17 February 2018

Makanan yang Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Makanan yang Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Halodoc, Jakarta - Kanker adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan. Karena itu, penyakit kanker menjadi satu jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi sebagian orang. Penerapan pola makan yang salah bisa juga ikut memengaruhi munculnya penyakit kanker. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa makanan yang merupakan faktor risiko yang memengaruhi kanker yang harus dihindari. 3 jenis makanan tersebut antara lain sebagai berikut:

Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol

Makanan yang merupakan faktor risiko penyakit kanker salah satunya adalah makanan yg mengandung alkohol tinggi. Semua orang pasti sudah tahu jika alkohol tidak baik untuk tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi alkohol secara berlebihan, bisa menjadi faktor risiko yang memengaruhi kanker. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan makanan yang mengandung alkohol, seperti cake yang mengandung alkohol atau tape. Selain itu, minuman beralkohol juga sangat disarankan untuk dijauhi.

Makanan dengan Zat Kimia

Saat ini agak sulit untuk menemukan makanan dan minuman yang tidak memiliki kandungan dari zat kimia. Kebanyakan makanan dan minuman yang ada di pasaran paling tidak memiliki satu jenis zat kimia yang terkandung di dalamnya, seperti pewarna buatan, pemanis buatan, hingga zat pengawet. Padahal makanan dengan kandungan zat kimia ini bisa menjadi penyebab kanker serviks. Sebaiknya untuk menghindari terlalu banyaknya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh, kamu bisa memasak sendiri makanan yang ingin dikonsumsi.

Makanan yang Mengandung Banyak Lemak

Makanan berlemak merupakan salah satu jenis makanan pemicu kanker. Orang yang banyak mengonsumsi makanan berlemak lebih berisiko terkena kanker, dibandingkan mereka yang lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Tidak hanya itu, makanan berlemak juga bisa menyebabkan kegemukan. Bila kamu tidak mengimbangi dengan banyak bergerak dan juga banyak berolahraga, maka potensi timbulnya sel kanker akan semakin besar. Sebaiknya mulai sekarang, kurangi atau bahkan jauhi konsumsi makanan berlemak. Sebisa mungkin usahakan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur serta selalu berolahraga paling tidak selama 30 menit setiap hari.

Pemeriksaan pada daerah tubuh tertentu secara rutin. Dengan melakukan hal ini kamu bisa mendeteksi secara dini adanya kanker.

Untuk memastikan kondisi kamu dan menanyakan apa saja makanan lain yang menjadi faktor risiko yang bisa memicu timbulnya kanker, kamu bisa mengandalkan aplikasi kesehatan Halodoc. Di aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih dokter ahli atau spesialis terpercaya yang ingin kamu ajak bicara dengan pilihan berkomunikasi chat, voice call, atau video call melalui menu Contact Doctor. Kamu juga bisa memesan obat atau vitamin melalui aplikasi Halodoc lewat menu Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesananmu ke rumah kamu tidak kurang dari 1 jam. Ayo download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau di Google Play.

Baca juga : 7 Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil