07 October 2018

7 Penyebab Telinga Gatal yang Berbahaya Bagi Kesehatan

7 Penyebab Telinga Gatal yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Telinga gatal sering dianggap sebagai hal yang biasa. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan telinga gatal. Bisa jadi telinga gatal menjadi tanda adanya kondisi kesehatan yang lebih serius. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab telinga gatal. Berikut informasinya.

1. Dermatitis Saluran Telinga

Dermatitis saluran telinga bisa terjadi karena akibat peradangan pada kulit di dalam dan sekitar saluran telinga. Biasanya, kondisi ini terjadi sebagai reaksi alergi terhadap benda asing, seperti adanya penggunaan perhiasan atau produk kecantikan.

2. Infeksi Telinga (Otitis Eksterna)

Otitis eksterna adalah infeksi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga. Otitis eksterna disebut juga sebagai swimmer’s ear karena sering dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa yang menghabiskan banyak waktu dengan berenang.

Sisa air yang masuk dalam saluran telinga bisa menjadi media perkembangbiakan bakteri dan jamur, yang lama kelamaan menimbulkan rasa gatal, nyeri, hingga infeksi dan membuat telinga merah serta bengkak. Infeksi bisa terjadi karena adanya kerusakan lapisan luar telinga atau gesekan penggunaan cotton bud atau headphones atau luka garukan.

3. Kulit Kering

Jangan salah, penyebab telinga gatal juga diakibatkan dari kulit kering pada telinga. Kondisi ini bisa terjadi ketika telinga tidak memproduksi cukup kotoran telinga sebagai bahan pelumas. Selain rasa gatal, kulit kering pada telinga juga menyebabkan kulit mengelupas dari dalam telinga.

4. Penggunaan Alat Bantu Dengar

Penyebab telinga gatal bisa juga disebabkan karena adanya reaksi alergi terhadap alat bantu dengar yang digunakan. Penggunaan alat ini bisa menyebabkan air terjebak di dalam telinga.

5. Penumpukan Kotoran Telinga

Penyebab telinga gatal selanjutnya adalah akibat kotoran telinga yang menumpuk. Perlu diketahui, tubuh bisa saja menghasilkan terlalu banyak kotoran telinga yang menyebabkan kotoran menjadi menumpuk di saluran telinga. Jika dibiarkan, kotoran tersebut bisa menutup liang telinga, sehingga memicu nyeri dan gatal pada telinga.

6. Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit jangka panjang (kronis) yang menyerang kulit. Gejala psoriasis biasanya muncul di bagian kulit manapun termasuk telinga. Dengan gejala seperti ruam merah pada kulit, kulit menebal, terasa kering serta bersisik, dan terkelupas. Biasanya, sel kulit pengidap psoriasis berkembang lebih cepat dari normal, sehingga membuat sel-sel kulit mati menumpuk dan membuat kulit menebal, kering dan gatal. Biasanya psoriasis sering terjadi pada orang berusia 1 - 35 tahun, tapi bisa juga ditemukan pada orang berusia di atas 50 tahun.

7. Rinitis

Rinitis merupakan peradangan pada lapisan rongga hidung yang bersifat musiman atau bisa juga dialami secara terus-menerus akibat alergi. Rinitis alergi bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan benda asing atau sumber penyebab alergi (alergen) dengan mengeluarkan histamine, yakni zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel di dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi. Histamin bila diproduksi secara berlebihan, bisa menyebabkan masalah dan mengganggu beberapa fungsi tubuh. Pada rinitis terkadang bukan hanya hidung berair dan sering bersin, tapi gatal pada telinga bisa juga terjadi.

Itulah tujuh penyebab telinga gatal yang berbahaya bagi kesehatan. Kalau kamu memiliki keluhan telinga gatal, segeralah berbicara pada dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi doktor melalui fitur Contact Doctor via Chat, dan Voice/Video Call. Untuk menggunakan aplikasi Halodoc, kamu perlu download aplikasi Halodoc di App Store maupun, Google Play.

Baca juga: