3 Makanan yang Baik untuk Pengidap Fistula Ani

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Makanan yang Baik untuk Pengidap Fistula Ani

Halodoc, Jakarta - Menyebabkan rasa sakit saat buang air besar dan duduk terlalu lama, fistula ani adalah kondisi terbentuknya saluran kecil di antara ujung usus besar dan kulit di sekitar anus. Pada permukaan kulit bisa terlihat satu atau lebih lubang fistula, dan dari lubang tersebut bisa keluar nanah ataupun feses saat buang air besar. Adakah makanan yang baik untuk pengidap fistula ani konsumsi?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa sebagian besar fistula adalah hasil dari infeksi yang dimulai pada kelenjar anus (cryptoglandular) yang menyebabkan abses (kumpulan nanah) kecil. Abses tersebut kemudian membengkak (termasuk di bagian luar kelenjar anus), sehingga sulit untuk keluar dari kelenjar anus, yang menyebabkan peradangan yang meluas sampai perineum, anus, atau seluruhnya. Kondisi inilah yang membentuk abses di bagian anus dan kemudian menjadi fistula.

Baca juga: Muncul Darah dan Nanah pada Feses, Bisa Jadi Fistula Ani

Namun, fistula ani juga bisa disebabkan oleh kondisi tertentu seperti:

  • Penyakit Crohn, kondisi jangka panjang ketika sistem pencernaan mengalami peradangan.
  • Diverticulitis, infeksi pada kantung kecil yang dapat keluar dari sisi usus besar.
  • Hidradenitis suppurativa, kondisi kulit jangka panjang yang menyebabkan abses dan jaringan parut.
  • Infeksi tuberkulosis (TB) atau HIV.
  • Komplikasi operasi di dekat anus.

Bisa Diatasi dengan Prosedur Operasi

Tidak ada obat untuk memperbaiki kondisi ini, jadi diperlukan operasi. Operasi biasanya bisa dilakukan di klinik atau di rumah sakit. Untuk fistula sederhana yang tidak terlalu dekat dengan anus, dokter akan memotong kulit dan otot di sekitar fistula. Ini memungkinkan pembukaan untuk menyembuhkan dari dalam ke luar. Dokter mungkin menggunakan steker (plug) untuk menutup fistula.

Sementara itu, untuk fistula yang lebih rumit, dokter mungkin menempatkan tabung, yang dikenal sebagai seton, ke dalam pembukaan. Ini membantu menguras cairan yang terinfeksi sebelum operasi. Ini bisa memakan waktu 6 minggu atau lebih.

Baca juga: Awas, Fistula Ani Bisa Sebabkan Komplikasi

Makanan Sehat yang Direkomendasikan

Selain menjalani operasi atau saran medis lainnya dari dokter, pengidap fistula ani juga perlu memperhatikan asupan makanan. Berikut makanan yang baik untuk pengidap fistula ani:

1. Buah-Buahan

Buah-buahan memiliki kandungan banyak vitamin yang baik untuk menstabilkan kesehatan tubuh dan memperbaiki organ di dalam tubuh. Karenanya, buah-buahan sangat penting dikonsumsi dan bisa dijadikan santapan pagi atau malam hari apalagi orang yang sedang melakukan diet. Buah-buahan baik dikonsumsi sebaiknya buah-buahan organik yang tidak ada bahan kimia di dalamnya.

2. Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan berserat seperti sereal yang bagus untuk kesehatan tubuh, karena makanan berserat bisa melunakkan feses. Dengan begitu, buang air besar bisa lancar tanpa adanya peregangan.

3. Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran mengandung banyak vitamin dan kandungan lain yang bisa melancarkan sistem pencernaan secara alami, yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan menstabilkan kesehatan tubuh. Buang air besar pun bisa berjalan secara teratur dan terhindar dari peradangan fistula ani.

Baca juga: Cegah Fistula Ani, Lakukan 4 Hal

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan yang baik untuk pengidap fistula ani. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!