkan pembuluh darah untuk memompa darah kembali ke jantung dengan efisien. Makanya, penting untuk meregangkan kaki dan berjalan setiap setengah jam, terutama jika pekerjaan mengharuskanmu duduk selama berjam-jam. Sebaliknya, jika kamu merasa sudah terlalu lama berdiri, beristirahatlah sebentar dan duduk dengan kaki terangkat ka atas selama beberapa menit.

  1. Gerakan Kaki

Kuatkan otot kaki dengan cara menekuk dan menggerakkannya naik turun agar peredaran darah menjadi lancar. Goyangkan kaki selama lima menit kalau kamu sedang duduk bekerja.

  1. Pijat Kaki dengan Minyak Esensial

Cara lainnya untuk mencegah varises adalah memijat kaki dengan menggunakan minyak esensial. Minyak esensial sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah sekaligus meredakan peradangan. Minyak esensial yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah varises adalah minyak esensial cypress, yang diperoleh dari sejenis pohon cemara. Caranya, oleskan lima tetes minyak esensial cypress di betis setelah pulang beraktivitas. Pijat kaki dari ujung kaki mengarah ke atas.

Kalau varises sudah terlanjur muncul dan membuat kamu merasa tidak nyaman bahkan menimbulkan komplikasi, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menyampaikan masalah kesehatan yang kamu alami dan minta rekomendasi obat dari dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Sebagian besar kasus cacar air yang parah terjadi pada orang dewasa. Lalu, bagaimana sih cara merawat wajah se...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tidak hanya untuk kecantikan kulit, air beras juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja sebenarnya manfaat air...

Selengkapnya