Bagus untuk Otot, Ini 7 Manfaat Protein yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
bagus-untuk-otot-ini-7-manfaat-protein-yang-perlu-diketahui-halodoc

Halodoc, Jakarta - Bagi yang kurang memperhatikan asupan protein harian, rasanya perlu harap-harap cemas. Sebab nutrisi yang ini punya banyak fungsi penting dalam tubuh. Mulai dari membuat antibodi hingga pembentukan otot, sel, dan jaringan tubuh. 

Nah, sudah terbayang bukan apa jadinya bila tubuh kekurangan protein? Pastinya akan timbul sederet keluhan pada tubuh. Pertanyaannya, selain untuk otot, apa lagi sih manfaat protein bagi tubuh? Lalu, dari mana sumber protein bisa diperoleh? 

Baca juga: Inilah 7 Jenis dan Fungsi Protein bagi Tubuh

Bukan Cuma Daging dan Telur

Memang ada beberapa makanan yang banyak mengandung protein. Mulai dari daging, ikan, telur, kacang almond, udang, hingga yogurt. Namun, jangan lupakan peran susu. Susu merupakan sumber protein yang tak kalah baiknya. Contohnya, kamu bisa kok mendapatkan protein dari Nestle-Boost Optimum. 

Nestle-Boost Optimum mengandung sumber protein lengkap. Susu ini mengandung protein Whey, sumber serat pangan, tinggi Vitamin E, B6, dan B12. Selain itu, Nestle-Boost Optimum juga bisa membantu kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tetap aktif sepanjang usia. Selain itu,Boost Optimum juga cocok digunakan untuk mengembalikan produktivitas saat masa pemulihan. Lalu, apa saja sih kandungan di dalam Nestle-Boost Optimum?

  • 50 persen Protein Whey yang kaya akan Leucin untuk mempertahankan kekuatan otot.
  • Vitamin D untuk menjaga kepadatan tulang.
  • Probiotik (Bifidobacterium Longum dan Lactobacillus Paracasei) dan Prebiotik serat pangan (Fructo Oligo Sacarida, Inulin, dan Acacia Gum) untuk membantu menjaga kesehatan saluran cerna.
  • Vitamin E, B6, dan B12 untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Lemak Nabati yang kaya akan MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Rendah Laktosa, tanpa penambahan gluten, dan bebas lemak trans.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk ini, kamu bisa langusng cek ke Website Nestle Health Science Indonesia atau pada kemasan Nestle-Boost Optimum, ya.

Baca juga: Pilihan Makanan Sumber Protein Tinggi

Dari Sistem Imun Hingga Jaringan Tubuh

Memasuki usia pertengahan (45–59 tahun), asupan protein harus lebih diperhatikan. Sebab menurut penelitian di Harvard Medical School, di usia ini orang-orang mulai kehilangan massa otot dan fungsinya.

Apalagi bila sudah memasuki usia pertengahan (45–59 tahun), tubuh mulai kehilangan massa otot dan fungsinya. Awas, kondisi ini bisa berujung pada kelemahan tubuh, lho. 

Nah, untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, jangan ragu untuk mengonsumsi Nestle-Boost Optimum. Susu pengganti makan lansia ini mengandung whey protein dan zat lainnya yang baik bagi tubuh. Lalu, apa saja sih manfaat protein bagi tubuh?

  1. Memproduksi antibodi untuk sistem imun.
  2. Sumber energi tubuh.
  3. Membantu proses pembentukan otot, tulang, kulit, dan darah.
  4. Pembentukan beberapa jenis hormon dan enzim (insulin, secretin, dan lain-lain) penting dalam tubuh.
  5. Membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja, ibu hamil dan janinnya.
  6. Mengangkut sel atau zat-zat penting, seperti hemoglobin yang membawa oksigen.
  7. Memperkuat, memperbaiki, dan mengganti jaringan tubuh.

Baca juga: 4 Manfaat Minum Susu untuk Orang Dewasa

Siapa yang Perlu Mengonsumsinya?

Seperti penjelasan di atas, tak hanya kaya protein saja, Nestle-Boost Optimum juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tetap aktif sepanjang usia. Lantas, kapan atau siapa yang sebaiknya mengonsumsi susu ini?

  • Lanjut usia, Nestle-Boost Optimum tepat dipilih sebagai susu untuk lansia.
  • Tak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.
  • Pasien dalam kondisi pemulihan setelah sakit.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Menjalani diet atau dalam kondisi kurang berat badan.
  • Mereka yang kekurangan zat gizi atau sedang membutuhkan suplementasi nutrisi.
  • Dalam aktivitas atau pekerjaan yang padat dan kecenderungan melewatkan makan.

Nah, jangan ragu untuk mengonsumsi Nestle-Boost Optimum, demi terjaganya kesehatan dan kebugaran tubuh. Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat protein? Atau memiliki keluhan kesehatan? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!