5 Manfaat Air Mawar untuk Mendukung Kecantikan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Juli 2022

“Manfaat air mawar untuk wajah memang sudah tidak diragukan lagi. Air sari bunga mawar ini efektif untuk menghilangkan jerawat, memberi efek relaksasi, dan bisa digunakan sebagai toner untuk wajah.”

5 Manfaat Air Mawar untuk Mendukung Kecantikan Kulit5 Manfaat Air Mawar untuk Mendukung Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Air mawar telah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai bahan alami dan tradisional untuk menunjang kecantikan kulit, terutama kulit wajah. Air ini diperoleh dari proses penyulingan kelopak bunga mawar hingga menghasilkan cairan yang memiliki aroma dan minyak khas bunga mawar. 

Berbagai Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit

Air mawar memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik, juga kaya akan vitamin A, E, dan C. Semuanya bekerja secara aktif untuk membantu menunjang kecantikan kulit melalui beberapa manfaat berikut:

  1. Sebagai Toner Alami

Manfaat air mawar yang pastinya sudah tidak asing lagi untuk kecantikan yaitu sebagai pembersih wajah atau toner alami. Pemakaiannya bisa menghadirkan efek segar pada kulit. Selain itu, toner air mawar juga banyak digunakan untuk membantu membersihkan sisa kosmetik. 

  1. Membantu Menghilangkan Jerawat

Kandungan zat antiseptik pada air mawar berperan untuk mencegah paparan bakteri yang memang sangat rentan pada pemilik kulit berjerawat. Gunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum memakai kosmetik. Lalu, ulangi pada malam hari sebelum tidur. 

  1. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

Rose hip seed menjadi formula lain yang terkandung pada air mawar. Formula ini dilengkapi dengan vitamin C yang berperan sebagai zat antioksidan. Manfaat air mawar ini berkaitan dengan penurunan risiko munculnya garis halus yang menjadi tanda awal terjadinya penuaan dini. 

  1. Memberikan Efek Relaksasi

Tak hanya menawarkan efek menyegarkan, air mawar juga menghadirkan efek relaksasi pada kulit saat digunakan. Inilah mengapa air bunga ini banyak dipakai sebagai campuran saat berendam air hangat. 

  1. Meredakan Peradangan

Kandungan antiinflamasi pada air mawar membantu meringankan peradangan pada kulit yang terjadi karena jerawat, iritasi, atau permasalahan kulit lainnya. Tak hanya itu, air mawar juga membantu mengendalikan kadar minyak berlebih dan membantu mengangkat sel kulit mati penyebab masalah kulit muka. 

Itu tadi beberapa manfaat air mawar untuk menunjang kecantikan kulit. Apabila kamu mengalami masalah kulit, segera lakukan pemeriksaan dengan buat janji di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc  di Play Store maupun App Store sekarang juga!

Referensi:
Leaf TV. Diakses pada 2022. Can Calendula Benefit Your Skin?
Times of India. Diakses pada 2022. Benefits of rose water.
Healthline. Diakses pada 2022. Rose Water: Benefits and Uses.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan