3 Manfaat Menikah bagi Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3-manfaat-menikah-bagi-kesehatan-mental-halodoc

Halodoc, Jakarta – Menikah adalah hal yang biasanya dilakukan oleh dua sejoli yang sudah melewati masa pacaran. Menikah tidak hanya untuk mengesahkan sebuah hubungan, tapi ternyata juga menyehatkan lho. Sebelumnya, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa menikah mampu menurunkan risiko jantung. Namun, tahukah kamu bahwa para ahli juga sudah mengkonfirmasi bahwa menikah baik untuk kesehatan mental. Cari tahu apa saja manfaat menikah untuk kesehatan mental di sini.

Baca juga: Menikah Baik untuk Kesehatan Jantung, Kok Bisa?

1. Mengurangi Stres

Menurut The Journal of Marriage and Family, untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kuncinya pernikahan tersebut haruslah bahagia. Pernikahan yang tidak bahagia justru akan akan membuat tingkat stres menjadi semakin buruk. Ketika pasangan menikah yang berbahagia akan cenderung saling mendukung satu sama lain dan berempati ketika salah satu dari mereka mengalami hari buruk. Dukungan moril tersebut dapat mengurangi stres dan mencegah penurunan kesehatan akibat stres.

2. Memperpanjang Umur

Seseorang juga dipercaya dapat hidup lebih lama bila mereka berada dalam hubungan pernikahan, apalagi bila hubungan pernikahan tersebut baik dan memuaskan. Selain karena bisa memberikan kebahagiaan, orang yang sudah menikah juga cenderung memiliki kondisi kesehatan yang baik, karena ada pasangan yang memerhatikan. Hal inilah yang membuat menikah dapat memperpanjang umur.

3. Mengurangi Gangguan Kecemasan

Manfaat menikah lainnya yang baik untuk kesehatan mental adalah dapat mengurangi gangguan kecemasan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di BMJ, memiliki pasangan yang selalu memberi dukungan sosial bisa membuat kondisi mental seseorang lebih stabil, sehingga gangguan kecemasan bisa dikurangi. 

Baca juga: Tasya Kamila LDR dengan Suami, Ini Tips Hubungan Tetap Romantis

Jadi, menikah bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan mental, asalkan dalam kondisi yang bahagia. Berikut ini tips-tips untuk menjaga keharmonisan pernikahan, sehingga bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan mental:

  • Jaga Komunikasi yang Baik Setiap Hari

Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam sebuah hubungan pernikahan. Dengan menjaga komunikasi yang baik setiap hari, kamu tidak hanya bisa menjaga hubungan tetap harmonis, tetapi kamu pun bisa semakin mengerti pasangan kamu. Belajarlah untuk saling menceritakan tentang apa yang terjadi atau yang dirasakan pada hari itu setiap hari. Hal ini bisa menjadi cara untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama pasangan.

  • Puji Satu Sama Lain

Memberikan pujian pada pasangan juga adalah hal yang perlu sering-sering dilakukan. Hal ini bisa membuat pasangan merasa dicintai dan dihargai yang bisa mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan mentalnya.

  • Usahakan untuk Tidak Menolak

Meskipun sibuk, usahakan untuk tidak menelantarkan pasangan atau keluarga. Usahakan untuk tetap meluangkan sedikit waktu untuk berbicara atau memerhatikan pasangan meski kamu sedang dalam kondisi lelah sehabis bekerja.

  • Ciptakan Kebiasaan Kecil yang Dapat Mempererat Hubungan

Buatlah sebuah kebiasaan atau aturan yang bisa mempererat hubungan kamu dan pasangan. Misalnya, akhir pekan adalah waktu untuk berekreasi atau quality time bersama pasangan atau harus mengusahakan untuk makan malam bersama setiap hari, baik di rumah maupun di luar dan lain-lain tergantung kesepakatan kamu dan pasangan.

Baca juga: Agar 5 Tahun Pertama Pernikahan Berjalan Mulus

Nah, itulah manfaat menikah bagi kesehatan mental yang perlu kamu tahu. Bila kamu punya masalah dengan pasangan yang bikin kamu stres dan kesehatan kamu menurun, bicarakan saja pada psikiater Halodoc. Psikiater Halodoc siap membantu dan memberikan saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
The Healthy. Diakses pada 2019. 10 Little-Known Ways Marriage Affects Your Health.
WebMD. Diakses pada 2019. The Importance of Being Married.