3 Makanan Sehat untuk Mencegah Sirosis

3 Makanan Sehat untuk Mencegah Sirosis

Halodoc, Jakarta - Sirosis adalah tahap akhir dari jaringan parut atau fibrosis pada hati yang disebabkan oleh berbagai bentuk penyakit dan kondisi hati, seperti hepatitis dan alkoholisme kronis. Setiap kali hati kamu mengalami luka karena penyakit, konsumsi alkohol yang berlebihan atau penyebab lain, maka organ tersebut mencoba untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Dalam prosesnya, jaringan parut terbentuk. Dengan semakin berkembangnya sirosis, semakin banyak jaringan parut yang membuat hati sulit berfungsi. Sirosis dalam tahap yang parah dapat mengancam nyawa pengidapnya.

Kerusakan hati yang dilakukan oleh sirosis umumnya tidak dapat diurungkan. Tapi, jika sirosis hati didiagnosis dini dan penyebabnya diobati, kerusakan lebih lanjut dapat dibatasi dan membuatnya menjadi lebih baik.

Baca Juga : Kenalan dengan Sirosis dan Gejalanya

Makanan Sehat untuk Mencegah Sirosis

Hati bertanggung jawab untuk memecah karbohidrat, membuat glukosa, dan mendetoksifikasi tubuh. Organ tersebut juga menyimpan nutrisi dan menciptakan empedu yang diperlukan untuk mencerna dan menyerap nutrisi dalam makanan dengan benar.

Terdapat banyak makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi seseorang untuk membantu melindungi hati. Kesehatan hati sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Disfungsi hati dapat menyebabkan penyakit hati, gangguan metabolisme, sirosis, dan bahkan diabetes tipe 2.

Walaupun mungkin tidak mungkin untuk mengelola semua faktor risiko, tapi mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan hati. Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat mencegah sirosis hati terjadi pada seseorang:

1. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman terbaik yang dapat kamu minum untuk meningkatkan kesehatan hati. Disebutkan bahwa minum kopi melindungi hati dari penyakit, bahkan pada seseorang yang sudah memiliki masalah dengan organ ini.

Selain itu, minum kopi juga dapat mengurangi risiko untuk mengembangkan jenis kanker hati yang umum, dan memiliki efek positif pada penyakit hati dan peradangan.

Meminum kopi juga dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah pada orang dengan penyakit hati kronis, dengan manfaat terbesar terlihat pada seseorang yang minum setidaknya tiga cangkir per hari. Manfaat ini tampaknya berasal dari kemampuannya untuk mencegah penumpukan lemak dan kolagen.

Kopi juga mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar antioksidan glutathione. Antioksidan menetralisir radikal bebas berbahaya yang diproduksi secara alami di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan sel.

Baca Juga : Cara Pencegahan Sirosis yang Perlu Dipahami

2. Teh

Teh secara luas dianggap bermanfaat bagi kesehatan dan juga disebutkan dapat memiliki manfaat khusus bagi hati. Seseorang yang minum 5–10 cangkir teh hijau disebutkan memperlihatkan peningkatan sirkulasi darah pada hati.

Selain itu, disebutkan apabila seseorang yang mengidap penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) yang minum teh hijau yang tinggi antioksidan selama 12 minggu dapat meningkatkan kadar enzim hati dan juga mengurangi stres oksidatif serta timbunan lemak di hati.

Namun demikian, beberapa orang, terutama seseorang yang memiliki masalah hati, harus berhati-hati sebelum mengkonsumsi teh hijau sebagai suplemen. Hal tersebut karena terdapat beberapa kasus kerusakan hati akibat penggunaan suplemen yang mengandung ekstrak teh hijau.

3. Anggur

Disebutkan apabila anggur, jus anggur, dan biji anggur kaya akan antioksidan yang dapat membantu hati untuk mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan hati. Mengonsumsi anggur utuh adalah cara sederhana untuk menambahkan senyawa ini ke dalam makanan. Suplemen ekstrak biji anggur juga dapat memberikan antioksidan.

Baca Juga : Perbedaan Penyakit Sirosis dan Hepatitis yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa makanan yang dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya sirosis hati. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!