16 December 2018

Waspada Musim Hujan, Flu Bisa Menyebabkan Trombosit Turun

Waspada Musim Hujan, Flu Bisa Menyebabkan Trombosit Turun

Halodoc, Jakarta – Trombosit adalah sel-sel darah kecil yang membantu tubuh membentuk gumpalan untuk menghentikan pendarahan. Jika salah satu pembuluh darah rusak, ia mengirimkan sinyal yang diambil oleh trombosit. Trombosit kemudian bergegas ke lokasi kerusakan dan membentuk sumbat atau menggumpal, untuk memperbaiki kerusakan.

150.000 hingga 400.000 trombosit per mikroliter (mcL) adalah kadar trombosit normal. Ketika tubuh tidak memiliki trombosit yang cukup itu disebut trombositopenia. Gejalanya termasuk mudah memar dan sering terjadi pendarahan dari gusi, hidung, ataupun saluran pencernaan. Jumlah trombosit mengalami penurunan ketika sesuatu mencegah tubuhmu memproduksi trombosit dan ternyata flu termasuk salah satunya.

Keberadaan trombosit ternyata dapat memainkan peran penting selama infeksi virus influenza. Infeksi virus dapat mengganggu aktivasi trombosit dan mengubah fungsinya. Hal itu sebagai respons terhadap paparan virus, di mana trombosit membentuk respons imun yang salah satunya berdampak pada penurunan volume trombosit.

Selain pemberian vaksin influenza untuk mencegah flu sebagai salah satu bentuk penanganan, perlu untuk menjaga kesehatan dan stamina melalui konsumsi vitamin dan makanan sehat. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Penyebaran flu bisa dapat dengan cepat terjadi bila tidak hati-hati menjaga diri. Apalagi kalau sampai menyebabkan trombosit turun.

Ada beberapa risiko yang bisa terjadi bila mengalami penurunan trombosit, yaitu:

  1. Tubuh menjadi lemah

  2. Terjadi pendarahan berat

  3. Darah di kotoran dan mengalami muntah darah

  4. Perdarahan internal

Penyebab trombosit turun tentunya tidak hanya karena virus influenza. Umumnya, leukemia dan anemia jadi dua hal utama yang sering dianggap sebagai sumber masalah, padahal flu juga bisa jadi penyebabnya. Untuk itu ada baiknya untuk mencegah flu, kamu memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan suplemen. Konsumsilah makanan dengan sayuran dan protein hewani. Kurangi makanan yang berminyak karena seringnya bisa menyebabkan radang. Kamu juga bisa menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup. Jangan tidur terlalu larut yang dapat melemahkan sistem imun tubuh.

  • Menggunakan Masker Wajah

Kalau lingkunganmu sudah banyak yang terkena flu, maka ada baiknya kamu mewaspadai penularan. Beberapa cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan masker wajah, tidak menggunakan peralatan makan bergantian dengan pengidap flu, serta mengonsumsi vitamin.

  • Mengenakan Pakaian Hangat

Kalau sudah tahu saat ini intensitas datangnya hujan sedang sering-seringnya, maka ada baiknya kamu mulai melengkapi diri dengan menggunakan pakaian hangat, supaya senantiasa terlindungi. Hindari juga mengonsumsi minuman dingin yang bisa jadi pemicu lain terkena flu.

  • Mengonsumsi Makanan Penambah Darah

Untuk menghindari penurunan trombosit, maka tidak ada salahnya kamu mulai meningkatkan konsumsi makanan yang dapat membuat trombosit normal. Apalagi kalau memang kamu punya darah rendah. Mengonsumsi bubur kacang hijau, jus buah bit yang dicampur dengan apel, serta mengonsumsi daging, bisa jadi cara natural untuk mengembalikan kadar trombosit di angka normal.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak penurunan trombosit dikarenakan flu serta bagaimana pencegahan dan penanganannya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: