3 Cara Tangani Otitis Eksterna di Rumah

3 Cara Tangani Otitis Eksterna di Rumah

Halodoc, Jakarta - Otitis eksterna seringkali disebut dengan telinga perenang. Alasannya karena penyakit ini lebih sering dialami oleh perenang akibat air yang tertinggal setelah berenang. Otitis eksterna adalah infeksi saluran telinga luar yang membentang dari gendang telinga ke bagian luar kepala. Air yang mengendap di dalam telinga menciptakan lingkungan lembap, sehingga bakteri mudah tumbuh di dalamnya.

Baca Juga: Cotton Bud dan Headphone Sebabkan Otitis Eksterna, Benarkah?

Selain berenang, otitis eksterna juga bisa disebabkan karena meletakkan jari, kapas, atau benda lain ke telinga. Benda-benda tersebut berpotensi merusak lapisan saluran telinga. Biasanya, otitis eksterna mudah diobati menggunakan obat tetes telinga. Perawatan sesegera mungkin membantu mencegah komplikasi dan infeksi yang lebih serius.

Gejala Otitis Eksterna

Gejala otitis eksterna pada awalnya mungkin terasa ringan, tetapi gejalanya dapat memburuk jika infeksi tidak segera diobati. Berikut beberapa gejala otitis eksterna berdasarkan tingkat keparahannya:

  1. Gejala ringan:

  • Gatal di saluran telinga.
  • Kemerahan sedikit di dalam telinga.
  • Ketidaknyamanan yang bisa memburuk saat menarik telinga luar (daun telinga) atau mendorong sedikit "benjolan" (tragus) di depan telinga.
  • Keluarnya cairan bening dan tidak berbau dari telinga.
  1. Gejala sedang hingga berat:

  • Gatal menjadi lebih intens.
  • Rasa sakit semakin meningkat.
  • Kemerahan yang lebih luas di telinga.
  • Drainase cairan berlebihan.
  • Pelepasan nanah.
  • Perasaan penuh di dalam telinga
  • Penyumbatan parsial saluran telinga dengan pembengkakan.
  • Pendengaran menurun atau teredam.
  • Rasa sakit hebat yang bisa menjalar ke wajah, leher, atau sisi kepala.
  • Penyumbatan saluran telinga.
  • Kemerahan atau pembengkakan telinga luar.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher.
  • Demam.

Baca Juga: Otitis Media Sebabkan Gendang Telinga Pengidapnya Pecah, Benarkah?

Pengobatan Alami Otitis Eksterna

Otitis eksterna dapat diobati menggunakan obat tetes yang mengandung antibiotik, setidaknya selama 7-14 hari. Antibiotik oral juga bisa dikonsumsi untuk mengobati otitis eksterna. Selain itu, berikut beberapa pengobatan mandiri di rumah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi otitis eksterna:

  1. Menggunakan Cuka dan Alkohol

Campurkan cuka putih dengan alkohol, kemudian tuangkan satu sendok teh larutan ke setiap telinga dan biarkan cairan mengalir keluar lagi. Campuran ini punya fungsi yang mirip dengan obat tetes telinga. Namun, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat tetes yang bukan dari dokter. Dokter perlu memastikan keadaan gendang telinga apakah aman untuk diteteskan obat alami ini.

  1.  Tetes Bawang Putih

Bakteri alami yang terdapat dalam bawang putih juga bisa membantu dalam mencegah otitis eksterna. Namun, perlu diingat bahwa obat alami ini tidak boleh digunakan jika gendang telinga rusak atau adanya cairan mengalir dari telinga. Sebaiknya diskusikan perawatan ini dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Terapi Panas

Untuk mengurangi rasa sakit akibat otitis media, kamu bisa menyediakan botol yang berisi air panas. Letakkan botol air panas dalam keadaan tertutup ke area telinga, kemudian tekan secara lembut.

Pencegahan Otitis Eksterna

Selain pengobatan, ada pula beberapa tips untuk mencegah otitis eksterna, antara lain:

  1. Menjaga Telinga tetap Kering

Keringkan telinga sampai bersih setelah berenang, mandi, atau terkena uap air. Usap perlahan secara lembut menggunakan handuk atau kain lembut. Angkat kepala ke samping untuk membantu mengalirkan air dari saluran telinga. Kamu juga dapat mengeringkan telinga dengan alat pengering rambut, pastikan suhunya rendah dan letakkan sekitar 0,3 meter dari telinga.

  1. Hindari Meletakan Benda Asing ke Telinga

Jangan pernah mencoba menggaruk atau menggali kotoran telinga dengan benda-benda seperti kapas, klip kertas, atau jepit rambut. Barang-barang ini dapat mengiritasi kulit tipis di dalam telinga bahkan menghancurkan kulit. Hindari juga kebiasaan menggaruk telinga bagian dalam dengan menggunakan jari untuk mencegah infeksi otitis eksterna.

  1. Lindungi Telinga dari Iritasi

Letakkan bola kapas di telinga saat kamu sedang menggunakan produk seperti semprotan rambut atau pewarna rambut. Gunakan juga penutup kepala yang sesuai saat berenang dan mandi untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga.

Baca Juga: 7 Penyebab Telinga Gatal yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Itulah cara penanganan otitis eksterna di rumah. Kalau kamu punya keluhan serupa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!