4 Bahan Alami Pengganti Gula untuk MPASI

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Bahan Alami Pengganti Gula untuk MPASI

Halodoc, Jakarta - Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil mulai diajari untuk mengenal dan mencoba beragam makanan baru. Di usia ini, ibu dianjurkan untuk membuat berbagai menu makan baru yang lebih dikenal dengan sebutan Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Tentu saja, ibu harus pandai memilih menu-menu untuk makanannya, terutama yang kaya asupan nutrisi penting untuk tubuhnya.

Namun, perlu ibu perhatikan bahwa sebelum berada pada usia 1 tahun, sebaiknya MPASI yang ibu buat tidak menggunakan gula. Memang, agar anak tidak menjadi pemilih makanan, ibu harus membuat berbagai varian menu. Tak boleh ibu lupa, bahwa tujuan MPASI ini adalah agar sang buah hati mengenal berbagai rasa dari makanan baru.

Ibu tidak dianjurkan untuk memberikan tambahan bumbu penyedap apapun, termasuk gula ketika menyusun menu MPASI untuk anak. Pemberian gula membuat anak hanya mengenal rasa manis, begitu pula dengan pemberian garam atau bumbu penyedap lainnya. Nantinya, bila ibu memberikan menu dengan rasa yang netral atau cenderung hambar, ia tidak mau memakannya.

Baca juga: Ingin Beri MPASI, Ikuti Dulu Tips Ini

Tetapi, menghindari gula bukan berarti ibu lantas tidak memberikan asupan gula untuk Si Kecil. Ibu bisa menggunakan bahan alami berikut untuk bahan pengganti gula pada menu MPASI-nya:

  • Apel

Buah memiliki kandungan gula alami, atau disebut dengan fruktosa. Ibu disarankan untuk memberikan buah sebagai bahan pengganti gula, misalnya apel. Tidak hanya rasanya yang manis karena kandungan gula alaminya, buah ini kaya vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium. Ibu bisa menyajikannya dengan cara dipotong kecil, lalu direbus untuk kemudian dilumatkan menjadi bubur.

  • Pisang

Buah satu ini merupakan bahan MPASI yang populer. Tidak hanya karena rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut dan mudah ditelan anak, buah pisang juga mudah ditemukan. Kandungan nutrisi buah ini banyak, mulai dari vitamin C, vitamin A, asam folat, kalium, hingga fosfor. Pisang bisa disajikan dengan langsung mengeruknya dan disuapkan pada bayi. Atau, bisa juga dibuat campuran bubur.

Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

  • Sirup Beras

Sirup beras, atau brown rice syrup dibuat dari campuran beras cokelat dan barley malt. Kombinasi keduanya kemudian difermentasi oleh enzim yang berasal dari karbohidrat dan diubah menjadi maltosa. Bahan pengganti gula ini bisa digunakan dengan dicampurkan pada bubur beras, puding atau camilan.

  • Madu

Madu dianjurkan untuk pemanis alami pengganti gula. Namun, ibu tidak boleh memberikannya jika usia anak masih di bawah 1 tahun. Madu mentah atau raw honey mengandung 22 jenis asam amino, enzim, dan 27 jenis mineral yang bermanfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Baca juga: 7 Pilihan Menu MPASI dengan Baby Led Weaning

Itu tadi beberapa jenis bahan pengganti gula alami yang bisa ibu berikan untuk menu MPASI Si Kecil. Jika ibu masih belum yakin, ibu bisa bertanya pada dokter spesialis anak untuk mendapatkan menu rekomendasi lainnya. Supaya lebih mudah, download dan pakai aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Aplikasi Halodoc juga bisa ibu pakai untuk membeli vitamin, obat, atau melakukan cek lab rutin tanpa perlu keluar rumah.