30 January 2019

3 Alasan Pemeriksaan Fisik untuk Sekolah Ikatan Dinas itu Penting

3 alasan pemeriksaan fisik untuk sekolah ikatan dinas itu penting

Halodoc, Jakarta – Sekolah ikatan dinas bisa menjadi pilihan perguruan tinggi bagi orang yang nantinya ingin bekerja di salah satu instansi pemerintah di Indonesia. Saat ini terdapat tujuh kementerian atau lembaga di Tanah Air yang menyediakan sekolah dinas, antara lain Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

Selain biaya pendidikan yang relatif lebih murah, bahkan ada beasiswa penuh, siswa-siswi yang lulus dari sekolah tinggi kedinasan juga berpotensi besar bekerja menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Hal inilah yang membuat sekolah ikatan dinas menjadi pilihan menarik bagi siswa-siswi SMA/SMK tingkat akhir.

Namun, untuk bisa masuk ke sekolah tinggi dinas tersebut, tentu tidak mudah. Kamu perlu melewati sejumlah tes yang ketat terlebih dahulu. Nah, salah satu tesnya adalah tes kesehatan yang sering menjadi penghalang terbesar bagi banyak siswa. Sebenarnya, apa tujuan diadakannya tes kesehatan ini? Dan mengapa pemeriksaan fisik menjadi begitu penting untuk sekolah ikatan dinas? Simak penjelasannya di sini.

Dua Tahapan Pemeriksaan Kesehatan

Dalam seleksi sekolah ikatan dinas, biasanya ada dua tahapan pemeriksaan kesehatan:

1. Tahap Pertama: Tes Bagian Luar Tubuh

Pada tahap pertama, pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan bagian luar tubuh yang meliputi tinggi badan, berat badan, tensi, postur tubuh, mata, THT, gigi dan mulut, kulit, adanya kelainan pada bentuk kaki (X atau O), varises, hingga telapak kaki.

Baca juga: 4 Penyebab Kaki Anak Berbentuk Huruf “O”

2. Tahap Kedua: Tes Bagian dalam Tubuh

Sedangkan pada tahap kedua, khusus pemeriksaan bagian dalam tubuh yang meliputi rontgen, tes urine, dan tes darah.

Tujuan Pemeriksaan Fisik

Adapun pemeriksaan fisik ini diadakan bagi para siswa yang ingin

1. Untuk Menyeleksi Calon Siswa yang Punya Penyakit Serius

Baik pemeriksaan fisik maupun dalam tubuh, semuanya berguna untuk mendeteksi adanya penyakit serius yang dimiliki calon siswa. Dari segi fisik, kondisi kesehatan serius yang tidak diperbolehkan untuk masuk ke sekolah ikatan dinas, antara lain mata juling, mata dengan pterigium yang berat, buta warna, polip hidung, infeksi kronik pada telinga bagian tengah, hiperplasia gigi yang berat, varises berat, scoliosis, hernia inguinalis, tumor, dan kista. Sementara kondisi kesehatan tubuh bagian dalam yang tidak diperbolehkan adalah kelainan jantung, leukimia, HIV/AIDS, penyakit ginjal kolesterol, asam urat yang tinggi, serta kencing manis.

2. Untuk Menyeleksi Calon Siswa dengan Gaya Hidup Tidak Sehat

Dengan dilakukannya tes urine dan tes darah, dapat diketahui calon siswa yang memiliki gaya hidup yang buruk, seperti suka minum-minuman keras, merokok, atau bahkan menggunakan obat-obatan terlarang.

3. Agar Dapat Melayani Negara dengan Sebaik Mungkin

Lulusan sekolah tinggi kedinasan nantinya akan bekerja di salah satu departemen pemerintahan untuk melayani negara dan juga masyarakat. Itulah sebabnya mereka dituntut untuk memiliki fisik yang sehat dan juga sempurna agar nantinya mereka bisa melayani negara dengan sebaik-baiknya.

Tips Lolos Pemeriksaan Fisik Sekolah Ikatan Dinas

Bagi kamu yang berminat masuk sekolah ikatan dinas, berikut tips agar kamu dapat lolos pemeriksaan fisik:

  • Agar bisa lolos tes darah, kamu dianjurkan untuk minum air putih yang banyak serta mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang bagus untuk membersihkan darah (detoksifikasi).

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

  • Agar bisa lolos tes tekanan darah, kamu sebaiknya beristirahat yang cukup, hindari begadang, dan rutin berolahraga.

  • Agar lolos tes urine, minumlah air putih yang banyak dan hindari konsumsi alkohol. Kamu juga sebaiknya tidak meminum obat-obatan atau suplemen maksimal 4 hari sebelum jadwal tes kesehatan.

Baca juga: 6 Warna Urine Jadi Tanda Kesehatan

Nah, jadi kamu sudah tahu kan bahwa pemeriksaan fisik untuk sekolah ikatan dinas itu penting. Buat kamu yang ingin melakukan tes kolesterol atau tes gula darah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Caranya praktis banget, tinggal pilih fitur Lab Service, dan petugas lab akan datang ke rumahmu untuk memeriksa kesehatanmu. Jangan lupa download Halodoc juga ya di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan kamu.