06 June 2018

Inilah 7 Arti Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

Inilah 7 Arti Sakit Perut Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari tanda menstruasi, feses yang mengeras, penyakit ringan, hingga penyakit berat. Untuk mengetahui penyebabnya, kamu perlu tahu dimana lokasi rasa sakit itu berada. Sebab jika lokasi sakit berbeda, maka penyebabnya juga kemungkinan berbeda.

(Baca juga: Sakit Perut Setelah Sarapan, Apa yang Salah?)

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu kamu tahu:

1. Ovulasi

Pada sebagian wanita, ia akan merasakan sakit atau kram pada perut bagian bawah (mittelschmers). Keluhan ini biasanya dirasakan pada satu sisi perut dan bervariasi setiap bulannya, bergantung pada indung telur mana yang melepas sel telur selama siklus menstruasi. Pada beberapa kasus, nyeri ovulasi ini juga disertai rasa mual dan keputihan.  

2. Gastritis

Gastritis adalah kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan, atau pengikisan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi bakter H. Pylori, yaitu bakteri yang tumbuh di dalam sel penghasil lendir di lapisan lambung. Gejala yang dialami berupa sakit perut sebelah kiri atas, mual, muntah, serta perut terasa penuh setelah makan.

3. Penyakit Ginjal

Sakit perut kiri bawah bisa menjadi tanda penyakit ginjal, termasuk infeksi ginjal dan batu ginjal. Pada infeksi ginjal, gejala yang dirasakan berupa sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, muntah, dan nyeri di pangkal paha. Sedangkan pada batu ginjal, gejala yang dirasakan berupa sakit perut kiri bagian bawah, keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan urin berdarah (hematuria).

4. Peradangan Pankreas

Pankreas adalah organ besar yang terletak di sisi kiri atas perut. Itu mengapa, peradangan pada pankreas bisa menimbulkan rasa sakit pada perut kiri bagian atas hingga menjalar ke punggung. Rasa sakit yang dirasakan bisa terasa memburuk dengan cepat, terutama jika pengidapnya berbaring, makan, dan minum. Gejala lain yang dirasakan adalah demam, mual, muntah, diare, perut terasa sakit saat disentuh, dan bagian putih mata menguning.

5. Radang Usus Besar

Radang usus besar (ulcerative colitis/UC) adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Gejala dan keluhan umum yang dirasakan berupa sakit perut sebelah kiri, diare, kelelahan, berat badan turun, demam, hingga feses berdarah dan berlendir. Biasanya, rasa sakit perut sebelah kiri bisa hilang setelah pengidap penyakit ini buang air besar.

6. Divertikulitis

Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi yang terjadi pada divertikula, yaitu kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan, khususnya di usus besar (kolon). Gejala umum yang dirasakan diantaranya adalah sakit perut sebelah kiri, sembelit, diare, perut kembung, dan buang air besar disertai lendir.

7. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah sakit perut sebelah kiri bawah, perdarahan yang lebih banyak dibandingkan saat menstruasi, siklus menstruasi tidak teratur, sulit hamil, rasa nyeri pada tulang punggung, nyeri saat berhubungan seksual, dan kesulitan buang air kecil/besar. Selain tanda ovulasi dan kista ovarium, sakit perut sebelah kiri pada wanita juga bisa disebabkan oleh penyakit lain. Diantaranya adalah endometriosis, infeksi pada tuba falopi/ovarium, dan masalah pada leher rahim.

Oleh sebab itu, jika kamu punya keluhan sakit pada perut sebelah kiri, sebaiknya kamu segera bicara pada dokter. Untuk bicara pada dokter, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Setelah itu, kamu bisa masuk ke fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga.