28 June 2018

10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

manfaat air mawar

Halodoc, Jakarta –  Bunga yang menjadi simbol cinta dan romantisme ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi wajah. Makanya enggak heran banyak produk kecantikan yang memanfaatkan bunga ini untuk memanjakan konsumennya. Nah, karena air mawar bukan termasuk produk kecantikan yang cukup populer, yuk simak manfaat air mawar untuk wajah kamu, ya.

1. Membuat Mata Lebih Cerah

Khasiat air mawar bisa membantu kamu untuk mencerahkan kulit wajah, khsususnya di bagian mata. Misalnya, saat mata bengkak atau gelap karena kurang istirahat, coba aplikasikan kapas yang telah diberi air mawar pada daerah mata. Lalu, diamkan kapas tersebut di bagian mata selama kurang lebih lima menit.

2. Menyempurnakan Riasan

Manfaat air lainnya juga bisa membantu untuk menyempurnakan riasan. Misalnya, ketika makeup kamu sudah terlihat kusam, cobalah semprotkan air mawar. Cara ini bisa membuat wajah kembali segar dan bercahaya.

3. Toner

Air mawar juga bisa dimanfaatkan sebagai toner wajah, lo. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki masalah jerawat. Buktinya, kandungan air mawar sering dimanfaatkan oleh berbagai produk kulit berjerawat karena bisa membunuh bakteri. Enggak cuma itu, air mawar juga bisa bermanfaat untuk meredakan ketika jerawat meradang.

Baca juga: Ini Cara Tepat Menyimpan Produk Skincare

4. Pembersih Riasan

Kata ahli, air mawar juga bisa kok digunakan sebagai makeup remover. Jangan salah, produk ini punya efek  membersihkan  yang enggak kalah dari pembersih riasan dari brand-brand ternama. Air mawar cukup efektif untuk membersihkan riasan mata waterproof tanpa menyebabkan iritasi.

5. Membersihkan Kulit

Melansir Bold Sky, air mawar yang telah diolah menjadi minyak esensial mengandung antioksidan yang bisa menyingkirkan radikal bebas pada kulit. Menariknya lagi, produk ini juga bisa mencegah pori-pori tersumbat dan membersihkan kulit dari kotoran. Alhasil, kulit wajah pun akan terlihat lebih sehat dan bercahaya.

6. Menghidrasi Kulit

Manfaat air mawar yang telah diolah menjadi minyak esensial juga baik untuk keseimbangan pH kulit. kata ahli, minyak ini bisa berfungsi sebagai hydrator kulit alami.

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Membantu Kesehatan Kulit

7. Mengurangi Peradangan

Minyak mawar mengandung sifat anti inflamasi untuk mengobati kulit iritasi dan meradang. Dengan begitu, khasiatnya bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan menjaga agar kulit tetap nyaman. Kata ahli, beberapa tetes minyak esensial mawar di daerah yang meradang, bisa membantu mengatasi kulit yang iritiasi.

8. Mengobati Jerawat

Manfaat air mawar juga bisa lho, mengobati jerawat dengan efektif. Menariknya lagi, khasiat air yang satu ini juga bisa menyamarkan noda-noda pada wajah. Selain itu, kandungan antibakteri di dalamnya juga mampu membunuh kuman yang memicu jerawat pada kulit.

9. Mencegah Penuaan Dini

Air mawar yang telah diolah menjadi minyak esensial mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti bakteri yang bisa mencegah penuaan kulit, kusam, dan kering. Rutin menggunakan minyak esensial ini dapat mencegah tanda penuaan seperti bintik-bintik pada muka. Enggak cuma itu, memijat wajah dengan minyak esensial secara teratur juga bisa mencegah munculnya keriput dan garis-garis halus di wajah.

10. Melembabkan Kulit di Bagian Bawah Mata

Enggak sedikit orang yang mengalami kulit kering pada bagian bawah mata. Nah, nutrisi di dalam minyak esensial mawar bisa melembapkan area di bawah mata sekaligus membuatnya tetap terhidrasi.

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Hitam pada Wajah

Punya masalah pada kulit wajah, atau ingin tahu lebih jauh mengenai manfaat air mawar bagi kesehatan kulit wajah? Kamu bisa berdiskusi dengan dokter mengenai masalah di atas  melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!