Abses

Pengertian Abses

Infeksi bakteri bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya abses. Ini merupakan luka yang muncul akibat infeksi bakteri yang menimbulkan nanah dan kotoran yang menumpuk di bawah kulit. Kondisi ini selanjutnya akan membentuk benjolan yang nantinya akan terasa sakit. Yang perlu diketahui, ada berbagai macam abses yang bisa terjadi pada diri seseorang. Berikut jenis dan cara mengatasi abses:

1. Abses pada Gigi

Abses gigi merupakan kondisi terbentuknya kantung atau benjolan berisi nanah pada gigi yang umumnya muncul pada ujung akar gigi. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Nah, infeksi bakteri ini kebanyakan terjadi pada orang dengan kebersihan dan kesehatan gigi yang buruk.

2. Abses Perianal

Selain gigi, ada juga abses jenis lainnya seperti abses perianal (anus). kata ahli, abses anus merupakan kondisi rongga rektum terisi dengan nanah dan muncul di sekitar anus. Rektum sendiri merupakan bagian terakhir dari usus besar, di mana tinja disimpan sebelum dikeluarkan melalui aus. Nah, saat rektum dan kelenjar lendir dubur mengalami infeksi, maka akan terbentuk lubang pada rongga rektum dan terisi nanah.

Menurut ahli, ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan abses perianal. Yaitu, diabetes, radang usus, sistem kekebalan tubuh yang melemah, penggunaan obat kortikosteroid, dan seks anal. Selain itu, penyakit ini bisa saja terjadi pada bayi, anak-anak muda, dan orang dewasa dengan riwayat luka pada anus.

3. Abses Payudara

Selain abses gigi dan abses anus, kondisi serupa juga bisa terjadi pada payudara. Abses payudara sendiri merupakan benjolan yang diisi oleh nanah yang terbentuk di payudara hingga bisa menyebabkan nyeri. Kata ahli, abses payudara umumnya muncul persis di bawah lapisan kulit. Kebanyakan kondisi medis ini dialami wanita berusia 18 hingga 50 tahun.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera berbicara dengan dokter jika abses yang dialami memiliki luka yang lebih besar dari 1 sentimeter, luka semakin terasa sakit, demam di atas 38 derajat celsius dan terdapat garis merah yang menyebar dari abses.