28 November 2018

3 Cara Alami Sembuhkan Gondok

3 cara alami sembuhkan gondok

Halodoc, Jakarta – Penyakit gondok tentunya sudah tidak asing lagi didengar oleh sebagian masyarakat. Perlu diketahui bahwa penyakit gondok berbeda dengan penyakit gondongan. Jika gondongan disebabkan oleh adanya infeksi virus yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar liur, sedangkan gondok adalah kondisi pembengkakan yang terjadi pada bagian kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid adalah bagian tubuh yang memiliki fungsi penting untuk memproduksi hormon tiroid yang berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi, membuat protein, serta mengatur fungsi otak dan saraf.

Penyakit gondok bukan tumor atau kanker yang perlu dikhawatirkan. Gondok merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada pria maupun wanita dewasa. Pengidap gondok memiliki ukuran pembengkakan kelenjar tiroid yang berbeda. Terkadang, pembengkakan pada kelenjar tiroid menimbulkan kesulitan bernapas, kesulitan ketika menelan sesuatu, dan batuk.

Kekurangan yodium bisa menjadi pemicu penyakit gondok. Yodium penting untuk kesehatan kelenjar tiroid agar dapat memproduksi hormon tiroid. Tidak hanya itu, peradangan pada kelenjar tiroid juga meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit gondok. Tiroiditis adalah peradangan yang dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Gondok bisa menjadi salah satu ciri dari penyakit serius seperti kanker tiroid. Kondisi pada kanker tiroid menyebabkan pembengkakan pada salah satu sisi kelenjar tiroid.

Pengobatan pada penyakit gondok tergantung pada gejala yang dirasakan dan penyebab dari penyakit gondok. Biasanya, ketika gondok masih kecil dan tidak mengganggu kamu bisa mengobati gondok dengan pengobatan secara alami. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati gondok, di antaranya:

1. Konsumsi Cukup Yodium

Pada penyakit gondok yang disebabkan oleh kekurangan yodium, sebaiknya mulai konsumsi makanan yang mengandung yodium tinggi. Cara ini bisa kamu gunakan untuk memperkecil gondok atau pembengkakan pada kelenjar tiroid. Langkah ini juga dapat mencegah penyakit gondok. Sebaiknya konsumsi cukup garam beryodium yaitu garam meja. Garam meja merupakan salah satu garam yang mengandung yodium dan berbeda dengan garam laut. Tetap perhatikan asupan garam yang kamu konsumsi agar tidak menjadi penyakit lain dalam tubuh. Tidak hanya dari garam beryodium, kamu bisa mendapatkan asupan yodium dari berbagai makanan yang mengandung yodium seperti ikan atau kerang, susu, keju, yoghurt, dan sayuran.

2. Gunakan Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi obat alami yang digunakan untuk mengobati penyakit gondok. Bawang putih memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh pengidap penyakit gondok seperti zat antibakteri, antivirus, dan antijamur sehingga bawang putih dapat dijadikan antibiotik. Penggunaan bawang putih sebagai obat untuk gondok tidak sulit, yaitu kamu cukup mengunyah bawah putih sebanyak 3 hingga 4 siung dalam satu hari.

3. Mengonsumsi Buah-buahan

Penyakit gondok dapat disembuhkan dengan rutin konsumsi buah yang memiliki kandungan untuk melawan penyakit gondok, seperti buah pepaya, rambutan, dan sirsak. Pepaya memiliki kandungan beta karoten yang dapat mengurangi pembengkakan pada kelenjar tiroid dan mencegah timbulnya sel kanker. Rambutan dan sirsak adalah buah yang memiliki kandungan air cukup banyak dan memiliki kandungan zat ampisilin yang dapat meringankan dan menyembuhkan penyakit gondok.

Tidak ada salahnya untuk mengubah pola hidup dengan rajin mengonsumsi makanan sehat agar kamu terhindar dari penyakit gondok. Namun, jika kamu mengalami gejala penyakit gondok, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: