3 Cara Unik Rayakan Hari Ibu

3 Cara Unik Rayakan Hari Ibu

Halodoc, Jakarta – Hari Ibu pertama kali dideklarasikan dalam Kongres Perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta, Jawa Tengah. Kongres ini menjadi wadah menyuarakan hak pendidikan dan menekankan peran perempuan dalam memajukan generasi penerus bangsa. Menyadari pentingnya peran perempuan bagi kemajuan bangsa, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden RI No. 316 Tahun 1953.

Kasih Sayang Ibu pada Anak Tak Terbatas

Kasih sayang ibu pada anak tak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang meneliti tentang hormon cinta ibu pada anaknya. Studi ini menyebutkan bahwa dalam keadaan bahaya, tubuh ibu melepaskan hormon oksitosin yang membuatnya siap menghadapi bahaya untuk melindungi buah hatinya. Kasih sayang ibu juga membuatnya rela melakukan apa pun demi kebahagiaan anaknya.

Namun, kamu perlu tahu kalau setiap ibu memiliki bahasa cinta yang berbeda. Sebagian ibu tak ragu mengungkapkan kata sayang pada anaknya tiap malam, tapi sebagian ibu yang lain lebih memilih memberi hadiah sebagai ungkapan kasih sayang. Jadi, kamu tidak perlu bersedih hanya karena ibumu jarang mengungkapkan kata cinta karena bentuk kasih sayangnya terwujud dalam bentuk lain yang mungkin tak kamu sadari.

Tunjukkan Kasih Sayangmu di Perayaan Hari Ibu

Kasih sayang pada ibu sebenarnya bisa diungkapkan kapan saja. Namun, tak ada salahnya untuk kamu merayakan Hari Ibu untuk menunjukkan kasih sayang versi terbaikmu. Agar tak bingung dan canggung, cari tahu cara merayakan Hari Ibu sesuai bahasa cintamu di sini, yuk.

1. Memberi Hadiah

Ukuran bukan masalah bagi penerima hadiah karena ketulusan dan keikhlasan dalam memberi yang utama. Kalau kamu bingung mau memberi hadiah apa, tanya ibumu tentang benda yang sedang diinginkannya. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychology menyebutkan seseorang lebih menghargai hadiah yang mereka minta dibanding yang didapat. Bagi yang gengsi bertanya, pilihan hadiah di Hari Ibu yang bisa diberikan adalah bunga, kue, aksesori (seperti tas), baju, tiket jalan-jalan, voucher salon, atau uang tunai.

2. Lakukan Tindakan Spesial

Kamu bisa melakukan apa pun untuk membahagiakan ibumu selain memberikan hadiah. Misalnya di Hari Ibu, semua pekerjaan rumah kamu selesaikan dan membiarkan ibu beristirahat sambil melakukan kegiatan yang disukainya. Atau, kamu bisa membuat masakan spesial kesukaan ibu di momen ini.

3. Menghabiskan Waktu Bersama

Buat kamu yang sibuk, sebaiknya menyediakan waktu khusus untuk ibu di momen spesial ini. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama ibu sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama. Misalnya, pergi ke luar kota atau luar negeri, jalan-jalan ke taman atau tempat wisata, berbelanja, atau menghabiskan waktu bersama di rumah sambil memasak atau menonton film.

Cara lain menunjukkan kasih sayang adalah peduli kesehatan ibu. Jika ibumu mengeluh sakit, jangan ragu bertanya dokter Halodoc agar mendapat rekomendasi penanganan yang tepat. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bicara pada psikolog Halodoc via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: