26 September 2018

Yang Harus Dilakukan Saat Otot Tiba-Tiba Kram

otot kram, penyebab otot kram, cara mengatasi otot kram

Halodoc, Jakarta – Otot kram terjadi ketika otot tanpa sadar berkontraksi sendiri. Biasanya ketika kamu mengalami kram, kamu akan merasakan benjolan keras di bagian titik nyeri. Sebab,  bagian itu adalah otot yang berkontraksi.

Otot kram bisa terjadi ketika kamu merasa terlalu lelah, tidak melakukan pemanasan yang tepat saat berolahraga, melakukan gerakan yang salah, mengalami dehidrasi, dan kekurangan elektrolit seperti kalium dan magnesium. Masih banyak lagi penyebab otot kram yang mesti kamu perhatikan. Ketika ototmu mengalami kram, ada beberapa hal yang semestinya kamu lakukan supaya kram tidak semakin parah. Berikut cara mengatasi otot kram:

1. Bersikap Tenang dan Sewajarnya

Kebanyakan orang ketika mengalami otot kram akan bersikap panik dan malah sibuk menggerak-gerakkan bagian tubuh yang mengalami kram tersebut. Justru tindakan ini akan membuat ototmu semakin sakit. Bersikaplah tenang dan hentikan aktivitas supaya otot lebih rileks dan kembali ke posisi normal.

2. Meluruskan Tubuh

Tindakan pertama yang semestinya kamu lakukan sebagai cara mengatasi otot kram adalah meluruskan tubuh. Bila kakimu yang mengalami kram, luruskan kaki pada posisi normal. Usahakan merilekskan tubuh dan menormalkan posisi. Biasanya kalau kram tidak terlalu parah, otot yang mengalami kram akan kembali ke kondisi normal dan “menyembuhkan” dirinya sendiri.

3. Stretching

Stretching adalah gerakan ampuh untuk mengembalikan otot yang kram seperti semula. Kamu bisa meregangkan tubuh dan bagian yang kram guna memulihkan kondisi kram ke keadaan normal. Luruskan kaki, tangan, ataupun bagian tubuh yang kram secara perlahan, regangkan otot-ototnya. Untuk permulaan akan terasa sakit, tetapi lama-kelamaan setelah otot kembali ke posisi semula. Lalu, rasa sakit akan mereda dan tinggal nyeri saja akibat kram yang mulai pulih.

4. Jangan Memaksakan Melanjutkan Aktivitas

Pada kondisi tertentu, kram akan pulih dengan cepat, tetapi kalau kram cukup parah maka bisa kumat lagi. Apalagi ketika kamu kembali melanjutkan aktivitas. Hentikan aktivitasmu dan biarkan otot-otot pulih secara maksimal baru mulailah beraktivitas seperti biasa. Memaksakan dirimu untuk tetap beraktivitas hanya akan membuat kondisi kram semakin parah. Bisa-bisa bukan hanya kram saja, tetapi juga bisa mencederai ototmu.

5. Mengompres dengan Handuk Dingin

Terkadang mengompres dengan handuk dingin dapat meredakan sensasi sakit akibat kram yang datang tiba-tiba sehingga juga bisa mengobati otot kram. Kalau kamu tidak bisa menemukan handuk dingin, kamu bisa menggantikannya dengan sesuatu yang dingin yang bisa dengan mudah didapat. Tempelkan pada bagian yang kram selama beberapa menit sembari kamu meluruskan bagian tubuh tersebut senyaman mungkin.

6. Mandi atau Berendam dengan Air Hangat

Kram bisa terjadi karena kamu terlalu lelah ataupun kehilangan konsentrasi dan fokus saat melakukan aktivitas. Akibatnya, tubuh salah bergerak sehingga mengakibatkan salah satu bagian otot mengalami kram. Memberikan sensasi relaksasi pada tubuh dengan cara mandi ataupun berendam air hangat bisa memulihkan otot seperti sediakala. Untuk membuatnya semakin rileks kamu bisa mengaplikasikan minyak zaitun yang dicampur dengan minyak hangat seperti kayu putih, lalu memijatnya perlahan satu jalan ke arah bawah sesuai dengan alur urat dan ototmu.

Mengonsumsi air putih juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi otot kram. Hal ini dikarenakan kondisi dehidrasi juga bisa menjadi penyebab otot kram. Bila kamu masih ingin mengetahui lebih banyak mengenai tindakan yang semestinya dilakukan saat otot tiba-tiba kram, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: