4 Benda di Kantor Ini Efektif Tularkan Virus Flu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4-benda-di-kantor-ini-efektif-tularkan-virus-flu-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kondisi flu, yang disebabkan karena virus influenza dapat membuat tubuh pengidapnya terasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Flu terjadi akibat paparan infeksi virus pada saluran pernapasan dan penyakit ini sangat mudah menular. Apalagi jika kamu berada dalam satu tempat dengan orang yang terlebih dulu terpapar virus influenza.

Baca juga: Sakit Flu Tak Kunjung Sembuh, Perlukah ke Dokter Spesialis?

Salah satu lokasi yang cepat menyebarkan penularan flu adalah tempat berkumpulnya banyak orang, seperti di dalam kantor. Penularan virus flu di kantor terjadi akibat udara maupun paparan benda yang terkontaminasi berisiko pada lokasi seperti perkantoran.

Umumnya, gejala yang muncul pada penyakit influenza datang secara tiba-tiba. Gejala umumnya adalah demam yang cukup tinggi, panas dingin, mata yang berair, hidung yang meler, dan nyeri otot. Biasanya pengidap juga mengalami radang tenggorokan dan batuk secara terus-menerus.

Penyebabnya adalah paparan udara dan sentuhan barang yang terkontaminasi virus penyebab influenza. Sebaiknya ketahui apa saja barang-barang yang dapat menjadi menularkan virus flu di kantor, di antaranya adalah:

1. Gagang Pintu

Gagang pintu adalah salah satu barang yang mudah menjadi sumber penularan virus influenza. Gagang pintu menjadi benda yang banyak disentuh oleh siapa saja, termasuk seseorang yang mengalami penyakit influenza. Cara untuk mencegah agar tidak tertular virus flu di kantor lewat gagang pintu adalah rutin mencuci tangan, terutama sehabis menggunakan toilet dan sebelum makan.

2. Penyejuk Ruangan

Penggunaan penyejuk ruangan atau air conditioner juga meningkatkan risiko penularan flu di kantor. Mewajibkan ruangan tertutup ketika menggunakan penyejuk ruangan meningkatkan kelembapan udara ruangan yang menyebabkan virus flu di kantor bertahan hidup lebih lama.

Baca juga: Harus Tahu, Flu Juga Bisa Menyebabkan Mematikan

3. Peralatan Makan Bersama

Nyatanya, penularan flu di kantor bisa melalui peralatan makan dan minum bersama yang biasanya ditaruh di pantry. Kondisi ini bisa terjadi ketika peralatan tersebut terkontaminasi virus flu di kantor. Maka itu, cara mencegahnya adalah selalu cuci bersih peralatan makan dan minum bersama tersebut sebelum kamu gunakan.

4. Tombol Lift

Tidak hanya gagang pintu, tombol lift menjadi sumber penyebaran virus influenza karena cukup banyak yang menyentuh tombol lift. Tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kebersihan diri ketika kamu mengalami penyakit influenza untuk mencegah penularan.

Flu adalah kondisi yang dapat diatasi dengan banyak beristirahat dan perbanyak mengonsumsi cairan. Jika kamu mengidap influenza di kantor, selalu jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker agar tidak mudah menyebarkan virus.

Kamu juga bisa mengonsumsi obat flu untuk meredakan gejala dan mengatasi gangguan kesehatan. Kamu bisa coba konsumsi obat Decolgen untuk meringankan gejala flu dan mencegah penularan flu di kantor.

Decolgen adalah obat dengan kombinasi 3 kandungan, yaitu analgesic, decongestan dan antihistamin untuk mengatasi masalah flu dan gejala-gejalanya. Jangan lupa untuk konsumsi Decolgen setelah makan dalam 3 kali sehari sebanyak 1 tablet. Jangan menambah dosis atau mengurangi dosis dan sebaiknya segera kunjungi dokter jika flu tidak kunjung membaik.

Baca juga: Sering Tertukar, Ini Bedanya Pilek dan Flu

Simpan Decolgen pada suhu ruangan dan hindari dari paparan langsung sinar matahari untuk menjaga kualitas dari Decolgen. Kamu bisa membeli produk Decolgen pada aplikasi Halodoc. Dengan layanan beli obat, kamu bisa mendapatkan obat yang diinginkan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How to Navigate Flu Season in The Workplace
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Influenza