3 Kebiasaan Makan Ini Bisa Sebabkan Radang Usus

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Radang Usus,

Halodoc, Jakarta - Ketika perutmu merasa sangat sakit karena usus mengalami inflamasi atau peradangan, bisa jadi kamu tengah mengalami radang usus. Radang usus bisa terjadi karena adanya peradangan kronis pada bagian sistem pencernaan (gastrointestinal). Hal ini muncul karena reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh terhadap jaringan pencernaan yang sehat.

Baca juga: Radang Usus Entercolitis Rentan Serang Anak Hingga Timbulkan Sepsis

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Radang Usus

Beberapa gejala yang menjadi tanda kalau seseorang mengidap radang usus, yaitu:

  • Nafsu makan berkurang. Kram dan nyeri perut akan menurunkan nafsu makan. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan berat badan. Bahkan kondisi ini dapat mengakibatkan kurangnya nutrisi, karena pengidap radang usus tidak dapat mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dengan baik.

  • Sakit perut parah.

  • Disentri, dengan feses yang berwarna gelap kehitaman dan disertai dengan darah.

  • Mual atau muntah.

  • Mudah merasa lelah, karena usus tidak dapat mencerna makanan yang digunakan sebagai sumber energi.

Setiap pengidap kondisi ini mempunyai gejala-gejala yang berbeda. Gejala ini akan hilang dan timbul dalam kurun waktu yang lama. Gejala bisa menjadi ringan atau sangat parah ketika radang usus kembali kambuh. Tingkat keparahan dari gejala penyakit ini pun akan muncul tergantung pada bagian mana yang mengalami peradangan.

Baca juga: Inilah 7 Arti Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

Beberapa Makanan Ini Bisa Sebabkan Radang Usus

Radang usus dapat dipicu oleh rendahnya kadar serat dalam makanan yang dikonsumsi. Dengan begitu, usus akan bekerja lebih keras. Beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya radang usus, yaitu:

  • Mi instan

Siapa yang tidak ketagihan dengan makanan gurih satu ini? Mi instan merupakan makanan utama penyebab radang usus. Karena di dalam mi instan terdapat kandungan zat yang dapat merusak pencernaan. Jika kamu mengonsumsi makanan olahan yang satu ini secara terus-menerus, kamu harus siap-siap dengan risiko radang usus yang akan kamu alami, ya!

  • Olahan susu

Mengkonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt, keju, dan es krim yang banyak menganduk laktosa dapat menyebabkan peningkatan gas, sembelit, pencernaan yang terganggu, dan memperbesar kemungkinan penyakit radang usus. Kamu boleh saja mengonsumsi makanan-makaan tersebut, tetapi imbangi dengan banyak minum air putih dan buah-buahan, ya!

  • Daging Merah

Daging merah mengandung lemak dan zat besi yang tinggi, hal ini membuat makanan ini lebih lama dicerna oleh usus. Nah, proses pencernaan yang lama ini biasanya akan menyebabkan sembelit. Jika sembelit ini dibiarkan, dapat meningkatkan risiko peradangan pada usus.

Baca juga: Inilah Penyebab Peradangan pada Usus Besar

Untuk menurunkan risiko terjadinya radang usus, maka konsumsi lah makanan yang mengandung serat yang tinggi guna memberikan nutrisi yang maksimal bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi roti, telur, tahu putih, tomat, wortel, pepaya, semangka, sayur bayam, dan makanan berserat lainnya yang menyehatkan.

Jika kamu sudah menjauhi beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya radang usus namun kamu masih menemukan gejalanya, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!