Ketahui 3 Cara Mencegah Perlemakan Hati pada Wanita Pengidap PCOS

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 3 Cara Mencegah Perlemakan Hati pada Wanita Pengidap PCOS

Halodoc, Jakarta - Penyakit perlemakan hati umum terjadi pada perempuan yang memiliki sindrom ovarium polikistik, atau yang biasa disebut PCOS. Namun, gangguan hati ini termasuk dalam kategori non-alkohol atau NAFLD. Umumnya, wanita yang mengalami PCOS cenderung memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Gangguan kesehatan ini terjadi sebagai akibat berlebihnya trigliserida atau lemak pada organ hati yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada organ tersebut. Pasalnya, hati tidak dirancang untuk menyimpan lemak, organ ini memiliki peran utama untuk menetralkan racun. Gangguan lemak hati atau NAFLD meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini memicu terjadinya kerusakan hati lanjutan.

Adapun faktor yang memicu terjadinya penyakit lemak hati pada wanita yang juga memiliki PCOS adalah berat badan berlebih, kadar trigliserida tinggi yang dibarengi dengan tingginya kolesterol LDL dan rendahnya kolesterol HDL. Faktor genetik juga disinyalir memicu tingginya risiko gangguan kesehatan ini. Beberapa bukti mengarah pada tingginya kadar androgen pada tubuh yang turut berkontribusi pada penyimpanan lemak di hati.

Mencegah Perlemakan Hati pada Pengidap PCOS

Penyakit perlemakan hati adalah kondisi serius yang harus ditangani. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Kalau kamu memiliki riwayat PCOS, berikut cara mencegah terjadinya penyakit lemak hati yang bisa kamu coba lakukan:

  • Mengubah Diet

Lemak, gula, dan asupan makanan olahan yang berlebihan merupakan kontributor nutrisi utama untuk penyakit lemak hati. Lemak trans yang biasa ditemukan pada makanan cepat saji sering dikaitkan dengan resistensi insulin, peradangan, dan peningkatan trigliserida.

Begitu pula dengan konsumsi gula, baik sirup, minuman bersoda, jus, atau minuman berasa lainnya. Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan peningkatan asupan minuman berasa membuat lebih banyak lemak pada hati. Oleh karena itu, ganti diet kamu dengan makanan protein tanpa lemak, ikan, dan perbanyak buah dan sayur.

  • Jaga Berat Badan

Berat badan juga penting untuk mencegah terjadinya penyakit perlemakan hati. Selain memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, kamu perlu berolahraga untuk mengimbanginya. Lari pagi, bersepeda, dan berjalan kaki dianjurkan untuk kamu yang hampir tidak punya waktu untuk berolahraga. Berenang lebih baik untuk menurunkan berat badan karena lebih banyak membakar kalori.

  • Konsumsi Minyak Ikan

Asam lemak Omega-3 seperti yang ditemukan pada ikan salmon, tuna, dan trout ternyata efektif untuk menurunkan kadar trigliserida, peradangan, dan insulin pada wanita yang memiliki riwayat PCOS. Meski begitu, kamu memerlukan minyak ikan dalam bentuk suplemen dibandingkan dengan harus mengonsumsi ikan hingga kebutuhan minyak ikan terpenuhi.

Studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism memaparkan wanita dengan PCOS yang melengkapi diet dengan mengonsumsi 4 gram minyak ikan selama 8 minggu mengalami penurunan lemak hati dan trigliserida yang signifikan.

Ternyata, pencegahan perlemakan bagi untuk kamu yang memiliki PCOS dapat dilakukan dengan mudah. Cukup dengan menurunkan berat badan, ganti asupan makanan dengan yang lebih sehat, dan konsumsi minyak ikan. Namun, kamu tetap perlu konsisten, karena hasilnya tidak bisa didapatkan dalam semalam. Kalau kamu ingin membeli minyak ikan atau suplemen lain tetapi tidak sempat ke apotek, coba pakai aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc sudah tersedia dan bisa kamu download di App Store dan Play Store.

Baca juga: