• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 2 Cara Pilih Nutrisi yang Tepat bagi Pengidap Kanker

2 Cara Pilih Nutrisi yang Tepat bagi Pengidap Kanker

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
2 Cara Pilih Nutrisi yang Tepat bagi Pengidap Kanker

“Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan di masa penyembuhan kanker. Salah satunya adalah asupan nutrisi yang perlu didapatkan oleh tubuh. Penting untuk memastikan semua nutrisi yang dibutuhkan tercukupi agar lebih cepat untuk sembuh.”

Halodoc, Jakarta - Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk dapat melewati masa pengobatan kanker. Di samping mengonsumsi obat dan melakukan pemeriksaan kanker secara rutin, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi setiap hari agar dapat membantu tubuh mengatasi sel-sel abnormal yang menyerang. Namun, apa saja sih nutrisi yang perlu didapatkan setiap hari? Ketahui jawabannya di sini!

Nutrisi yang Penting untuk Didapatkan Pengidap Kanker

Di Indonesia, kanker masih menjadi penyakit mematikan dan fatal yang ditakuti banyak orang. Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), prevalensi tumor/kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan. Angkanya dari 1,4 per 1000 penduduk di tahun 2013 menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018. Cukup mengkhawatirkan bukan?

Baca juga: Makanan yang Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Kanker tidak begitu saja hadir tanpa sebab. Berbagai penelitian mengatakan kalau penyakit ini berkaitan dengan gaya hidup. Pertanyaannya, bagaimana pengidap kanker mempertahankan kondisinya agar tetap sehat?

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi harian. Nutrisi sendiri adalah proses saat makanan diolah dan digunakan oleh tubuh untuk pertumbuhan, menjaga kesehatan tubuh, dan menggantikan jaringan yang rusak.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, nutrisi yang masuk ke tubuh dapat membuat tubuh lebih cepat untuk kembali sehat. Hal ini perlu dilakukan sebelum, selama, hingga setelah pengobatan kanker dilakukan.

Lalu, apa saja nutrisi yang dibutuhkan pada pengidap kanker agar cepat pulih? Berikut penjabarannya:

1. Karbohidrat

Salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi oleh seseorang yang mengidap kanker adalah karbohidrat. Zat ini dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh selama pengobatan kanker dilakukan.

Beberapa sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi pengidap kanker agar kebutuhan karbohidratnya terpenuhi adalah beras merah, gandum utuh, kacang polong, sereal, dan lain-lain.

2. Protein

Nutrisi lainnya yang perlu dipenuhi oleh seseorang yang sedang dalam pengobatan kanker adalah protein. Faktanya, protein mengandung asam amino yang sangat baik untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menjaga sistem imunitas tetap prima. Makanan yang kaya kandungan protein, antara lain daging tanpa lemak, telur, yogurt, dan susu. Semua makanan tersebut sangat baik untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat kanker.

Baca juga: Bagus untuk Otot, Inilah 7 Manfaat Protein yang Perlu Diketahui

3. Vitamin

Semua orang tahu jika vitamin yang tercukupi dapat menjaga tubuh untuk tetap sehat. Nutrisi ini mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, menjaga sistem imun tubuh, hingga memastikan semua organ tubuh tetap berfungsi normal. Kamu bisa mendapatkan vitamin dari buah dan sayur, atau dari suplemen tambahan.

4. Mineral

Seseorang yang sedang dalam pengobatan kanker perlu mencukupi kebutuhan mineral. Faktanya, nutrisi ini mampu membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas. Beberapa asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan mineral, seperti makanan yang kaya kalsium, sayur-sayuran hijau, makanan laut, dan lainnya.

Baca juga: Masuk Usia 40-an, Ini 5 Sumber Protein yang Diperlukan

Setelah memilih makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian, penting juga untuk mengubah cara mengolah makanan. Misalnya, sebelumnya digoreng, dibakar, atau dipanggang, kini cobalah dikukus atau direbus. 

Seperti penjelasan di atas, kamu dapat menambahkan asupan suplemen atau susu untuk memenuhi nutrisi tubuh. Misalnya, dengan mengonsumsi Nestle - Boost Optimum. Susu untuk lansia ini kaya whey protein, berbagai vitamin mulai dari A, D, E, K, C, B1, B2, B3, hingga B12, serta mineral penting, seperti selenium, kalsium, fosfor, hingga zat besi. 

Nestle-Boost Optimum mampu membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Susu ini cocok dikonsumsi bagi kamu yang super sibuk dan cenderung melewatkan makan. 

Hal yang perlu digarisbawahi, setiap dokter memiliki prosedur sendiri dalam mengobati pasien kanker. Oleh sebab itu, diskusikanlah pada dokter sebelum memutuskan pola makan yang tepat bagi pengidap kanker.

Mau tahu lebih jauh untuk memilih nutrisi yang tepat bagi pengidap kanker? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

 
Referensi:
Health Exchange Singapore. Diakses pada 2021. Balanced Diet for Cancer Patients. 
Michigan University. Diakses pada Oktober 2021. The Best Diets for Cancer Patients and Cancer Survivors.
Dharmais. Diakses pada 2021. Kanker : Nutrisi pada Pasien Kanker.