08 June 2018

3 Masalah Rahim yang Sering Dialami Oleh Wanita

3 Masalah Rahim yang Sering Dialami Oleh Wanita

Halodoc, Jakarta – Tubuh antara wanita dan pria tentu memiliki perbedaan yang cukup jelas. Selain dari bentuk fisik, organ dalam wanita dan pria juga memiliki perbedaan. Meskipun banyak organ yang memiliki persamaan yang mendasar, tetapi tidak sedikit juga perbedaan yang terlihat sangat mencolok. Misalnya saja, setiap wanita memiliki rahim tapi para pria tidak memiliki rahim. Inilah yang membuat beberapa penyakit juga bisa datang pada pria dan wanita, tetapi ada juga beberapa penyakit yang hanya bisa diderita oleh wanita atau pun pria.

(Baca juga: Lebih Menggoda, Intip 3 Tanda Wanita Lagi Subur)

Setiap wanita tentu perlu menjaga kesehatan rahim yang dimilikinya. Rahim merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi wanita karena memiliki fungsi sebagai organ reproduksi. Menurut beberapa penelitian, ada beberapa penyakit yang kerap menghantui para wanita. Pengaruh gaya hidup menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesehatan rahim. Berikut adalah masalah pada rahim yang sering dialami oleh seorang wanita:

 

  • Perdarahan Rahim Abnormal

 

Perdarahan rahim abnormal adalah kondisi yang menyebabkan vagina mengeluarkan darah meskipun sedang tidak memasuki masa menstruasi. Menurut American Society for Reproductive Medicine, kondisi ini paling sering terjadi saat seorang wanita memasuki masa-masa pubertas sekitar usia 9-14 tahun dan saat wanita menjelang menopause sekitar usia 40 tahun ke atas. Meskipun begitu, perdarahan rahim abnormal sebenarnya bisa terjadi kapan saja ketika tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon.

Ciri yang paling umum adalah munculnya perdarahan saat kamu tidak memasuki masa menstruasi, tetapi bisa saja perdarahan ini terjadi saat kamu sedang menstruasi. Kamu tetap harus memperhatikan kondisi menstruasi kamu. jika kamu mengalami perdarahan yang lebih deras dari biasanya, kemudian adanya gumpalan darah yang cukup besar dan frekuensi menstruasi lebih dari 7 hari, kemungkinan kamu mengalami perdarahan rahim abnormal.

 

  • Mioma Rahim

 

Masalah pada rahim selanjutnya yang bisa dialami oleh wanita adalah mioma rahim. Mioma rahim adalah tumor jinak yang berasal dari jaringan otot rahim. Biasanya, penyakit ini diderita oleh wanita dengan rentang usia 30-40 tahun. Selain itu, penyakit ini akan muncul di sekitar rahim misalnya di dalam rongga rahim, permukaan rahim, di dalam dinding rahim, atau melekat ke dinding rahim melalui struktur yang bertangkai.

Ukuran dan bentuk dari mioma juga bervariasi dan berbeda pada setiap wanita. Biasanya, mioma rahim tidak memiliki gejala dan hanya terdeteksi jika wanita tersebut menjalani pemeriksaan medis. Faktanya, hampir 70 persen wanita memiliki mioma rahim. Mioma rahim jarang sekali menjadi tumor ganas atau kanker. Sehingga, jika ukurannya sangat kecil dan jumlahnya tidak bertambah, mioma rahim tidak perlu diangkat.

 

  • Dysmenorrhea

 

Dysmenorrhea merupakan istilah umum yang dikenal oleh wanita setelah memasuki masa pubertas dan mengalami menstruasi. Meskipun ini merupakan sesuatu yang sering terjadi, tetapi banyak wanita yang mengkhawatirkan masa-masa sebelum menstruasi di saat wanita mengalami nyeri yang dahsyat. Rasa nyeri ini muncul karena berkaitan dengan senyawa prostaglandin dan tidak semua wanita akan mengalami dysmenorrhea saat akan menstruasi. Sebab, jumlah senyawa prostaglandin yang dikeluarkan pada tiap wanita yang menstruasi berbeda jumlahnya.

(Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Wanita)

Segera periksakan kondisimu pada dokter jika kamu mengalami masalah pada organ reproduksi atau rahim kamu. Kamu juga bisa tanyakan keluhanmu pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor kamu bisa mendapatkan jawaban langsung mengenai keluhanmu. Yuk, langsung download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!