• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Januari 2022
10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

“Mawar tak hanya menjadi bunga simbol romantisme dan cinta. Bunga dengan kelopak dan warna yang begitu indah ini juga banyak dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan wajah. Ketahui apa saja manfaat air mawar untuk kecantikan wajah.”

Halodoc, Jakarta - Air mawar yang disebut juga rose water berasal dari hasil rebusan kelopak bunga mawar. Air dengan aroma yang menyegarkan dan begitu wangi ini memang sudah lama dipakai sebagai salah satu bahan alami perawatan kulit, parfum, bahkan penguat aroma pada beberapa jenis makanan. 

Mulanya, air mawar dipakai oleh masyarakat yang hidup pada abad pertengahan. Masyarakat yang berasal dari kawasan Timur Tengah, terlebih Iran, sering memakai air mawar untuk banyak hal. Contohnya mulai dari kuliner, kecantikan, hingga pengobatan. Adapun jenis bunga mawar yang dipakai adalah Damask atau Rosa damascena. 

Air mawar memiliki kandungan minyak mawar sekitar 10 sampai 15 persen. Sementara itu, mawar jenis Damask punya kandungan minyak yang bisa dikatakan sangat rendah. Minyak mawar yang diekstrak dari jenis mawar satu ini menjadi jenis minyak atsiri dengan harga yang sangat fantastis dan paling mahal di dunia. 

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Lantas, apa saja manfaat air mawar untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit wajah? Berikut beberapa di antaranya: 

  • Membantu Membuat Mata Menjadi Lebih Cerah

Pertama, air mawar bisa membantu membuat kulit wajah lebih cerah, terlebih pada area sekitar mata. Misalnya, ketika mata terlihat bengkak atau menjadi lebih gelap karena tidak cukup istirahat, kamu bisa menggunakan kapas yang telah diberi air mawar untuk mengompres area tersebut selama sekitar lima menit. 

  • Membuat Riasan Tampak Lebih Sempurna

Selanjutnya, air mawar juga membuat membuat riasan tampak lebih sempurna. Contohnya, ketika riasan yang menempel pada wajah telah memudar atau tampak kusam, kamu bisa menyiasatinya dengan menyemprotkan sedikit air mawar. Tips satu ini bisa membuat wajah kamu terlihat segar dan bercahaya, lo!

  • Berguna Sebagai Toner

Manfaat berikutnya adalah sebagai toner wajah. Terutama untuk kamu yang rentan dengan masalah jerawat pada kulit muka. Faktanya, kandungan air mawar banyak dipakai untuk produk kecantikan atau pembersih muka untuk kulit berjerawat karena bisa membantu menghilangkan bakteri. Tak hanya itu, air mawar pun diyakini bisa membantu meredakan kondisi jerawat muka yang meradang. 

  • Membantu Membersihkan Sisa Riasan

Selain membuat riasan jadi lebih sempurna, air mawar ternyata juga bermanfaat untuk membantu membersihkan sisa make-up. Jangan salah, produk satu ini punya efek pembersih yang tak kalah kualitasnya dengan produk serupa yang berasal dari brand terkemuka dan ternama, lo! Bahkan, air mawar bisa dibilang cukup efektif untuk membantu membersihkan sisa riasan waterproof pada area mata dan bibir tanpa mengakibatkan terjadinya iritasi. 

  • Membantu Membersihkan Kulit Wajah

Air mawar yang telah melalui proses pengolahan menjadi minyak esensial, memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengusir efek radikal bebas yang membahayakan untuk kulit. Lebih menariknya lagi, produk tersebut juga dikatakan dapat mencegah penyumbatan pada pori sekaligus membantu membuat kulit bersih dari kotoran, sehingga kulit wajah terlihat selalu segar, sehat, dan cerah. 

  • Membuat Kulit Lebih Terhidrasi

Selain membuat kulit lebih bersih, segar, sehat, dan selalu tampak cerah, air mawar yang telah diolah menjadi minyak esensial juga bagus untuk menjaga pH kulit tetap seimbang. Ini karena minyak tersebut berperan aktif sebagai penghidrasi kulit secara alami. 

  • Membantu Mengurangi Peradangan

Siapa sangka, ternyata minyak air mawar juga memiliki sifat antiinflamasi yang efektif untuk mengatasi kulit yang mengalami iritasi dan peradangan. Ini artinya, manfaat air mawar juga membantu meringankan peradangan pada kulit sekaligus menjaga kulit tetap nyaman. Beberapa tetes minyak esensial ekstrak mawar pada area yang mengalami peradangan bisa meredakan iritasi. 

  • Mengatasi Jerawat

Punya kulit yang sensitif dan sangat rentan berjerawat? Jangan khawatir karena air mawar bisa membantu mengatasi jerawat. Bahkan, manfaat air mawar yang satu ini pun sekaligus membantu menyamarkan noda pada wajah. Tak hanya itu, kandungan antibakteri di dalam air mawar juga efektif membunuh kuman yang memicu munculnya jerawat pada kulit muka. 

  • Membantu Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Kandungan air mawar yang telah melalui proses pengolahan hingga menjadi minyak atsiri juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Kedua sifat tersebut sangat efektif mengatasi kulit kering, kusam, dan mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. 

Menggunakan minyak esensial mawar secara rutin juga bisa membuat wajah terlihat lebih awet muda. Selain itu, memijat wajah menggunakan minyak ini juga efektif untuk mencegah munculnya garis halus dan keriput pada wajah. 

  • Menjaga Kelembapan Kulit pada Area Bawah Mata

Tak sedikit orang mengalami kulit kering pada area bawah mata, apakah kamu juga termasuk salah satunya? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan air mawar untuk mengembalikan sekaligus menjaga kelembapan area tersebut, lo!

Itu tadi 10 manfaat air mawar untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit wajah yang bisa kamu dapatkan. Jika masalah kulit wajah yang kamu alami tak juga membaik, kamu bisa langsung bertanya pada dokter spesialis  kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pakai saja aplikasi Halodoc, tanya dokter lebih mudah dan praktis. Cukup dengan download aplikasi Halodoc di ponselmu. 

Referensi: 
Stylecraze. Diakses pada 2022. Rose Water Benefits – How to Use it for Face and Skin + Side Effects.
Iranian Journal of Basic Medical Sciences. Diakses pada 2022. Pharmacological Effects of Rosa Damascena.